Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan – Daun bawang dengan nama latin Allium fistulosum merupakan daun yang biasa digunakan dalam bumbu masak. Daun bawang mempunyai aroma yang sangat khas. Aroma yang dapat menggugah selera untuk makan. Di balik aroma yang khas tersebut, tersimpan khasiat untuk kesehatan tubuh. Daun bawang bagus untuk kesehatan jantung serta dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Selain itu untuk kesehatan jantung daun bawang juga bagus bagi penderita diabetes, untuk mengatasi anemia, sebagai antibakteri serta kaya akan antioksidan.
Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun bawang yaitu vitamin A, vitamin K dan C tinggi, kalsium asam folat, potassium, lemak, protein, karbohidrat, serat serta rendah kalori. Daun bawang termasuk ke dalam keluarga Alliaceae. berikut merupakan manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1.    Menjaga kesehatan mata
Mata merupakan bagian dari anggota tubuh yang dapat berperan untuk melihat. Untuk menjaga kesehatan mata, bukan hanya terdapat dalam apel, wortel, dan tomat namun bawang daun juga memiliki kandungan untuk menjaga kesehatan mata.

2.    Baik untuk wanita hamil
Bawang daun mempunyai kandungan asam folat yang sangat diperlukan oleh wanita hamil agar dapat mengoptimalkan perkembangan pada janin serta dapat meningkatkan kecerdasan pada otak. Wanita hamil apabila kekurangan asam folat akan rentan mengalami keguguran serta mengalami kelelahan.

3.    Menjaga kesehatan tulang
Tulang adalah bagian penting untuk membentuk tubuh manusia. Oleh sebab itu, agar kondisinya tetap sehat harus tetap menjaga kesehatannya supaya bergerak bebas serta leluasa. Selain dengan kalsium, kandungan daun bawang juga terdapat vitamin C dan vitamin K yang baik untuk kesehatan  tulang.

4.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun bawang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yakni quercetin serta kemferfol. Kedua kandungan tersebut bagus untuk kesehatan kulit serta dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. dengan demikian daun bawang sangat baik dalam melawan penyakit misalnya demam, pilek, serta flu. Selain itu daun bawang juga memiliki kandungan sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti virus yang dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri dengan demikian akan terhindar dari infeksi.

5.    Menyehatkan pencernaan
Kesehatan pencernaan adalah sesuatu yang sangat penting agar dijaga. Zat – zat gizi yang terdapat dalam makanan akan diserap dalam pencernaan. Daun bawang bisa membantu untuk menyehatkan sistem pencernaan sebab memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu bisa mengatasi gangguan seperti susah buang air besar atau sembelit.

6.    Kaya mineral, rendah kalori
daun bawang memiliki kandungan mineral, terutama zat besi serta kalium. Zat besi yang terkandung dalam daun bawang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, sehingga sangat baik dikonsumsi pada penderita anemia. Sedangkan kandungan kaliumnya berguna untuk mengatur kadar cairan di dalam tubuh, untuk menjaga fungsi jantung, serta dapat mencegah kram yang terjadi pada otot. Seperti jenis sayuran yang lainnya, daun bawang memiliki kandungan dengan rendah kalori.

7.    Menyehatkan jantung
Senyawa cycloalliin yang terdapat dalam daun bawang mampu menjaga kesehatan jantung. Senyawa ini berperan untuk mengencerkan darah dengan demikian dapat mencegah penggumpalan serta dapat mengurangi resiko untuk terkena penyakit aterosklerosis.

8.    Mencegah diabetes
Kandungan phyto-kimia yakni allium dan alil disulfide, dalam daun bawang berguna dalam mencegah penyakit diabetes. Kedua zat tersebut dapat mencegah degradasi insulin di dalam tubuh serta dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates