Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Dibalik Kandungan Telur Asin Untuk Ibu Hamil

Manfaat Dibalik Kandungan Telur Asin Untuk Ibu Hamil

Manfaat Dibalik Kandungan Telur Asin Untuk Ibu Hamil

Manfaat Dibalik Kandungan Telur Asin Untuk Ibu Hamil

Manfaat Dibalik Kandungan Telur Asin Untuk Ibu Hamil

Manfaat Dibalik Kandungan Telur Asin Untuk Ibu Hamil – Telur asin sebetulnya olahan telur dengan pengolahan yang diasinkan rasanya. Pengolahan dengan tradisional biasanya yakni dengan memendam telur di dalam tanah selama 10 sampai 15 hari, apabila sebelum dipendam maka bagian permukaan telur terlebih dahulu dilumuri dengan garam serta batu bata yang sudah dihaluskan. Dengan proses pemendaman, maka telur biasanya ditempatkan dalam suatu wadah, dimana dalam wadah ini sudah diberi campuran garam dan batu bata yang sudah dihaluskan. Untuk sekarang sudah ada alat khusus yang dapat digunakan agar dapat mengasinkannya tanpa harus memendamkan telur di dalam tanah.Biasanya telur bebek menjadi salah satu favorit yang biasa diasinkan sebab memiliki rasa yang akan lebih asin pada saat sudah diasinkan dibanding pada telur yang lainnya. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan yang terdapat dalam telur tersebut. Walaupun secara keseluruhan, baik dalam telur ayam ataupun telur bebek, menjadi sumber makanan yang kaya dengan kandungan proteinnya. Dengan demikian baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jika ditinjau dari kandungan yang ada di dalamnya, telur asin memiliki banyak manfaat untuk perkembangan janin. Beberapa hasil penelitian sudah menunjukkan bahwa pada masa kehamilan, Ibu hamil dianjurkan agar banyak untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan protein, seperti halnya pada telur.

Berikut merupakan manfaat telur asin untuk ibu hamil diantaranya :
1. Sumber Protein
Seperti yang sudah diketahui telur memiliki kandungan utama yang berupa protein, termasuk dalam telur asin. Kandungan protein dalam telur asin bisa dimanfaatkan dalam mencegah bayi lahir dengan keadaan berat badan yang rendah, dapat membantu untuk pembentukan organ serta untuk pertumbuhan janin, dapat mencegah spina bifida atau cacat tabung saraf, dan juga dapat merangsang perkembangan otak secara kognitif pada janin.

2. Mengandung Asam Lemak Omega 3
Telur asin juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berasal dari kandungan protein. Dimana, peningkatan dalam kemampuan kognitif atau kecerdasan dapat berasal dari kandungan as. lemak omega 3.

3. Kandungan Kalsium Tinggi
Telur asin juga mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dengan demikian sangat baik dikonsumsi untuk Ibu hamil agar dapat memenuhi kebutuhan kalsiumnya serta dapat mencegah resiko osteoporosis atau tulang keropos, pegal – pegal ataupun nyeri pinggang. Selama masa kehamilan fungsi kalsium untuk ibu hamil juga diperlukan 1,5 kali lipat yang lebih banyak dibandingkan pada wanita biasa atau sedang tidak hamil. Dimana, asupan kalsium yang lebih banyak ini dimanfaatkan untuk membantu dalam pertumbuhan tulang serta sistem sendi pada sang janin di dalam kandungan.

4. Kandungan Zat Besi Tinggi
Seorang wanita hamil akan rentan mengalami anemia yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi telur asin dengan rutin serta teratur. Hal tersebut dikarenakan bahwa manfaat telur asin untuk wanita hamil mempunyai kandungan zat besi yang tinggi yang berguna sebagai sumber energi. Yang lebih direkomendasikan agar memilih telur asin dari telur bebek.

5. Sumber Vitamin A
Dalam telur asin juga memiliki kandungan vitamin A dengan demikian sangat baik jika dikonsumsi oleh wanita hamil sebab dapat menjaga pertumbuhan visual atau penglihatan/mata pada janin, dapat menangkal toksin dan juga radikal bebas, dapat memperkuat kesehatan tulang serta kesehatan gigi, serta dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.6. Sumber Vitamin E
Selain kaya dengan kandungan vitamin A, telur asin juga memiliki kandungan vitamin E. Dimana, kandungan vitamin E tersebut bisa membantu untuk merawat kesehatan kulit pada Ibu yang akan rentan mengalami masalah, misalnya kulit kering, mengalami stretch mark, serta timbul jerawat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates