Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Penyebab Kanker Mulut

Jenis Makanan Penyebab Kanker Mulut

Jenis Makanan Penyebab Kanker Mulut

Jenis Makanan Penyebab Kanker Mulut

Jenis Makanan Penyebab Kanker Mulut

Jenis Makanan Penyebab Kanker Mulut – Kanker mulut adalah jenis kanker yang dapat menyerang tubuh pada bagian mulut. Jika terjadi kanker mulut maka akan menyebabkan penurunan nafsu makan, sebab kondisi mulut yang menjadi kurang nyaman untuk mengolah makanan. Daerah yang akan terkena kanker mulut yaitu di bagian bibir, lidah, dan gusi. Walaupun kanker mulut akan sangat jarang terjadi, akan tetapi tetap harus mewaspadai jenis penyakit ini dengan cara memahami perihal apa saja yang bisa mengakibatkan menyebabkan timbulnya kanker mulut. Berikut merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker mulut, diantaranya:1. Mengkonsumsi Alkohol
Alkohol adalah jenis minuman yang memiliki kandungan banyak sekali zat – zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, terutama apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari. Dengan setiap hari mengkonsumsi alkohol bisa merusak berbagai jaringan pada tubuh yang dilaluinya. Dengan demikian, bukan hanya akan menyebabkan kanker mulut saja namun tidak menutup kemungkinan alkohol juga menyebabkan jenis kanker yang lainnya, misalnya kanker usus, kanker hati, kanker rahim, dan lain sebagainya.

2. Mengkonsumsi tembakau
Banyak orang mengetahui bahwa penggunaan tembakau dengan dihisap atau kebiasaan merokok dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut. Namun bukan hanya menyebabkan kanker mulut, akan tetapi juga menyebabkan kanker yang lainya seperti kanker rahim, kanker paru- paru, dan juga kanker hati. Oleh sebab itu, apabila Anda termasuk ke dalam kategori perokok, maka mulai dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan merokok serta mulai melakukan pola hidup sehat. Resiko terjadinya kanker mulut yang terbesar akibat mempunyai kebiasaan merokok kretek serta mengunyah langsung tembakau.

3. Cahaya Matahari
Cahaya matahari sudah dikenal sebagai penyebab kanker kulit. Kandungan sinar UV yang secara langsung mengenai tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel sehingga dapat memicu terjadinya kanker kulit. Terlebih jika Anda kurang mengkonsumsi buah dan sayur, sehingga tubuh sangat minim pertahanan terhadap serangan senyawa radikal bebas.

4. Virus HPV (Human Papilloma Virus)
HPV atau kepanjangan dari Human Papilloma Virus mempunyai berbagai jenis bentuk dengan demikian bisa mengakbatkan terjadinya kanker serviks serta kanker kulit. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila virus HPV tersebut dapat menyerang mulut. Hal ini disebabkan karena gaya hidup yang tidak menjaga kebersihan sebab dapat memicu tubuh untuk terserang virus HPV. Dengan demikian, virus HPV merupakan virus yang bisa menginfeksi pada jaringan kulit. Aka tidak menutup kemungkinan bisa menyebarkannya ke bagian organ tubuh yang lain.

5. Riwayat Kanker
Untuk seseorang yang mempunyai riwayat kanker, baik dari genetik ataupun dari diri sendiri, alangkah baiknya untuk membiasakan pola hidup yang sehat. Hal tersebut disebabkan karena dalam faktor genetik, terdapat sistem DNA yang kemungkinan besar terdapat bibit dari jenis kanker tertentu, dengan demikian apabila ada pemicu, maka bisa lebih mudah untuk terserang. Sedangkan apabila riwayat kanker terdapat dalam diri sendiri, sehingga tidak menutup kemungkinan pada sistem pertahanan tubuh belum dalam kondisi sempurna dalam melindungi diri. Sehingga harus dua kali lebih ekstra untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Kurang menjaga kebersihan mulut, kebersihan gigi, dan kebersihan gusi
Bakteri serta kuman dengan jumlah yang berlebihan di dalam mulut bisa megnakibatkan infeksi secara berkepanjangan bahkan bisa mengakibatkan kanker mulut. Oleh sebab itu jangan biarkan gigi berlubang sampai mengakibatkan gusi terkena infeksi. Lakukan pemeriksaan gigi dengan rutin setiap 6 bulan satu kali.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates