Saturday , 22 July 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Berapa Lama Sih Sikat Gigi Harus Diganti?

Berapa Lama Sih Sikat Gigi Harus Diganti?

Berapa Lama Sih Sikat Gigi Harus Diganti?

Berapa Lama Sih Sikat Gigi Harus Diganti?

Berapa Lama Sih Sikat Gigi Harus Diganti?

Berapa Lama Sih Sikat Gigi Harus Diganti? – Menyikat gigi salah satu cara paling mudah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Dengan menjaga kebersihan tentu gigi akan terbebas dari berbagai masalah termasuk gigi berlubang atau timbulnya karang gigi. Senjata utama untuk membersihkan gigi secara teratur adalah dengan menyikat gigi dan dapat juga di tambahkan dengan pasta gigi. Nah, berapa lama sih kalian harus mengganti sikat gigi? Berikut ini saya akan coba berikan jawabannya seperti yang telah dilansir oleh coolgate.com.

Waktu terbaik untuk mengganti sikat gigi secara teratur sebenarnya ialah setiap 3-4 bulan sekali. Jika kamu pernah terserang penyakit mulut di usahakan untuk mengganti sikat gigi lebih cepat dari waktu terarutnya untuk menghindari penyakit mulut tersebut datang lagi. Jika dalam waktu kurang dari 3 bulan saja bulu sikat sudah berantakan, maka kamu juga disarankan untuk segera menggantinya. Ini karena sikat tak akan dapat membersihkan gigi secara menyeluruh. Untuk sikat gigi anak-anak sebaiknya untuk diganti lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa.

Ini alasannya kenapa sikat gigi harus diganti 3 bulan sekali
Para dokter gigi menyarankan agar sikat gigi sebaiknya diganti setiap 3 bulan sekali. Hal tersebut untuk mencegah bakteri yang lama datang kembali ke mulut. Sikat gigi yang lama tidak diganti juga bisa membuat proses pembersihan gigi dan mulut tidak optimal.

Kondisi tersebut justru bisa membuat plak lebih cepat menumpuk, Jika plak telah mengeras menjadi karang gigi, menyikat gigi saja tidak cukup menghilangkannya. Penggunaan berulang kali juga dapat membuat bulu sikat menjadi megar sehingga tidak mampu membersihkan area antara gigi dan plak di permukaan gigi.

Bukan hanya dengan mengganti sikat gigi secara teratur, kamu juga harus memperhatikan perawatan sikat gigimu. Jaga selalu agar sikat dalam keadaan bersih dan bebas bakteri. Salah satunya adalah membilas sikat gigi di bawah air keran atau air yang mengalir Ini berguna untuk membuat sisa air liur atau makanan yang menempel pada sikat gigi ikut terbuang. Setelah itu simpan sikat dalam keadaan vertikal dan bulu sikat di bagian atas agar mendapatkan sirkulasi udara.

Penyakit seperti radang gusi bisa menyebabkan rasa sakit yang menjalar sampai kepala. Banyak kasus radang gusi disertai dengan perdarahan dan bau mulut. Segala jenis penyakit gigi tersebut sebenarnya bisa diatasi dan di cegah dengan mudah, yakni menyikat gigi dengan cara yang tepat, dua kali sehari. Jangan lupa mengganti sikat gigi secara teratur dan kunjungi dokter gigi untuk pembersihan secara mendalam.

Bukan hanya dengan mengganti secara teratur, kamu juga harus memperhatikan perawatan sikat gigimu. Menjaga selalu agar sikat dalam keadaan bersih dan bebas dari bakteri. Salah satunya adalah membilas sikat gigi di bawah air keran atau air yang mengalir. Ini berfungsi untuk membuat sisa-sisa air liur atau makanan yang menempel pada sikat gigi ikut terbuang. Setelah itu simpan sikat dalam keadaan vertikal dan bulu sikat di bagian atas agar mendapatkan sirkulasi udara.

Ternyata menyimpan sikat dalam wadah yang tertutup hanya akan menyebabkan bakteri tumbuh lebih banyak. Oleh karena itu kamu disarankan untuk mengeringkan bulu sikat setelah pemakaian. Jika kamu bepergian alangkah baiknya untuk menggunakan sikat gigi disposable atau sekali pakai saja.
Usahakan pula untuk memiliki cadangan sikat gigi baru. Ini untuk menjaga jika sikat gigmu sudah rusak atau sudah saatnya untuk diganti. Nah, semoga tips sehat ini bermanfaat ya.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates