Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Genjer Bagi Ibu Hamil

Khasiat Genjer Bagi Ibu Hamil

Khasiat Genjer Bagi Ibu Hamil

Khasiat Genjer Bagi Ibu Hamil

Khasiat Genjer Bagi Ibu Hamil

Khasiat Genjer Bagi Ibu Hamil – Genjer dengan nama ilmiahnya limnocharis flava adalah jenis makanan ternak yang banyak dijumpai di rawa ataupun kolam yang terdapat banyak air. Bukan hanya pada daunnya yang nikmat untuk dikonsumsi, akan teapi bunga genjer yang muda juga dapat dijadikan sebagai masakan. Genjer mempunyai daun dengan warna hijau yang dilapisi lilin dengan demikian tanaman genjer ini akan tampak mengkilap. Genjer tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, akan tetapi memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan zat penting yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut merupakan kandungan sehat genjer diantaranya:1. protein sebanyak 1,7 g
2. karbohidrat sebanyak 77 g
3. kalsium sebanyak 62 mg
4. fosfor sebanyak 33 mg
5. Energi sebanyak 39 kkal
6. Zat besi sebanyak 2,1 mg

Kandungan genjer tersebut dihitung berdasarkan berat genjer dalam 100 gram.
Berikut merupakan manfaat genjer untuk wanita hamil diantaranya:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan
Wanita yang sedang hamil sering mengalami gangguan pencernaan. Hal tersebut disebabkan janin yang semakin membesar di dalam rahim dapat menekan bagian perut ibu dengan demikian pencernaan dapat terganggu. Genjer memiliki banyak kandungan serat yang bagus untuk wanita hamil sehingga dapat mengatasi beragam gangguan pencernaan pada wanita hamil maka dari itu akan membuat pencernaan kembali lancar. Selain dapat melancarkan pencernaan, serat juga memiliki banyak manfaat seperti :
a. Membantu pemprosesan makanan yang dikonsumsi
b. Untuk mencegah kondisi sembelit
c. Mengikat lemak di dalam tubuh
d. Menstabilkan gula darah
e. Meningkatkan metabolisme tubuh

2. Sumber Energi
Genjer juga memiliki kandungan protein yang baik dalam menghasilkan sumber energi khususnya untuk ibu hamil. Dalam 100 gr genjer, terdapat kandungan protein sebanyak 1,7. Adapun manfaat lain dari kandungan protein dalam genjer yaitu:
a. Untuk membantu dalam pembentukan otot di dalam tubuh
b. Untuk menambah tenaga serta stamina
c. Sebagai pengikat lemak di dalam tubuh

Genjer juga dapat meningkatkan nafsu makan. Pada masa kehamilan banyak wanita hamil yang mengalami kondisi morning sickness. Gejala mual juga muntah ini bisa membuat nafsu makan wanita hamil menjadi berkurang dengan demikian akan berdampak pada tubuh yang menjadi lemas serta tidak bertenaga.

3. Mengatasi Anemia
Masalah anemia pada wanita hamil harus mendapat perhatian dan diwaspadai sebab kekurangan darah pada wanita hamil akan berdampak besar. Dalam 100 gr sayur genjer, memiliki kandungan zat besi sebanyak 2,1 mg. Zat besi sendiri bermanfaat untuk:
a. membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh
b. digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka
c. dapat digunakan untuk mencegah ibu dari kondisi anemia mislanya tubuh yang akan mudah lelah, lemas serta pusing sebagai akibat kekurangan darah.

4. Membantu Pertumbuhan Tulang Serta Gigi Pada Janin
Genjer memiliki kandungan kalsium yang baik dalam membantu tumbuh gigi dan juga tulang untuk janin dalam kandungan. Dalam setiap 100 gr genjer, mengandung 62 mg kalsium. Jumlah tersebut merupakan jumlah kalsium yang cukup tinggi. Manfaat kalsium untuk wanita hamil juga yaitu:
a. Mencegah osteoporosis
b. Membantu tumbuh tulang serta gigi pada janin
c. Untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi

5. Kandungan Gizi Melimpah
Dalam genjer juga mempunyai kandungan yang baik seperti fosfor. Apabila dipadukan bersama kalisum, maka fosfor juga zat yang baik untuk kesehatan tulang. Dalam setiap 100 gram genjer memiliki sekitar 33 mg fosfor.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates