Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Toksik, Pencegahan Dan Penanggulangan Logam Kromium

Efek Toksik, Pencegahan Dan Penanggulangan Logam Kromium

Efek Toksik, Pencegahan Dan Penanggulangan Logam Kromium

Efek Toksik, Pencegahan Dan Penanggulangan Logam Kromium

Efek Toksik, Pencegahan Dan Penanggulangan Logam Kromium

Efek Toksik, Pencegahan Dan Penanggulangan Logam Kromium – Kromium adalah logam berat melimpah yang terdapat di alam dengan bentuk oksida, yaitu Cr (0) , Cr (III) dan Cr (VI). Kromium secara alami ditemukan di bebatuan, tumbuhan, hewan, tanah dan gas serta debu gunung berapi. Kromium Cr (III) secara alami terbentuk dari gas alam, sedangkan Cr (0)dan Cr (VI) berasal dari proses industry. Berikut merupakan efek toksik kromium terhadap berbagai bagian tubuh, diantaranya:1. Efek toksik terhadap alat pencernaan
Toksisitas akut Cr melalui alat pencernaan bias menyebabkan nekrosis tubulus renalis. Mencerna makanan yang mengandung kadar Cr (VI) tinggi bisa menyebabkan gangguan pencernaan, sakit lambung, pendarahan dan muntah, konvulsi, luka pada lambung, kerusakan ginjal dan hepar bahkan dapat menyebabkan kematian.

2. Efek toksik terhadap alat pernapasan
Alat pernafasan adalah merupakan target  utama dar Cr (VI), baik akut maupun kronis, melalui paparan inhalasi. Gejala toksisitas akut Cr (VI) meliputi nafas pendek, batuk-batuk serta kesulitan bernafas. Apabila terinhalasi Cr lewat saluran pernapasan, maka akibatnya adalah iritasi dan kanker paru-paru.

3. Efek toksik terhadap Kulit dan mata
Kulit yang alergi terhadap Cr akan cepat bereaksi dengan adanya paparan Cr meskipun dalam dosis rendah, Kromium dapat menybabkan kulit gatal dan luka yang tidak lekas sembuh. Paparan Cr (VI) melalui kontak kulit dapat mengakibatkan dermatitis pada kulit. Senyawa Cr (VI) bisa menyebab iritasi mata dan luka pada mata.

4. Efek toksik melalui plasenta
Hasil penelitian terhadap mencit menunjukan bahwa paparan Cr (VI) terjadi melalui plasenta sehingga ditemuka Cr pada jaringan bayi yang bias mengakibatkan kecacatan. Kadar Cr dalam darah bayi bisa lebih tinggi daripada kadar Cr pada ibu. Hal itu menunjukan bahwa Cr bias ditransportasikan dari ibu ke bayi secara langsung maupun melalui susu ibu.

A. Pencegahan dan penanggulangan Pencemaran logam kromium (Cr)
Untuk mengurangi pencemaran Cr, lakukan beberapa hal berikut :
1. Maksimalkan ekstraksi secara efisien, Cr dari Kromit dan meminimalisi limbah Cr
2. Menerapkan tekonologi hemat penggunaan bahan baku Cr
3. Mengurangi limbah cr serta tidak mendaur ulang limbah Cr sehingga pencegahan pencemaran Cr akan memberikan keuntungan, antara lain meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya produksi dan keamanan pekerja serta meningkatkan perlindungan lingkungan (State of Ohio Environmental protection Agency ; 2002).Pencegahan dan penanggulangan pencemaran  Cr untuk industri bisa dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu :
1. Substitusi bahan baku Cr
2. Pengembangan proses industri dengan mengurangi penggunaan bahan baku Cr dan mengurangi limbah Cr.

Teknologi Fitoremedia dapat menggunakan beberapa jenis tanaman, yaitu Serpentine, Seleniferous, Uranifereous, calamine dan pristia stratiotes, Linn. Tekonlogi bioremoval bisa menggunakan mikroorganisme yang mengabsorpsi polutan Cr yaitu Enklonia radiate, sargasum sp, Ganoderma lucidum, Aspergillus niger dan Solanum elaeagnifolium. Jenis alga yang memiliki kemampuan tinggi untuk mengabsorpsi logam berat Cr adalah Cladophora glomerata, euchema isiforme dan euchema sp.

2. Pencegahan dan penanggulangan toksisitas  Cr
Pencegahan dan penanggulangan toksisitas  Cr antara lain bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Menhindarkan anak – anak bermain tanah yang tercemar limbah
2. Mengurangi konsumsi suplemen Cr secara berlebihan
3. Mengetahui kada Cr pada rambut, urin dan darah guna mengetahui apakah kadar Cr telah melampaui batas aman atau telah mengontaminasi meskipun ada kesulitan membedakan kadar Cr (III) dengan Cr (VI)
4. menghindari makan yang kotor dan tidak higienis dan mencuci tangan sebelum makan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates