Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Diet Saat Menyusui dan Tips Diet yang Tepat

Ketahui Bahaya Diet Saat Menyusui dan Tips Diet yang Tepat

Ketahui Bahaya Diet Saat Menyusui dan Tips Diet yang Tepat

Ketahui Bahaya Diet Saat Menyusui dan Tips Diet yang Tepat

Ketahui Bahaya Diet Saat Menyusui dan Tips Diet yang Tepat

Ketahui Bahaya Diet Saat Menyusui dan Tips Diet yang Tepat  – Pada saat ibu menyusui hormon ibu akan meningkat terutama pada hormon yang berpengaruh terhadap pembentukan ASI, hormon tersebut menjadi penyebab seorang ibu yang sedang menyusui akan menjadi cepat lapar. Tidak hanya itu, nutrisi yang dikonsumsi ibu juga akan dikonsumsi atau diminum oleh bayi dengan melalui ASI. Nafsu makan yang menjadi meningkat merupakan salah satu penyebab ibu yang menyusui akan bertambah berat badanya.

Dibalik diet yang dilakukan pada ibu yang sedang menyusui akan menimbulkan dampak sebagai berikut:

1. Berdampak pada Kesehatan Bayi
Salah satu dampak yang dapat terjadi pada ibu menyusui dengan berdiet yaitu akan berpengaruh pada kesehatan bayi. Hal ini dapat terjadi pada ibu yang melakukan diet dengan mengkonsumsi obat- obatan. Ibu yang sedang dalam menyusui tidak boleh sembarangan untuk mengkonsumsi obat. Sebab apa yang ia konsumsi akan dikonsumsi juga oleh bayi yang disusuinya.

2. Kesehatan Memburuk
Pada saat diet serta ibu memproleh berat badan yang turun drastis, hal ini justru dapat berdampak pada kesehatan ibu sendiri. Ibu yang sedang dalam menyusui bisa mengalami mal nutrisi. Mal nutrisi merupakan ibu kekurangan nutrisi dengan demikian kondisi kesehatannya bisa menjadi terganggu.

3. Anemia
Diet pada saat menyusui dapat membuat ibu mengalami anemia. Sebab ibu akan kekurangan asupan nutrisi terutama zat besi sebgaai penyusun sel darah merah di dalam tubuh.

4. Gangguan Psikis
Gangguan psikis yang berupa depresi dapat terjadi pada ibu yang sedang menyusui serta melakukan program diet. Sebab ibu dengan berdiet pada saat menyusui akan selalui membayangi ingin mencapai target untuk menurunkan berat badannya. Bayangan tersebut dapat membuat ibu menjadi stress. Stress dapat berpengaruh pada produksi ASI. Produksi ASI bisa menjadi sedikit apabila ibu yang sedang menyusui mengalami stress serta tertekan.

5. Lesu dan Lemas
Seorang ibu yang sedang menyusui serta melakukan diet bisa mengalami lesu serta lemas. Sebab ibu yang sedang diet bisa mengalami penurunan terhadap kadar glukosa di dalam tubuh ibu sendiri. Penurunan kadar glukosa secara tiba – tiba tersebut bisa membuat tubuh ibu menyusui menjadi lesu dan juga lemas.

Untuk ibu yang sedang dalam menyusui alangkah baiknya untuk berhati -hati dalam melakukan tindakan terutama melakukan diet. Diet ibu yang sedang menyusui akan berbeda dengan program diet yang dilakukan pada orang biasa. Berikut merupakan perogram diet yang dapat dilakukan pada ibu yang sedang menyusui diantaranya:

1. Diet Seimbang
Diet yang tepat untuk ibu yang sedang menyusui yaitu dengan melakukan program diet yang seimbang. Diet dengan seimbang yakni menggunakan gizi yang seimbang. Hindari berdiet dengan anti kalori sebab dengan mengurangi konsumsi kalori dapat menyebabkan jumlah serta kualitas ASI akan menjadi berkurang.

2. Cemilan Sehat
Pada saat ibu menyusui merasakan lapar namun bukan jam untuk ibu makan dapat mengkonsumsi cemilan yang sehat. Camilan sehat tersebut yaitu terdiri dari buah – buahan yang dapat dipotong menjadi ukuran kecil- kecil.3. Variasi dan Keseimbangan
Diet untuk ibu yang sedang menyusui harus bervariasi serta seimbang. Diet yang dapat dilakukan haruslah bervariasi terkait kandungan yang dikonsumsinya yakni mulai dari protein, karbohidrat serta lemak yang sehat. Semua nutrisi tersebut diperlukan oleh ibu yang sedang menyusui.

4. Lemak Sehat
Salah satu diet yang dapat dilakukan yakni dengan mengkonsumsi lemak yang sehat. Adapun jenis lemak sehat sebagai berikut :
a. Salmon
b. Minyak zaitun
c. Alpukat
d. Kacang hijau
e. Kacang-kacangan misalnya kacang kedelai, kacang merah dan lain sebagainya.

5. Pola Hidup Sehat
Diet tidak dapat berhasil tanpa disertai dengan kebiasaan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat dapat dilakukan dengan menghindari kebiasaan merokok serta minum alkohol. Alkohol dapat mengakibatkan obesitas. Selain itu alkohol juga dapat mempengaruhi kualitas ASI.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates