Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil dan Janin – Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dijuluki super food sebab memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta berguna bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jenis sayuran hijau dengan bentuknya yang mirip dengan kembang kol memiliki banyak manfaat yang sangat beragam. Jenis sayuran ini  memiliki berbagai manfaat dalam optimalisasi organ – organ pada tubuh, sebagai penangkal terhadap berbagai gangguan kesehatan ataupun penyakit, dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan smapai dapat meningkatkan kecerdasan. Selain itu, brokoli ini sangat baik untuk ibu hamil sebab mempunyai berbagai kandungan yang sangat diperlukan pada wanita ibu hamil ataupun untuk perkembangan janin.Berikut ini merupakan beberapa kandungan di dalam brokoli yang sangat diperlukan pada ibu hamil :

1. Asam lemak Omega 3 (21 mg)
Kandungan asam lemak omega 3 sangat bermanfaat untuk ibu hamil khususnya dapat menumbuhkan kecerdasan pada janin sedini mungkin. Selain dapat membuat bayi sehat serta sempurna, juga akan membuat bayi terlahir dengan cerdas dan pintar. Selain itu untuk ibu hamil berguna untuk mengatur tekanan darah serta akan membuatnya stabil. Kandungan omega 3 yang terdapat dalam brokoli juga bersifat anti inflamasi dan anti alergi.

2. Asam Folat (63 mcg)
Brokoli memiliki kandungan folat yang berguna untuk menghindarkan bayi dari adanya ancaman cacat pada organ otak, pada bagian sum sum tulang belakang dan pada tabung syaraf. Selain itu asam folat juga pada ibu hamil berguna untuk pembelahan dan pertumbuhan sel, serta dapat menghasilkan sel darah merah untuk ibu hamil dengan demikian bisa menghindarkan dari adanya gangguan yang mudah lelah dan mencegah tubuh lemas.

3. Vitamin K dan Kalsium (105 mg)
Pada masa kehamilan, wanita akan mengalami kenaikan berat badan yang seiring dengan membesarnya janin di dalam perut. Agar dapat menahan berat beban, maka memerlukan struktur tulang yang lebih kuat. Vitamin K serta kalsium dalam brokoli dapat membuat tulang menjadi kuat bahkan dapat mencegah osteoporosis.

4. Kolin
Dalam brokoli juga memiliki kandungan kolin yang bisa mengurangi kadar kortisol pada sang bayi dengan demikia memperkecil terjadinya stress pada anak dan gangguan fisik yang lain seperti hipertensi serta diabetes tipe 2. Konsumsi brokoli pada masa kehamilan akan membebaskan janin dari ancaman tersebut pada masa hidupnya.

5. Kalsium (47 mg), Vitamin dan Mineral
Kalsium yang terdapat dalam brokoli dapat berguna untuk janin dalam merangsang pertumbuhan gigi, tulang, serta otot sejak dini sampai sesudah kelahiran. Selain itu, vitamin dan juga mineral yang terdapat dalam brokoli berguna untuk sang ibu sebab dapat mencerahkan rambut serta kulit pada masa kehamilan.

6. Beta Karoten
Beta karoten berguna untuk mempertebal kekebalan tubuh atau sistem imun serta akan mempersulit masuknya berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi brokoli, tidak hanya dapat menambah asupan yang kaya manfaat untuk tubuh, namun juga dapat melindungi tubuh dari adanya virus penyakit yang memiliki potensi dapat mengganggu kehamilan. Kandungan tersebut dapat diperkuat dengan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

7. Zat besi (0,7 mg)
Brokoli kaya dengan kandungan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia atau kekurangan daerah. Wanita hamil akan rentan mengalami sembelit, dengan mengkonsumsi brokoli dapat melancarkan sistem pencernaan. Brokoli merupakan jenis sayuran yang sangat kaya dengan kandungan serat dengan demikian selain dapat melancarkan pencernaan serta dapat menyeimbangkan metabolisme pada tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates