Sunday , 23 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Kanker Ovarium

Ketahui Penyebab Kanker Ovarium

Ketahui Penyebab Kanker Ovarium

Ketahui Penyebab Kanker Ovarium

Ketahui Penyebab Kanker Ovarium

Ketahui Penyebab Kanker Ovarium – Kanker ovarium adalah jenis penyakit yang dapat dialami oleh wanita. Kanker ovarium ini pertumbuhan serta perkembangannya akan terjadi dalam ovarium atau dengan istilah lain disebut indung telur. Jika biasanya penyakit kanker lebih umum kan dialami pada orang yang berusia lanjut atau usia di atas 50 tahun, kanker ovarium ini juga sama akan terjadi pada usia tersebut.

Namun pada wanita yang sudah lewat masa menopausenya akan lebih berisiko untuk terkena penyakit kanker ovarium, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi para wanita dengan usia yang lebih muda dapat terjangkit penyakit kanker ovarium. Agar dapat mencegahnya, tentunya harus mengetahui penyebab terjadinya kanker ovarium.  Berikut merupakan faktor- faktor yang dapat meningkatkan risiko peyakit kanker ovarium diantaranya:1. Umur
Semua wanita akan mempunyai peluang untuk mengalami kanker pada ovarium berapapun usianya. Akan tetapi usia lebih dari 50 tahun akan lebih besar memiliki potensi untuk mengalami penyakit kanker ovarium. Untuk para wanita yang sudah melewati masa menopause lebih besar berpotensi mengalami kanker ovarium.

2. Obesitas
Bagi wanita dengan berat badan yang berlebih,  beresiko tinggi mengalami kanker ovarium. Gemuk serta malas untuk bergerak merupakan dua hal yang sangat berhubungan untuk memicu terjadinya penimbunan lemak dan terjadinya penyakit – penyakit yang serius. Hasil penelitian menunjukan bahwa wanita dengan berat badan yang berlebih akan mudah mengalami kanker indung telur.

3. Menstruasi Pertama sebelum 12 Tahun
Seperti halnya faktor risiko yang terdapat dalam kanker rahim, akan tetapi hal ini juga dapat memicu penyakit kanker ovarium. Untuk para wanita dengan menstruasi sebelum memasuki usia 12 tahun maka memiliki potensi yang tinggi untuk mengalami penyakit kanker ovarium. Namun dengan pola hidup yang sehat, dapat meminimalisir resiko.

4. Menopause pada Usia 50 Tahun Lebih
Untuk para wanita yang mengalami masa menopause lebih dari usia 50 tahun akan memiliki peluang untuk mengalami penyakit kanker ovarium.

5. Kebiasaan Merokok
Bagi wanita yang memiliki kebiasaan merokok atau sebagai perokok aktif dengan frekuensi yang sangat sering. Dimana rokok memiliki kandungan yang sangat beracun bagi tubuh seperti  nikotin, karbonmonoksida, amonia, tar, arsenik, serta masih banyak kandungan yang lain, kandungan tersebut akan meningkatkan resiko untuk mengalami penyakit kanker ovarium. Sehingga zat- zat jahat yang terdapat dalam rokok tidak hanya akan merusak bagian saluran pernafasan saja termasuk paru- paru namun organ lain juga akan mengalami kerusakan akibat kandungan dalam rokok.

6. Belum Pernah Hamil
Bagi wanita yang belum pernah melahirkan ataupun belum punya anak pada sejarah reproduksinya maka memiliki resiko untuk mengidap penyakit kanker ovarium.

7. Melahirkan Lewat dari Umur 30 Tahun
Melahirkan anak pertama dengan usia lebih dari 30 tahun meningkatkan resiko mengalami penyakit kanker ovarium.8. Jumlah Siklus Menstruasi
Untuk para wanita harus mengetahui siklus menstruasi, dimana jumlah siklus menstruasi memiliki untuk risiko mengidap kanker ovarium. Seperti seorang wanita mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun, kemudian ia menopause lebih dari usia 50 tahun, sehingga jumlah siklus menstruasinya lebih banyak serta berisiko tinggi terkena penyakit kanker ovarium.

9. Faktor Genetik dan Keturunan
Bagi anggota keluarganya mempunyai riwayat kanker pada ovarium maka besar kemungkina anggota keluarga lain termasuk anak akan mengalami penyakit kanker ovarium juga.  Dengan lebih spesifiknya, pada seorang wanita yang saudara perempuannya ataupun jika ibunya sudah pernah atau sedang mengalami kanker ovarium,maka dirinya juga berkemungkinan besar akan mengalami kanker ovarium.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates