Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Dampak Kecoa dan Tips Membasminya

Seputar Dampak Kecoa dan Tips Membasminya

Seputar Dampak Kecoa dan Tips Membasminya

Seputar Dampak Kecoa dan Tips Membasminya

Seputar Dampak Kecoa dan Tips Membasminya

Seputar Dampak Kecoa dan Tips Membasminya – Kecoa merupakan salah satu jenis serangga berwarna cokelat tua yang hobi hidup di tempat yang kotor. Kecoa merupakan serangga pemakan segala atau omnivoradimana jantan darahnya polos atau tidak ada warna. Akan tetapi yang betina mempunyai darah orange meskipun sedikit.
Kotoran, air seni dan juga tubuh kecoa penuh dengan bakteri sehingga cukup berbahaya untuk kesehatan manusia. Kecoa selain menjijikan juga bisa menyebarkan virus sertamenyebarkan berbagai penyakit kepada manusia dari baik dari air kencingnya ataupun kotorannya.

Bahaya air kencing kecoa untuk kesehatan tubuh ternyata bisa memberikan efek yang membahayakan. Pada saat seseorang terkena kotoran atau air kencing kecoa, maka akan menimbulkan berbagai reaksi yang terjadi di dalam tubuh, seperti halnya sebagai berikut :
1. Dapat menimbulkan gatal pada kulit
2. Dapat menimbulkan reaksi asma
3. Dapat menimbulkan gatal di tenggorokan
4. Dapat menimbulkan gatal pada hidung dan mata
5. Dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan

Dalam kecoa bukan hanya air kencing dan kotorannya yang dapat membahayakan, laluapa saja bahaya kecoa bagi kesehatan manusia? Berikut penjelasan bahaya kecoa untuk kesehatan:

1. Dapat Mengakibatkan Alergi
Kotoran serta air liur yang berasal dari kecoa dapat berakibat pada munculnya reaksi alergi. Reaksinya kulit akan terasa gatal, penyakit asma yang akan kambuh, sampai mata yang akan tampak berair.

2. Makanan Terkontaminasi
Makanan yang dihinggapi oleh kecoa, sama halnya dengan bahaya makanan yang dihinggapi oleh lalat.Pada saat kecoa hinggap pada makanan, sehingga kemungkinan ia mengeluarkan berbagai bakteri juga telur ke dalam makanan.

3. Dapat Menyebarkan Bakteri
Air liur kecoa dapat menyebarkan bakteri berbagai macam penyakit. Bakteri yang hidup dalam usus kecoa sangat membahayakan kesehatan manusia, dimanabakteri ini dinamakan pseudomonas aeruginosa.

4. Menyebabkan Makanan Beracun
Keracunan makanan tidak hanya diakibatkan oleh kondisi makanannya seperti makanan telah kadaluarsa,akan tetapi juga bisa diakibatkan oleh kecoa yang hinggap ke dalam makanan. Dalam tubuh kecoa terdapat bakteri salmonella penyebab penyakit tifoid dan paratifoid.

5. Menyebarkan Penyakit
Jenis penyakit yang dapat ditimbulkanoleh kecoa, dapat berasal dari kotoran kecoa, air liur, kencing kecoa yang dapat menimbulkan penyakit demam tifoid atau tifus, penyakit hepatitis, penyakit diare, penyakit kolera dan penyakit TBC.

Tips menghindari habitat kecoa, diantaranya:
1. Menjaga kebersihan rumah dengan menyapu lantai setiap hari serta sering dipel.
2. Mengurangi rasa gatal dengan mengompres bagian luka dengan memakai handuk yang dingin.
3. Cucian piring bekas makan yang menumpuk dapat menarik hadirnya kecoa, sehingga apabila setelah makan alangkah baiknya langsung mencuci piring.
4. Meskipunbagian tubuh terasa gatal, sakit pada kulit akibat dihinggap kecoa usahakan jangan sering digaruk untuk menghindari keadaan yang bertambah parah.
5. Untuk mengurangi rasa gatal juga bisamengkonsumsi obat antihistamin seperti obat CTM.

Cara Alami Membasmi Kecoa, diantaranya:

1. Dengan bunga melati. Caranya yakni dengan memotong kecil-kecil bunga melati kemudian ditaruh di tempat yang banyak kecoanya. Sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman untuk kecoa.

2. Tanaman Lavender,dimana yang bermanfaat untuk mengusir kecoa yaitu biji lavender.

3. Menggunakan daun salam,daun salam juga bisamengusir kecoa. Caranya: daun salam yang masih segar iris kecil, kemudian taburkan di tempat yang terdapat kecoa.

Bahaya kecoa untuk kesehatan tubuh manusia harus di waspadai sebab mengandung beberapa bakteri yang cukup berbahaya apabila terkonsumsi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates