Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala Kanker pada Bibir

Gejala Kanker pada Bibir

Gejala Kanker pada Bibir

Gejala Kanker pada Bibir

Gejala Kanker pada Bibir

Gejala Kanker pada Bibir – Bibir terletak di lokasi yang penampilannya akan terlihat secara jelas. Gejala awal terjadi kanker bibir sebenarnya bisa dapat dideteksi secara cepat serta mudah untuk dilakukan perawatan pada saat stadium kanker yang masih rendah. Kanker bibir kebanyakan akan menyerang di belahan bibir pada bagian bawah.Kanker bibir sebenarnya termasuk ke dalam kategori penyakit kanker kulit. Yang paling utama penyebab terjadinya kanker bibir yaitu akibat bibir terkena sinar matahari dengan waktu yang sangat lama. Akibat kebiasaan merokok serta mengkonsumsi alkohol menjadi pemicu terjadinya kanker bibir, akan tetapi sekitar 90% kasus pada kanker bibir diakibatkan oleh adanya paparan sinar UV.

Agar dapat melakukan penanganan terhadap penyakit kanker bibir, alangkah baiknya dengan mengetahui gejala awal pada kanker bibir, sebagai berikut:

1. Terdapat Bercak Tidak Normal Pada Bibir
Bibir dalam kondisi normal mempunyai warna yang merah muda. Apabila mempunyai kebiasaan merokok serta mengkonsumsi makanan yang berminyak, maka warna bibir bisa berubah menjadi warna merah gelap ataupun kehitaman. Gejala awal kondisi kanker bibir yaitu timbulnya bercak yang berwarna putih, warna merah, ataupun campuran dari keduanya.

2. Pembengkakan Pada Bibir
Sesudah beberapa saat bercak timbul secara tidak normal, maka penderita kanker bibir dapat mengalami pembengkakan pada bibir. Hal tersebut dapat terjadi yang sangat wajar. Sel kanker akan terjadi akibat adanya pertumbuhan yang tidak normal dari sel yang sehat dengan demikian akan terus menghasilkan multiplikasi sel di dalam jumlah yang banyak pada waktu yang sangat singkat. Cepatnya pertumbuhan sel yang terjadi dapat membuat bibir mengalami bengkak dengan ukuran lebih tebal jika dibandingkan dengan bibir normal.

3. Pembengkakan di Gusi
Pembengkakan yang terjadi selain pada bibir, juga akan terjadi pembengkakan di bagian gusi, khususnya yang letaknya di dekat dengan bibir. Bengkak di bagian gusi tersebut tentunya akan berbeda dengan kondisi bengkak kibat sakit gigi.

4. Pendarahan Pada Gusi
Pembengkakan yang terjadi pada gusi akan memicu terjadinya pendarahan sebab terjadi pecahnya di bagian yang bengkak. Pendarahan diakibatkan karena dinding pada gusi tidak sanggup untuk menahan pertumbuhan pada sel kanker yang akan semakin banyak dengan demikian akan menyebabkan pendarahan.

5. Terdapat Benjolan Pada Leher
Munculnya benjolan pada leher dapat diakibatkan terjadinya penyebaran sel kanker ke dalam leher dengan demikian akan membentuk tumor yang pada akhirnya dapat membentuk benjolan.

6. Penebalan Kulit Bibir
Kulit pada bibir dapat terasa mengeras, kulit bibir lebih tebal, serta kering. Sesudah terjadi penebalan pada beberapa saat, kulit bibir bisa mengelupas sampai berdarah.

7. Nyeri Pada Bagian Telinga
Bibir termasuk bagian mulut yang merupakan organ yang sangat berkaitan dengan telinga, oleh sebab itu apabila terjadi gangguan pada salah satunya, maka biasanya dapat menghubungi dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan). Tanda kanker bibir juga akan terasa nyeri di bagian telinga yang bisa terus mengganggu. Nyeri di bagian telinga apabila dibiarkan bisa mengakibatkan timbulnya gangguan pendengaran.

8. Membengkaknya Pipi
Apabila sel – sel kanker sudah mengalami penyebaran ke bagian tubuh yang lainnya, maka pipi dapat mengalami pembengkakan. Pipi dapat membesar seperti halnya sedang sakit gigi.

9. Gigi Mudah Tanggal
Kanker bibir dapat berpengaruh besar terhadap gusi. Gusi akan menjadi kurang kuat dalam menyediakan tempat dengan kokoh untuk gigi, dengan demikian gigi akan mudah tanggal.

10. Nyeri Pada Rongga Mulut dan Tenggorokan
Sakitnya pada bibir dapat terasa sampai ke dalam rongga mulut, bahkan akan terasa sampai bagian tenggorokan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates