Saturday , 24 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Samping Kemoterapi Penyakit Kanker

Efek Samping Kemoterapi Penyakit Kanker

Efek Samping Kemoterapi Penyakit Kanker

Efek Samping Kemoterapi Penyakit Kanker

Efek Samping Kemoterapi Penyakit Kanker

Efek Samping Kemoterapi Penyakit Kanker – Kanker merupakan penyakit yang terjadi akibat karena adanya sel – sel yang tidak normal dengan perkembangannya yang tidak terkontrol. Sel -sel kanker ini bisa menyebar ke bagian seluruh tubuh dengan melalui sistem peredaran darah. Terdapat tiga jenis pengobatan pada penderita penyakit kanker, diantaranya:1. Melalui operasi ataupun pembedahan,
2. Kemoterapi atau dengan pemberian obat-obatan,
3. Serta radioterapi yang menggunakan sinar radiasi.

Kemoterapi adalah pengobatan sistemik yang dapat bekerja terhadap seluruh bagian organ tubuh dengan upaya melenyapkan seluruh sel – sel kanker yang memiliki perkembangan yang sangat cepat. Kelemahan upaya kemoterapi yakni daya kerja kemoterapi tidak hanya dapat efektif untuk menghambat serta membunuh sel – sel kanker, akan tetapi juga akan berpengaruh negatif kepada sel-sel yang normal. Dengan demikian pengobatan dengan kemoterapi, akan menimbulkan efek samping yang dapat berpengaruh negatif terhadap kondisi kesehatan tubuh. Berikut merupakan efek samping pengobatan kemoterapi, diantaranya:

1. Rambut Rontok
Kerontokan pada rambut merupakan efek samping yang akan mudah dilihat pada pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi. Hal tersebut terjadi karena sel – sel folikel pada rambut bisa membelah secara cepat sebagimana pada sel kanker, sebab dengan kemoterapi tidak dapat membedakan sel yang dapat berbahaya dengan sel yang dalam kondisi sehat.

2. Mual dan Muntah
Rasa mual akan terjadi pada saat kemoterapi, hal ini dapat menyebabkan menurunya nafsu makan, konstipasi dan dehidrasi. Apabila mual yang semakin marah, maka dapat berlanjut dengan muntah. Hal ini diakibatkan karena terdapat beberapa jenis obat yang digunakan dalam proses kemoterapi.

3. Diare dan Konstipasi
Terjadinya diare diakibatkan karena pengobatan kemoterapi yang ikut menghancurkan sel- sel dinding, juga diakibatkan kekurangan gizi, rasa cemas dan stress. Pengaruh tersbeut bisa menyebabkan rasa mual, kram, kembung, iritasi pada kulit dan sakit perut. Dari obat antikanker juga menyebabkan konstipasi apabila tidak dibarengi bersama asupan cairan serta serat yang cukup.

4. Alergi atau Hipersensitif
Alergi serta hipersensitif akan terjadi karena respon dari sistem kekebalan tubuh sebagai akibat kemoterapi. Alergi dengan kondisi yang parah bisa memicu kondisi Anafilaksis, yang dapat mengakibatkan schock, menyebabkan tekanan darah rendah, bahkan menyebabkan kematian. Adapun gejala akibat reaksi alergi karena kemoterapi yaitu gatal-gatal, sulit bernafas, ruam kulit, dan pembengkakan pada bibir, lidah dan kelopak mata.

5. Masalah Kulit
Berbagai jenis permasalahan pada kulit dapat terjadi selama proses melakukan pengobatan kemoterapi, misalnya kulit menjadi ruam, kering, pecah- pecah gatal, terkelupas, bersisik, dan sensitif dengan sinar matahari.

6. Anemia
Produktifitas sum – sum tulang untuk dapat menghasilkan sel darah merah bisa jadi menurun akibat proses kemoterapi, dengan demikian jumlah sel darah merah akan menjadi berkurang. Sebab sel darah merah berperan mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh, jika sel darah merah kurang bisa membuat jaringan pada tubuh akan jadi kekurangan oksigen, serta dapat mengakibatkan anemia yang dapat ditandai dengan berbagai jenis gejala, misalnya sesak nafas, lelah, lesu, dan pusing.7. Infeksi
Kemoterapi akan membuat produksi sel darah putih atau leukopenia menjadi berkurang, dengan demikian dampaknya akan melemahnya imunitas atau sistem kekebalan tubuh serta akan membuat tubuh menjadi rentan untuk terserang infeksi. Dengan keadaan tubuh yang menjadi rentan dengan serangan infeksi tersebut, maka pasien yang sedang menjalani kemoterapi langkah baiknya tidak kontak langsung bersama orang yang sedang sakit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates