Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Penyakit Akibat Paparan Arsen

Jenis Penyakit Akibat Paparan Arsen

Jenis Penyakit Akibat Paparan Arsen

Jenis Penyakit Akibat Paparan Arsen

Jenis Penyakit Akibat Paparan Arsen

Jenis Penyakit Akibat Paparan Arsen – Arsen atau As merupakan unsur yang melimpah secara alami dan termasuk golongan semi logam yang bisa mencemari tanah, mencemari air dan mencemari udara dengan melalui proses erosi (peristiwa pengikisan yang terjadi pada padatan meliputi tanah, sedimen, batuan, serta partikel yang lainnya) akibat adanya transfortasi angin, air ataupun es, adanya karakteristik hujan, creep dalam tanah serta material yang lain di bawah pengaruh adanya gravitasi atau akibat letusan gunung berapi. Arsen banyak digunakan sebagai pengawet kayu maupun sebagai bahan pembuatan berbagai macam peralatan di bidang pertanian, antara lain bahan pembuatan pestisida, bahan pembuatan insektisida, bahan pembuatan herbisida, bahan pembuatan algisida, bahan pembuatan rodentisida, bahan pembuatan pupuk dan juga sterilan tanah selain itu arsen juga digunakan untuk bahan campuran pewarna cat rambut, sebagai pewarna pigmen, berbagai macam mainan anak, sebagai pembungkus makanan, sebagai pewarna baju serta juga jenis campuran logam. Dalam jumlah kecil arsen digunakan dalam pembuatan gelas, logam dan alat elektronik serta sebagai bahan pembuatan transistor.

Dalam bidang kesehatan arsen digunakan sebagai bahan pembuatan arsphenamine sebagai obat penyakit sifilis dan tripanosomiasis, trioksida – arsenat untuk terapi kanker dan sebagai bahan pembuatan fowler solution untuk pengobatan penyakit psoriasis.

Apabila Arsen dipanaskan akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenic (As2O3) yang berbau seperti bawang putih. Arsen banyak digunakan di Persia sejak jaman kuno untuk membunuh seseorang dengan gejala keracunan yangsulit dijelaskan. As2O3 adalah racun umum yang digunakan sejak jaman romawi hingga abad pertengahan. Dalam catatan sejarah, As merupakan racun kuno yang paling banyak memekan korban. Dari 679 kasus pembunuhan, menggunakan racun As menempati peringkat pertama, yaitu 30,8%, 9% menggunakan racun sianida dan 5,9% menggunakan racun striknin. Alasan penggunaan recun As untuk pembunuhan dikarenakan As tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau gejala keracunan sangat umum dan tidak spesifik, As mudah diperoleh dalam berbagai macam bentuk seperti pestisida, racun tikus, racun semut, herbisida dan obat obat homeopati.

Berikut merupakan beberapa jenis penyakit dan bagian organ tubuh yang akan diserang sebagai akibat adanya paparan As adalah sebagai berikut :

1. Bila organ yang diserang adalah bagian kulit maka gejala atau penyakit yang akan ditimbulkan adalah gangguan Hiperkeratosis simetris pada tangan dan pada telapak kaki, menyebabkan melanosis, menyebabkan depigmentasi, menyebabkan Bowen’s disease, menyebabkan karsinoma pada sel basal dan menyebabkan karsinoma pada sel skuamosa.

2. Bila organ yang diserang adalah bagian organ hati maka gejala atau penyakit yang akan ditimbulkan adalah menyebabkan Pembengkakan hati, menyebabkan penyakit kuning atau jaundice, menyebabkan kerosis, dan menyebabkan non-kerosis portal hipertensi.

3. Bila organ yang diserang adalah bagian sistem syaraf maka gejala atau penyakit yang akan ditimbulkan adalah penyakit neuropati peripheral dan akan kehilangan fungsi pendengaran.

4. Bila organ yang diserang adalah bagian sistem kardiovaskular maka gejala atau penyakit yang akan ditimbulkan adalah penyakit Akrosianosis dan gangguan raynaund’s phenomenon.

5. Bila organ yang diserang adalah bagian sistem hemopoiesis maka gejala atau penyakit yang akan ditimbulkan adalah penyakit megalobastosis.

6. Bila organ yang diserang adalah bagian organ pernafasan maka gejala atau penyakit yang akan ditimbulkan adalah penyakit kanker paru – paru.

7. Bila organ yang diserang adalah bagian system endokrin maka gejala atau penyakit yang akan ditimbulkan adalah penyakit diabetes mellitus dan penyakit goiter

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates