Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Pengganti Karbohidrat Bagi Ibu Hamil

Jenis Makanan Pengganti Karbohidrat Bagi Ibu Hamil

Jenis Makanan Pengganti Karbohidrat Bagi Ibu Hamil

Jenis Makanan Pengganti Karbohidrat Bagi Ibu Hamil

Jenis Makanan Pengganti Karbohidrat Bagi Ibu Hamil

Jenis Makanan Pengganti Karbohidrat Bagi Ibu Hamil – Nasi merupakan sumber karbohidrat yang  biasa menjadi makanan pokok di Indonesia. Nasi baik dikonsumsi oleh siapa saja termasuk wanita hamil. Namun perlu diketahui bahwa pada wanita hamil, konsumsi nasi akan membuat berat badan janin bertambah secara drastis dan membahayakan. Agar berat badan janin maupun ibu tetap pada standar normal,  maka alangkah baiknya ibu hamil melakukan diet dengan menurunkan asupan karbohidrat dari nasi putih.Hampir 60% dari kalori yang dibutuhkan berasal dari karbohidrat, demi terbentuknya plasenta dengan sempurna, perubahan metabolisme, menyediakan cadangan lemak, untuk perkembangan janin, dan kesehatan pembuluh darah. Berikut merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sehat yang kompleks diantaranya:

1. Talas
Agar dapat menggantikan karbohidrat yang berasal dari nasi, serta pertumbuhan janin dapat tumbuh dengan sempurna, talas memiliki kandungan protein yang dapat mendukung perkembangan otot dan tulang pada janin serta dapat memenuhi kebutuhan serat 20%. Talas merupakan sumber karbohidrat rendah yang termasuk mudah dicerna. Dalam 100 gr talas, memiliki kandungan karbohidrat 23,7 gram. Selain kandungan karbohidrat, talas juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi, fosfor, kalsium, protein, energy serta lemak yang beratnya hanya 0,2gr.

2. Sukun
Dengan mengkonsumsi sukun setiap hari akan membuat janin tetap sehat. Karbohidrat dalam sukun memiliki nilai GI yang rendah sehingga dapat mengontrol gula darah. Sukun juga memiliki kandungan zat antioksidan serta flavonoid. Kedua zat ini berperan untuk menjaga kesehatan ginjal dan juga jantung untuk tetap sehat dan normal. Kandungan mineral di dalam sukun juga baik untuk perkembangan janin.

3. Singkong
Karbohidrat yang kompleks merupakan jenis karbohidrat yang dapat ditemukan dalam singkong dengan demikian nilai GI atau Glycemic Index-nya dalam singkong cukup rendah. Karbohidrat yang terkandung dalam singkong per 100 gr dengan berat 38,06 gram, lemak total 0,28 gram dengan demikian sangat aman untuk dikonsumsi pada ibu hamil. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi serta kandungan lemak, kandungan gizi yang lainnya seperti serat, energi, serta protein, yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

4. Kentang
Kalori yang terkandung dalam kentang memiliki kandungan yang sedikit apabila dibandingkan dengan nasi meskipun nilai GI-nya tinggi. Dalam kentang juga memiliki kandungan mineral serta vitamin, yang dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk janin pada masa perkembangannya. Kentang juga bersifat antioksidan, memiliki kandungan vitamin B kompleks, dan serat yang tinggi, dengan demikian akan mencegah penyakit serta melancarkan sistem pencernaan dan mencegah penyakit diabetes.

5. Pasta
Pasta mimiliki angka GI yang tergolong rendah. Selain dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi, pasta juga memiliki kandungan asam folat yang baik untuk ibu hamil yang akan membuat imunitas atau sistem kekebalan tubuh janin dapat terbentuk secara baik, dapat mencegah cacat dan dapat mengembangkan fungsi otak.

6. Jagung
Jagung mempunyai rasa manis yang alami dengan demikian sangat aman untuk dikonsumsi pada ibu hamil yang rentan untuk terkena diabetes gestational. Jagung masih segar memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, juga mengandung serat, antioksidan serta vitamin yang bagus dalam mencegah diabetes serta dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu jagung manis, memiliki mineral yang baik untuk ibu hamil, yaitu mangan, besi, magnesiun, seng dan juga tembaga.

7. Sereal
Sereal dapat dikonsumsi sebagai asupan karbohidrat yang kompleks. Dalam satu mangkuk sereal, karbohidratnya sebesar 98% dengan demikian dapat memberikan energi yang cukup untuk ibu hamil.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates