Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Kanker Tulang Belakang

Ketahui Gejala Kanker Tulang Belakang

Ketahui Gejala Kanker Tulang Belakang

Ketahui Gejala Kanker Tulang Belakang

Ketahui Gejala Kanker Tulang Belakang

Ketahui Gejala Kanker Tulang Belakang – Penyakit kanker tidak hanya dapat menyerang organ bagian dalam saja, namun kanker juga akan menyerang bagian tulang yang bertugas sebagai penyangga anggota tubuh ini. Kanker tulang belakang merupakan jenis kanker sebagai akibat proses metastatis. Metastatis adalah istilah kanker yang terjadi sesudah mengalami penyebaran dari organ primer sebagai penyebab kanker. Kanker tulang belakang dapat mengakibatkan kerusakan pada sel – sel tulang belakang, bahkan bisa menuju tulang sum sum serta tulang pada bagian bawah.Kanker tulang belakang pada umumnya akan dimulai dari adanya tumor pada organ tubuh yang lainnya. Berikut merupakan gejala kanker tulang belakang, diantaranya:

1. Rasa Sakit pada Tulang Belakang
Pada saat sel – sel kanker mulai mengalami perkembangan di daerah tulang belakang, maka gejala awal yang akan dialami pada penderita yaitu rasa sakit di bagian tulang belakang. Sakit tulang belakang dapat meningkat intensitasnya apalagi pada saat malam hari.

2. Tulang Retak
Tulang merupakan bagian tubuh dengan struktur yang kokoh serta kuat. Akan tetapi pada saat sel kanker menyerang, maka semakin lama tulang dapat berpotensi retak ataupun mengalami patah. Keretakan pada tulang belakang bisa terjadi pada saat penderita penyakit kanker tulang belakang mengalami jatuh sampai terjadi bentur pada tulang belakang. Keretakan pada tulang akibat kanker tulang belakang bisa menimpa tulang bagian lengan dan juga kaki.

3. Kelumpuhan
Saraf pada tulang belakang berperan untuk mengatur gerakan tubuh. Beberapa saraf pada tulang belakang akan mengatur sistem pencernaan serta ginjal. Apabila kanker menyerang bagian saraf tulang belakang, dengan demikian akan terjadi kelumpuhan di bagian tangan atau bagian kaki.

4. Kesulitan Buang Air Kecil
Selain dapat mengatur gerak tubuh, saraf tulang bagian belakang juga dapat mengontrol ginjal yang berfungsi untuk menyaring air seni. Fungsi ginjal akan terganggu sebagai akibat terganggunya saraf tulang belakang yang dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kanker tulang belakang sehingga akan kesulitan dalam buang air kecil.

5. Konstipasi
Saraf tulang belakang yang tertekan akan terkena sel – sel saraf yang mengatur sistem pencernaan dan pergerakan makanan pada saat di cerna. Apabila sel kanker mengalami penyebaran ke bagian ini, sehingga dampaknya yaitu akan terjadi konstipasi atau mengalami kesulitan untuk buang air besar.

6. Tingginya Kadar Kalsium dalam Darah
Kalsium adalah salah satu elemen untuk membentuk tulang yang berguna untuk menguatkan tulang. Pada saat sel kanker menyerang bagian tulang belakang, sehingga kalsium yang terdapat dalam tulang bisa luruh bersama dengan aliran darah, dengan demikian pada saat dilakukan pengecekan darah, maka kadar kalsium bisa sangat tinggi. Kadar kalsium yang tinggi di dalam darah disebut hiperkalkemia. Apabila kondisi hiperkalkemia tidak secepatnya diobati, maka efeknya menyebabkan koma.

7. Kehilangan Nafsu Makan
Penderita kanker tulang akan mengalami kehilangan nafsu makan yang diakibatkan tingginya kadar kalsium di dalam darah dengan demikian akan menurunkan nafsu makan. Hilangnya nafsu makan menyebabkan asupan gizi menjadi kurang sampai berat badan berkurang secara drastis.8. Rasa Haus yang Berlebihan
Aliran darah dengan kadar kalsium yang tinggi mengakibatkan otak akan mengirimkan sinyal agar lebih banyak untuk minum, dengan demikian darah tidak akan terlalu pekat oleh kalsium.

9. Sering Berkeringat
Apabila tulang belakang mengalami sel kanker, biasanya bisa mudah sekali untuk berkeringat meskipun tidak ada di tempat yang suhunya panas.

10. Tulang Melunak
Tulang belakang yang mengalami kanker akan mengakibatkan kelunakan pada tulang sebab kalsium akan terus meluruh yang berasal pada tulang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates