Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Budidaya Ikan Arwana Super Red

Peluang Budidaya Ikan Arwana Super Red

Peluang Budidaya Ikan Arwana Super Red

Peluang Budidaya Ikan Arwana Super Red

Peluang Budidaya Ikan Arwana Super Red

Peluang Budidaya Ikan Arwana Super Red -Di Antara berbagai jenis ikan hias di dalam air tawar, ada salah satu dari jenis ikan hias air tawar asli negara Indonesia yang memiliki banyak penggemar di masyarakat lokal dan juga luar negeri, yaitu ikan arwana super red. Meskipun ikan ini berwarna merah, ikan arwarna super red ini sangatlah berbeda dengan ikan jenis louhan. Jika Anda penasaran dengan suatu ciri-ciri dari ikan arwana super red ini, lebih baik Anda mencoba untuk menonton dulu video ikan arwana super red ini di youtube, atau dapat mencari-cari gambar dan juga foto ikan arwana super red di mesin pencarian google. Dengan cara Anda mencoba untuk memperhatikan dari segi harga dari ikan arwana super red yang begitu amat lebih stabil jika dibanding dengan ikan hias lain, membuat peluang dari bisnis usaha ikan ini amat sangat begitu menjanjikan. Seperti apa prospek bisnis ikan sisik merah menyala ini?
Sejak pada tahun 1970an, ikan arwana ini banyak sekali dibudidayakan. Khusus untuk jenis ikan arwana super red itu sendiri baru bisa berkembang di tahun 80an. Beberapa macam jenis arwana yang memang dikenal di dalam masyarakat antara lain adalah silver brazil, Irian, banjar red, hijau, golden red serta super red. Dari berbagai jenis tersebut, Arwana super red memang paling mahal karena dari segi penampilannya memang paling menarik dan juga unik.

Prospek dan Persaingan
Prospek untuk ikan arwana in sangat cerah, apalagi negara Indonesia sebagai seorang produsen terbesar di dunia. Prospek ikan hias ini sangat cerah terutama ikan hias yang juga akan laku di pasaran luar negeri. Ini memang terbukti dari nilai ekspor untuk ikan hias yang tergolong terus meningkat. Beberapa negara yang memang kerap dalam mengimpor ikan hias dari negara Indonesia, yakni adalah Singapura, Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, serta Cina. Saat ini negra Indonesia menjadi negra pengekspor ikan hias dengan posisi ke-5 dunia, di bawah singapura, lalu Jepang, serta Malaysia. Potensi ikan hias yang asli dari Indonesia baik itu air tawar ataupun air laut, diperkirakan sudah mencapai 1000 spesies. Jadi diharapkan supaya para pembudidaya dan juga para penjual saling bekerja sama dalam menciptakan nilai tambah di dalam negeri.

Kegiatan dalam budidaya arwana ini juga bisa dilakukan pada skala rumahan, bahkan dengan lahan yang begitu terbatas. Jadi unutk mencerminkan usaha ini tetap dapat dirintis dari modal yang kecil sekalipun. Di dalam menyiasati modal yang begitu terlalu besar, dapat diawali dengan cara membeli anakan arwana. Harga unutk anakan arwana tidak begitu terlalu mahal jika dibandingkan dengan indukan atau arwana dewasa. Pembelian untuk ikan arwana sedikit demi sedikit juga dapat dilakukan bagi anda yang mempunyai modalnya terbatas dan juga sangat aman untuk Anda yang memang baru belajar mengenai ikan arwana. Meski pelaku binsnis usahanya terus bertambah, namun dalam persaingan biniss usaha arwana ini tidak ketat. Para pelaku justru akan saling bekerja sama demi kelanggengan dari bisnis ini.

Harga Tinggi
Kenapa harga dari ikan arwana ini terbilang lebih stabil jika dibandingkan dengan ikan hias lain dan juga ikan konsumsi? Hal ini memang terjadi karena jumlah dari anakan atau bibit terbatas dan juga proses perkawinan yang tidak sesering dengan ikan lain. Sehingga dengan adanya sebuah produksi yang terbatas di tengah sebuah permintaan yang begitu terus meningkat, membuat harga dari ikan ini cukup tinggi dan juga tidak mudah untuk jatuh. Saat ini harga dari ikan arwana sudah mencapai sekitar Rp. 4 sampai 20 juta untuk ukuran mulai dari 12 sampai 40cm. Permintaan untuk ikan arwana super red di pasaran memang sudah rebilang cukup tinggi. Apalagi arwana ini adalah jenis ikan hias yang begitu unik yang sering sekali di eskpor.

Modal Usaha
Untuk Anda seorang pemula dapat membangun usaha arwana komersial ini mulai dari nol atau juga langsung besar-besaran tergantung dari modal yang Anda miliki. Misalnya adalah hanya dari 1 ekor anakan. Namun bila ingin langsung besar, caranya adalah sebagai berikut :

1. Bila Anda membuka sebuah usaha perdagangan ikan hias arwana ini, modal yang memang diperlukan adalah sekitar Rp. 100 juta untuk pengadaan akuarium sebanyal 10 unit adalah Rp 40 juta dan unutk pengadaan anakan arwana sebanyak 10 ekor adalah Rp. 60 juta).

2. Sebagai dari trader sekaligus pembesaran, investasinya akan mencapai nilai Rp. 500 juta untuk pengadaan akuarium sebanayak 10 unit adalah senilai Rp. 40 juta, bak fiber atau beton adalah Rp. 60 juta dan pengadaan untuk anakan ikan arwana adalah Rp. 400 juta.

3. Sebagai seorang penangkar dengan investasi minimal adalah Rp 10 milyar. Dengan rincian adalah  pengadaan tanah yaitu 5000 m, pengadaan untuk induk arwana minimal adalah 150 ekor, kolam dalam penangkaran minimal adalah 3 kolam, kolam penampungan atau akuarium, dan lain – lain.

Untung Besar
Karena ikan Arwana inin adalah ikan hias, harga yang memang dipatok bukan saja dari segi biaya produksi, tetapi juga berdasarkan nilai estetika atau keindahan. Dengan cara perawatan yang cukup murah dan juga mudah, membuat ikan ini dapat memberikan untung yang besar pada pelaku usahanya. Apalagi jika semakin besar ikan arwana maka harganya juga akan semakin tinggi juga.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates