Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Kanker Payudara Stadium 1

Seputar Kanker Payudara Stadium 1

Seputar Kanker Payudara Stadium 1

Seputar Kanker Payudara Stadium 1

Seputar Kanker Payudara Stadium 1

Seputar Kanker Payudara Stadium 1 – Payudara adalah salah satu bagian yang harus di jaga kesehatannya sebab bagian organ yang sangat penting. Banyak wanita yang menganggap bahwa dengan payudara yang indah dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri. Dengan demikian tidak heran bahwa semua wanita sangat mewaspadai gangguan atau masalah yang akan menyerang kesehatan payudara salah satunya yaitu kanker payudara, walaupun kanker payudara ini juga akan terjadi pada pria namun memiliki resiko yang lebih rendah.

Kanker payudara atau dengan nama lainya carcinoma mammae merupakan sel kanker yang dapat menyerang jaringan – jaringan pada payudara. Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang membahayakan serta mematikan. Biasanya kanker payudara akan menyerang, dengan gejala yang tibul secara diam – diam tanpa disadari. Tingkat keganasan dari penyakit kanker payudara dibagi menjadi stadium kanker pada payudara.

Pada tingkat yang awal, tanda kanker payudara pada stadium 1 ini sebetulnya sudah bisa diketahui. Berikut merupakan uraian selengkapnya:

1. Gejala kanker payudara stadium 1
Gejala kanker payudara pada stadium 1, akan masih sulit untuk dideteksi, sebab pada stadium 1 ini penderitanya tidak akan merasakan nyeri ataupun sakit di bagian payudara. Namun, gejalanya sudah mulai dapat dikenali, sebagai berikut :

a. Timbulnya benjolan kecil di payudara atau di bagian bawah ketiak dengan diameter tidak lebih dari dua cm. Benjolan tersebut tidak akan menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya.

b. Apabila menekan payudara, sehingga cairan putih akan keluar seperti susu namun tidak berbau.

c. Kulit payudara akan mengerut serta pori – pori kulit payudara akan menjadi kasar.

Adapun cara untuk mengetahui gejala kanker payudara, bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan dini sendiri, sebagai berikut :

a. Kenali terlebih dahulu bentuk payudara, bandingkanlah bentuk payudara pada saat kita meletakkan ke dua tangan di atas kepala serta tangan pada pinggang.
b. Angkatlah tangan kiri ke atas kepala.
c. Rabalah payudara yang menggunakan permukaan jari yang sedikit di tekan. Anda bisa melakukan pola dengan memutar serta naik turun pada saat menekan dan raba payudara Anda.
d. Tekanlah putting dengan perlahan serta perhatikan apakah terdapat cairan yang keluar.
e. Periksalah daerah ketiak, payudara, serta tulang dada dengan posisi berbaring.
f. Lakukanlah langkah yang sama pada payudara yang satu lagi.
g. Usahakan melakukan pemeriksaan dini selama satu minggu sesudah masa mentruasi. Dimana satu minggu sesudah masa mentruasi, biasanya kadar hormon estrogen serta progesteron aa pada kadar yang rendah. Ketika itulah pemeriksaan dini bisa lebih mudah untuk dilakukan. Lakukanlah pemeriksaan payudara ini dengan rutin, setiap bulannya.

Agar dapat terhindar dari penyakit kanker payudara, upaya pencegahan merupakan upaya yang sangat tepat untuk menghindarinya. Cara mencegah penyakit kanker payudara ini dapat dilakukan dengan sedini mungkin, terutama agar menghindari kanker payudara pada stadium 1, diantaranya :

1. Melakukan olahraga secara rutin
2. Tidak makan – makanan yang mengandung banyak lemak
3. Tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat berbahaya bagi tubuh
4. Minum air putih yang higienis dan cukup
5. Makan buah serta sayur dengan rutin, dan
6. Minum obat untuk pencegah sel kanker (harus konsultasi dahulu bersama dokter).

Pengobatan penyakit kanker payudara pada stadium 1 dapat dilakukan dengan tindakan medis diantaranya:

1. Bedah, dapat dilakukan untuk mengangkat benjolan pada payudara
2. Kemoterapi, dengan cara mengkonsumsi obat anti kanker ke dalam tubuh. Kemoterapi dapat menyebabkan rontoknya rambut, mual, serta kelelahan yang akan dirasakan pada penderitanya.
3. Terapi radiasi, merupakan tindakan menembak benjolan yang menggunakan energi sinar yang tinggi agar dapat membunuh sel – sel kanker.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates