Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala dan Jenis Kanker Tiroid

Gejala dan Jenis Kanker Tiroid

Gejala dan Jenis Kanker Tiroid

Gejala dan Jenis Kanker Tiroid

Gejala dan Jenis Kanker Tiroid  – Kanker tiroid adalah suatu kondisi dimana sel yang abnormal tumbuh serta dapat berkembang di dalam kelenjar tiroid. Kanker tiroid akan cenderung terjadi pada seseorang dengan usianya yang sudah mencapai antara 35 sampai 39 tahun. Akan tetapi ada juga penderitanya lansia yang usianya 70 tahun lebih. Wanita memiliki potensi lebih besar untuk menderita kanker tiroid 2 sampai 3 kali lipat dibanding pria. Penyebab kanker tiroid yang paling utama sangat beragam, begitu juga jenis kanker tiroid. Terdapat empat jenis kanker tiroid yang bisa terjadi, yakni:1. Karsinoma folikuler
Jenis kanker yang dapat dijumpai pada 15 %  dari jumlah kasus. Orang yang lansia atau yang manulalah yang akan mengalami jenis kanker ini.

2. Karsinoma papiler
Jenis kanker papiler paling umum terjadi pada 60 % kasus. Khusus jenis kanker ini, wanita yang berusia kurang dari 40 tahun biasanya akan terpengaruh.

3. Karsinoma tiroid anaplastik
Jenis kanker ini merupakan yang terjarang ditemukan, akan tetapi mempunyai tingkat agresivitas yang paling tinggi. Kanker ini akan cenderung dialami yang berumur lebih dari 60 tahun.

4. Karsinoma medular tiroid
Jenis kanker medular tidroid ini juga jarang terjadi dimana jenis kanker ini merupakan penyakit genetik atau yang dapat diturunkan.

Berikut merupakan gejala awal kanker tiroid, diantaranya:
1. Benjolan pada Leher
Gejala benjolan akan timbul secara tiba-tiba yang tepatnya pada leher, biasanya di area depan serta tepatnya berada di bawah jakun. Meskipun tidak terasa sakit, namun harus tetap diwaspadai sebab merupakan tahap pertama dari kondisi kanker tiroid.

2. Pembesaran Kelenjar Getah Bening
Gejala yang lain dari penyakit kanker tiroid yaitu terjadinya pembesaran di kelenjar getah bening atau akan terjadi pembengkakan di bagian leher. Tanda tersebut tidak ada hubunganya dengan nodul tiroid, akan tetapi gejala pembesaran pada kelenjar getah bening harus di waspadai. Pada umumnya gejala tersebut terjadi pada saat mengalami demam serta radang ataupun sakit tenggorokan.

3. Sulit Menelan
Tiroid terdapat di sebelah atas trakea tenggorokan dimana jika kanker tiroid mengalami pertumbuhan serta perkembangan pada bagian tersebut, dengan demikian tekanan bisa terjadi di bagian trakea. Sehingga penderitanya akan merasa tidak nyaman pada saat menikmati makanan. Kesulitan untuk menelan dapat membuat penderitanya menjadi malas untuk makan dan minum.

4. Sulit Bernapas
Timbulnya tekanan yang terdapat pada trakea akibat perkembangan kanker tiroid yang tidak hanya akan membuat kesulitan untuk menelan, namun juga mengalami kesulitan untuk melakukan suatu proses pernapasan sehingga bisa menyebabkan nafas menjadi pendek.

5. Suara Serak
Nodul tiroid dimana kemungkinan merupakan kanker tiroid yang bisa menekan pada kotak suara dengan demikian dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada suara.6. Nyeri di Bagian Leher
Leher akan terasa sakit dengan timbul pembengkakan serta benjolan. Tidak hanya terasa tidak nyaman pada saat menelan, leher juga bisa terasa sakit. Rasa sakit biasanya menunjukan bahwa dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal.

7. Sakit Tenggorokan
Keadaan ini akan miripnya dengan pada saat mengalami nyeri pada leher. Jika tidak mengalami flu ataupun batuk namun tenggorokan terasa sakit, maka hal tersebut merupakan gejala awal terjadinya kanker tiroid.

8. Batuk yang Konstan
Selain mengalami kesulitan untuk menelan serta bernafas sampai mengalami perubahan suara, batuk juga akan menyertai kanker tiroid.

9. Nyeri di Telinga
Telinga akan mengalami rasa nyeri dimana hal tersebut menjadi salah satu gejala kanker tiroid. Rasa sakit yang akan dirasakan di bagian telinga merupakan efek dari rasa sakit yang terjadi pada di leher.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates