Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Beberapa Kelebihan Makan Beralas dan Berbungkus Daun Pisang

Beberapa Kelebihan Makan Beralas dan Berbungkus Daun Pisang

Beberapa Kelebihan Makan Beralas dan Berbungkus Daun Pisang

Beberapa Kelebihan Makan Beralas dan Berbungkus Daun Pisang

Beberapa Kelebihan Makan Beralas dan Berbungkus Daun Pisang

Beberapa Kelebihan Makan Beralas dan Berbungkus Daun Pisang – Pernah makan dengan beralas daun pisang? Atau pernah membeli jajanan dan nasi bungkus yang masih menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya? Rasa makanan atau nasi yang dibungkus memakai daun pisang disebut-sebut lebih enak dan wangi. Masyarakat Asia sendiri sudah melakukan hal tersebut sejak dulu dan masih terus dilakukan hingga saat ini.

Bahkan di pasar sekarang ini banyak sekali yang menjual makanan seperti kue pisang, bugis, lemper dan lain-lainnya yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang bukan dengan plastik lagi. Walaupun harga daun pisang yang lumayan kalau di perkotaan tetapi tidak menyulitkan warga kota untuk mengkonsumsi dan menggunakan daun pisang sebagai bungkus nasi ataupun kue atau makan dengan beralas daun pisang.

Tak hanya menambah kelezatan dan aroma, ternyata menggunakan daun pisang untuk alas makan memberi manfaat tersendiri, lho. Tetapi ingat ya bahwa daun pisang yang sudah di petik untuk dibersihkan terlebih dahulu baru itu namanya bermanfaat. Jangan digunakan dalam keadaan yang masih kotor alias malas untuk mengelap atau membersihkannya. Okee…. Berikut ini manfaatnya seperti dilansir laman healthmeup untuk Anda:

1. Sehat

Pada daun pisang terdapat kandungan polifenol epigallocatechin gallate yang juga disebut EGCG yang sama dengan kandungan pada teh hijau. kandungan tersebut menjadi salah satu jenis antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas. Saat makanan hangat diletakkan di atas daun pisang, maka senyawa tersebut juga terserap oleh makanan yang akan Anda konsumsi. adanya senyawa antibakteri di dalam daun pisang yang bisa mengurangi atau meninimalisir bakteri di dalam makanan Anda.

2. Makanan lebih enak dan beraroma

Ini jelas sekali menjadi alasan banyak orang suka menggunakan daun pisang daripada kertas atau bungkus plastik dikarenakan aroma yang khas yang muncul dari daun pisang. Aroma daun yang alami memberikan tambahan nafsu makan yang nikmat.

3. Mudah terurai

Untuk kebersihan lingkungan, daun pisang pasti lebih ramah lingkungan sebab mudah terurai saat dibuang di alam. daripada kemasan bungkus yang lain, memilih daun pisang berarti membantu melestarikan lingkungan juga.

4. Higienis

Daun pisang jauh lebih higienis ketimbang pembungkus makanan lain. Anda tak perlu mencuci daun pisang sebelum digunakan, cukup dengan dielap memakai lap bersih saja, daun pisang sudah bisa dipakai.

5. Aman

Daun pisang pastinya tak mengandung partikel kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Berbeda dengan plastik, kertas, atau styrofoam. Segala sesuatu yang alami pastinya aman bagi tubuh manusia.

6. Praktis

Bungkus daun pisang sangat praktis. Anda tak perlu mencucinya setelah makan atau menggunakannya, tinggal buang saja ke tempat sampah. Selain itu juga ringan, apalagi untuk di bawa bekal piknik.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates