Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Merawat Handuk Mandi

Tips Merawat Handuk Mandi

Tips Merawat Handuk Mandi

Tips Merawat Handuk Mandi

Tips Merawat Handuk Mandi

Tips Merawat Handuk Mandi – Handuk ialah bahan tebal yang mudah menyerap air yang diberfungsi untuk mengeringkan kulit setelah mandi, berenang, atau keringat.

Bagi sebagian orang handuk merupakan hal yang mahal untuk di beli, hal itu menyebabkan orang sampai bertahun-tahun menyimpan handuk mereka padahal handuk tersebut sudah banyak yang berswarna hitam atau berubah warna, sudah banyak bakteri-bakteri yang menempel. Sedangkan hal tersebut akan membuat kita terkena penyakit kulit, bisa saja bakteri dari handuk akan menempel di kulit kita. Apa lagi banyak di dalam setiap rumah handuk satu di pakai untuk bersama entah di pakai untuk dewasa ataupun anak-anak.

Di pasaran sekarang ini banyak handuk yang tipis dan murah yang beberapa orang mampu untuk membelinya. Tetapi handuk akan menjadi masalah besar lagi apabila kita kurang baik merawatnya maka handuk akan berbau, berjamur dan menjadi sumber penyakit kulit, maka agar terhindar dari semua itu simaklah tips perawatannya berikut ini:

1. Jemurlah handuk secara melintang pada tempat yang datar seperti pada jemuran tali atau jemuran alumunium di luar kamar mandi(lebih baik terkena sinar matahari) setelah anda menggunakannya, hal ini berguna agar handuk yang baru digunakan akan mudah kering.

2. Usahakan tidak menggantung handuk terlalu lama di dalam kamar mandi karena akan membuat handuk menjadi lembab, bau dan berjamur yang mungkin saja menjadi penyebab penyakit kulit.

3. Jemurlah handuk anda di bawah sinar matahari langsung setiap hari agar handuk anda senantiasa kering dan terbebas dari jamur dan penyakit kulit.

4. Cucilah handuk setidaknya seminggu sekali, cara mencucinya sama dengan mencuci pakaian pada umumnya yaitu direndam dulu memakai air yang dicampur sabun cuci pakaian/detergen lalu dicuci pakai mesin cuci atau dibersihkan menggunakan sikat halus secara hati-hati sampai bersih lalu dibilas dan diberi pengharum untuk kemudian dijemur di bawah terik matahari, untuk noda yang sulit bersih cobalah direndam ulang dengan air yang dicampur air cuka dapur.

5. Setelah handuk dicuci bersih jemurlah sampai kering kemudian lipatlah untuk selanjutnya disimpan dilemari, handuk yang telah dijemur jangan disetrika karena akan membuat serat kain handuk menjadi tipis.
Handuk yang kita gunakan setelah beberapa waktu yang lama akan menjadi kusam, untuk mencegah kekusaman pada handuk maka sebelum handuk dipakai (handuk baru) disarankan untuk mencuci handuk dengan cara : didihkan air secukupnya lalu masukkan pewangi pakaian, setelah mendidih tuang air ke dalam ember yang sudah berisi handuk yang akan dicuci, tambahkan dengan deterjen, usahakan air dapat merendam handuk secara keseluruhan, diamkan selama satu jam setelah itu sikat handuk dan cuci seperti biasa hasilnya handuk handuk tetap berwarna cemerlang walaupun sudah dipakai berulang kali.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates