Saturday , 22 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Kanker Tenggorokan pada Stadium Awal

Ketahui Gejala Kanker Tenggorokan pada Stadium Awal

Ketahui Gejala Kanker Tenggorokan pada Stadium Awal

Ketahui Gejala Kanker Tenggorokan pada Stadium Awal

Ketahui Gejala Kanker Tenggorokan pada Stadium Awal

Ketahui Gejala Kanker Tenggorokan pada Stadium Awal – Tenggorokan merupakan pintu masukknya asupan nutrisi pada manusia. Terdapat banyak gangguan yang dapat mengganggu kesehatan tenggorokan salah satunya kanker tenggorokan. Selain pada pencernaan, kanker tenggorokan juga akan berdampak pada saluran pernapasan yang dapat membahayakan sebab menyebabkan kematian. Sel kanker yang dapat mematikan ini akan menyerang berbagai organ yang lain yang dapat berakibat fatal terhadap penderitanya. Oleh karena itu, harus dilakukan pendeteksian pada saat gejala mulai terjadi sebab sebagian besar gejala akan terjadi yang mirip seperti halnya penyakit biasa pada stadium awal.Berikut merupakan gejala kanker tenggorokan berdasarkan fase perkembangannya yang terdiri dari empat tahap sebagai berikut:
1. Stadium 1, keadaan ini masih memungkinkan seseorang untuk melakukan aktivitas walaupun mengalami gangguan pada tahap stadium awal. Dalam fase ini sel kanker memiliki ukuran sekitar 7 cm.

2. Stadium 2, lebih lanjut keadaan sel kanker mengalami perkembangan yang lebih besar dari kondisi sebelumnya akan tetapi belum melakukan penyebaran.3. Stadium 3, sel kanker akan semakin tumbuh besar yang kemungkinan sudah mengalami penyebaran ke beberapa organ yang lain disekitarnya.

4. Stadium 4, fase ini merupakan fase akhir dimana sel kanker sudah mengalami penyebaran serta harus dilakukan penanganan yang sangat serius.

Berikut merupakan beberapa gejala kanker tenggorokan yang akan terjadi pada stadium awal diantaranya:

1. Nyeri Kerongkongan
Pada umumnya rasa kait pada tenggorokan akan dialami pada penderita kanker tenggorokan dengan stadium awal. Nyeri yang akan dirasakan pada umumnya seringkali terjadi di pagi hari. Penderita penyakit kanker tenggorokan pada umumnya akan merasakan nyeri di bagian tenggorokan ataupun kerongkongan yang lebih dari satu minggu.

2. Sulit Menelan
Penderita kanker tenggorokan dengan stadium awal akan mengalami rasa sakit pada saat menelan dengan demikian akan menyebabkan kesulitan untuk menelan makanan ataupun minuman. Hal ini biasanya berkaitan dengan sel kanker dimana mulai tumbuh ataupun terdapat tekanan dari adanya benjolan yang kemungkinan dengan ukuran kecil ada di daerah kerongkongan.

3. Bengkak atau Benjolan
Bengkak ataupun benjolan yang ada pada tenggorokan kemungkinan besar terdapat pada penderita kanker tenggorokan dengan stadium awal. Walaupun benjolan ini pada umumnya belum dapat dideteksi sebab dengan ukurannya yang sangat kecil. Selain dengan benjolan yang bisa dirasakan, penderitanya juga akan mengalami pembengkakan pada tenggorokan misalnya di bagian leher, pada mata, ataupun rahang.

4. Telinga Berdengung
Apabila telinga  berdengung terjadi tidak ada riwayat dan tanpa sebab yang disertai dengan rasa sakit serta susah untuk disembuhkan dengan demikian dapat dideteksi bahwa gejala ini adalah tanda awal mengalami kanker tenggorokan.5. Suara Berubah
Pada penderita kanker tenggorokan akan mengalami perubahan suara yang mendadak disertai adanya bunyi nafas.

6. Batuk
Kanker tenggorokan dapat menyebabkan penderitanya batuk berdarah. Akan tetapi, biasanya akan terjadi di akhir pada fase stadium awal atau pada saat kondisi penderita stadiumnya akan meningkat ke stadium berikutnya.

7. Berat Badan Menurun
Gejala berat badan menurun dapat terjadi akibat reaksi dari nafsu makan yang menurun karena penderitan mengalami kesulitan untuk menelan. Pada stadium awal pada umumnya bobot badan akan menurun sekitar dua sampai empat kilogram saja. Akan tetapi, kondisi tersebut harus diwaspadai sebab berhubungan dengan sistem metabolisme dan penyerapan nutrisi yang tidak optimal.

Berikut merupakan upaya preventif dalam mencegah penyakit kanker tenggorokan diantaranya;
1. Memelihara kesehatan serta kebersihan mulut
2. Hentikan rokok serta hindari asap rokok
3. Konsumsi air putih yang cukup
4. Olahraga teratur dan istirahat cukup
5. Menerapkan pola makan dan pola pikir yang sehat

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates