Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Biopsi Kanker

Ketahui Seputar Biopsi Kanker

Ketahui Seputar Biopsi Kanker

Ketahui Seputar Biopsi Kanker – Biopsi adalah tindakan untuk mengambil jaringan di dalam tubuh yang dicurigai penyakit kanker sebagai sampel. Kemudian seorang dokter dapat melakukan suatu pemeriksaan mikroskopik agar dapat menentukan sifat jaringan dari kanker tersebut. Hal tersebut dapat menentukan jenisnya apakah termasuk ganas atau jinak. Tujuan utama dari biopsi kanker ini yakni untuk mengenali bentuk morfologi dari jaringan tumor. Dengan diketahuinya morfologi dari jaringan tumor, maka dapat membantu untuk menganalisa tipe histologic- nya, sub type tumor yang ada, dan grading sel, radikalitas tumor, dan Staging tumor. Selain itu berguna agar dapat mengukur specimen tumor dengan centimeter, berapakah luas ekstesi tumor, bentuknya, serta nodus regional tumor itu sendiri.

Berdasarkan cara pengambilan jaringannya, biopsi terdapat dua cara, diantaranya :
1. Biopsi insisional
Biopsi insisional ini dapat dilakukan dengan cara mengambil jaringan yang sudah di curigai sebagai tumor ganas yang berukuran besar. Adapun bentuk sampel yang dapat di ambil yakni sekitar 1 hingga 2 cm. Sebab tumor ini berukuran besar, walaupun hanya di ambil jaringanya sedikit, tidak akan terlalu riskan terhadap bahayanya.

2. Biopsi eksisional
Bentuk biopsi eksisional ini yakni dengan mengambil suatu jaringan tumor ukuran kecil yang dikhawatirkan termasuk ganas dengan banyak 1 hingga 2 cm. Apabila termasuk tumor ganas, dengan demikian penyebarannya bisa sangat cepat. Karena luka yang di tinggalkan akan cukup lebar pada ukuran tumor kecil.

3. Biopsi jarum
Untuk mengambil sampel dengan melalui jarum, terlebih dahulu pasien akan di biussecara lokal. Pasien dapat di lakukan CT scan ataupun USG agar dapat memantau jarum yang masuk ke dalam bagian tubuh yang mengalami tumor. Terdapat 2 bentuk biopsi jarum, yaitu core biopsy atau dengan menggunakan jarum yang ukurannya besar serta fine needle aspiration biopsy atau menggunakan jarum dengan ukuran kecil.

4. Biopsy punch
Melakukan biopsy punch dapat digunakan pada saat dicurigai terdapat tumor kanker pada kulit. Yang menggunakan alat dengan bentuknya seperti bantuk pensil, kemudian di tekan – tekan ke area kulit yang sedang mengalami kelainan. Maka otomatis, alat tajam yang ada pada pensil itu akan mengambil jaringan pada kulit yang di tekan.

Untuk melakukan prosedur biopsi ada ketentuan yang harus ditaati. Sebagai berikut :
1. Syarat melakukan biopsi
a. Tidak dianjurkan untuk membat flap
b. Menggunakan peralatan yang tajam serta dalam kondisi steril
c. Tidak dilakukan pemasangan drain
d. Hanya melukai pada bagian jaringan tumor yang di curigainya saja
e. Geris inisisi melihat rencana terapi definitive artinya dapat di letakkan di bagian yang akan di ambil pada saat operasi definitif.

2. Kontra adanya indikasi operasi
a. Pada jenis tumor yang kecil dapat melakukan biopsi insisional dengan mengangkatnya secara keseluruhan
b. Terdapat Infeksi di bagian yang di biopsi
c. Terdapat gangguan faal hemostatis dengan bentuk berat
d. Biopsi yang ada di luar daerah dari yang sudah di rencanakan dapat di lakukan ereksi pada saat nanti di operasi

3. Kondisi pasca melakukan biopsi kanker
a. Akan mengalami memar di bagian tubuh akibat bekas di ambilnya biopsi
b. Gunakanlah obat untuk penghilang rasa sakit yang tidak memiliki kandungan aspirin bila perlu
c. Agar dapat mengurangi bengkak serta memar dapat menggunakan es batu
d. Jangan melakukan aktivitas yang berat, misalnya mengangkat beban berat. Dokter akan segera memberitahukan untuk dapat memulai kegiatan apabila kondisinya sudah pulih
e. Apabila hasil dari pemeriksaan keluar, maka dokter akan segera memberitahu anda.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates