Tuesday , 23 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menurunkan Asam Lambung pada saat Hamil

Tips Menurunkan Asam Lambung pada saat Hamil

Tips Menurunkan Asam Lambung pada saat Hamil

Tips Menurunkan Asam Lambung pada saat Hamil

Tips Menurunkan Asam Lambung pada saat Hamil

Tips Menurunkan Asam Lambung pada saat Hamil – Asam lambung merupakan gejala penyakit maag yang dapat menyebabkan peradangan pada organ lambung. Penyakit Asam lambung akan terjadi akibat pola makan yang biasanya tidak teratur dengan demikian akan mengakibatkan menyebabkan luka atau terjadinya peradangan di bagian lambung. Penyakit asam lambung akan dialami siapa saja termasuk Ibu hamil. Asam lambung yang terjadi pada Ibu hamil akan sangat berbahaya serta mempunyai dampak buruk pada sang janin. Akan tetapi tidak harus khawatir sebab terdapat beberapa cara yang sederhana dapat menurunkan asam lambung, diantaranya:1. Menghindari Berbaring Setelah Makan
Sesudah makan tentu dapat terasa enak apabila berbaring, khususnya bagi Ibu hamil. Berbaring sesudah makan bisa mengakibatkan asam lambung untuk lebih cepat naik dengan demikian akan sangat menganggu. Untuk Ibu hamil yang mengalami Asam lambung, alangkah baiknya berikan jeda untuk duduk maupun jalan – jalan selama 2 sampai 3 jam. Waktu selama 2 sampai 3 jam bisa membuat makanan untuk dicerna secara baik dengan demikian tidak akan mengganggu kesehatan lambungnya.

2. Sedikit Makan Tetapi Sering
Untuk mencegah naiknya asam lambung, wanita hamil harus menyediakan makanan ringan atau cemilan agar siaga ketika dalam kondisi lapar. Makan yang berlebihan pada saat hamil bisa menganggu sistem pencernaan, dengan demikian menjaga pola makan sangat penting yang tidak hanya bagi wanita hamil. Dengan melakukan jeda dalam makan dapat membantu menurunkan asam lambung.

3. Makan Secara Perlahan
Untuk mengunyah makanan secara baik harus dilakukan kurang lebih selama 33 kunyahan kemudian bisa ditelan. Hal tersebut dapat membantu untuk proses pencernaan menjadi lebih lancar serta sehat. Pada wanita hamil yang menginginkan asam lambungnya menurun  harus mengunyah makanan yang lebih lama supaya lambung tidak terlalu penuh serta mengakibatkan sesak. Mengunyah makanan secara terburu – buru dapat membuat kerja perut akan semakin berat dengan demikian akan mengakibatkan rasa begah pada wanita hamil.

4. Menghindari Memakai Pakaian Ketat
Ibu hamil alangkah baiknya menggunakan pakaian lebih longgar supaya lebih leluasa dalam bergerak. Pakaian longgar yang digunakan wanita hamil dapat membuat pernafasannnya akan lebih baik. Asam lambung yang dialami pada wanita hamil salah satunya diakibatkan oleh Pakaian yang terlalu ketat dengan demikian akan mengakibatkan perut menjadi begah serta kesulitan untuk bergerak.

5. Menghindari Makanan Penyebab Asam Lambung
Asam lambung dapat diakibatkan karena jenis makanan. Untuk wanita hamil yang ingin menurunkan kadar asam lambungnya harus selalu memperhatikan pola makannnya. Terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari pada wanita hamil, yaitu makanan pedas, makanan dengan rasa yang terlalu asam, bumbu dalam makanan yang terlalu tajam, minumam dengan kandungan kafein dan soda. Jenis makanan serta minuman tersebut dapat menjadi pemicu penyakit asam lambung.

6. Mengunyah Permen Karet
Permen karet mempunyai khasiat dapat menurunkan Asam lambung. Pada saat mengunyah permen karet, sehingga dapat meningkatkan produksi air liur dengan demikian akan mampu menetralkan kadar Asam lambung. Selain bisa mengencangkan otot – otot pada wajah, permen karet juga mempunyai khasiat yang lain, yakni dapat menetralkan asam lambung dengan demikian akan merasa lebih baik, khususnya untk Ibu hamil.7. Segera Berbaring Jika Merasakan Rasa Tidak Enak Akibat Naiknya Asam Lambung
Wanita hamil yang merasakan sakit akibat asam lambung mengalami naik alangkah baiknya harus beristirahat. Salah satu cara yang dapat mengatasi rasa sakit pada saat asam lambung menyerang yakni dengan berbaring serta posisikan kepala yang lebih tinggi. Hal tersebut dapat mencegah naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan yang akan menyebakan muntah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates