Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks

Tips Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks

Tips Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks

Seputar Kanker Payudara Stadium 1

Seputar Kanker Payudara Stadium 1

Tips Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks – Kanker mulut rehem rahim atau kanker adalah jenis penyakit kanker akan dialami oleh kaum wanita. Kanker serviks akan menyerang di bagian organ reproduksi pada kaum wanita, yang tepatnya di area leher rahim atau di pintu masuk ke rahim yakni di bawah yang sempit antara kemaluan wanita serta Rahim Semua orang bisa terinfeksi virus human papiloma virus yang merupakan penyebab kanker serviks. Infeksi human papiloma virus akan ditularkan dengan melalui kontak kelamin, tidak hanya dengan hubungan seks. Infeksi tersebut juga akan sangat mudah untuk menular, dengan demikian para wanita yang sudah melakukan hubungan seks bisa mempunyai resiko untuk terkena penyakit serviks. Agar dapat mendeteksi keberadaanya diperlukan metode yang tepat.Metode skrining merupakan metode yang sangat efektif agar dapat mengetahui adanya gejala pra kanker ataupun ciri – ciri kanker serviks, dengan demikian dapat membantu dalam melakukan penanganan kanker serviks dengan tepat sejak dini. Tentunya dengan metode skrining hanya berguna agar mengetahui keberadaan kanker serviks serta bukan sebagai pencegah penyakit kanker serviks.

Skrining ini bisa dilakukan dengan metode pemeriksaan yakni Papsmear atau Visual Inspection with Acetic Acid (IVA) test. Berikut merupakan penjelasannya :

1. Papsmear
Papsmear merupakan pemeriksaan yang dapat dilakukan dalam sel permukaan di bagian leher rahim agar dapat mendeteksi keberadaan kanker leher rahim. Tes papsmear ini dapat dilakukan pada wanita yang sudah melakukan hubungan seks serta dengan memenuhi syarat sebagai berikut :

a. Sudah selesai haid paling tidak tiga hari
b. Tidak berada dalam kegiatan seksual paling tidak tiga hari
c. Tidak menggunakan obat – obatan yang berkaitan dengan intravagina.
Tes papsmear ini dapat digunakan agar dapat mendeteksi apakah ada perubahan – perubahan dalam sel leher rahim dengan kondisi yang abnormal. Adapun tahap pemeriksaannya dapat dilakukan dengan cara yakni mengambil cairan yang terdapat dalam leher rahim yang menggunakan spatula lalu sample tes cairan tersebut diperiksa dengan menggunakan alat mikroskop.

2. IVA Test (Visual Inspection with Acetic Acid)
IVA test adalah inspeksi visual dengan menggunakan asam asetat yang merupakan suatu metode dengan cara lain yang bisa digunakan agar dapat mengetahui serta untuk mendeteksi keberadaan tanda – tanda terdapat penyakit kanker serviks. Adapun caranya yaitu dengan menyemprotkan suatu cairan asam asetat dengan konsentrasi 3% hingga 5% pada mulut rahim. Lalu dari semprotan tersebut, dapat dilihat di daerah yang disemprotkan apakah ada suatu perubahan warna yang menjadi warna putih. Untuk wanita yang secara aktif sudah sering melakukan hubungan seksual dapat sangat dianjurkan agar melakukan metode skrining yang menggunakan cara papsmear ataupun dengan IVA test (Visual Inspection with Acetic Acid).

Berikut merupakan upaya pencegahan kanker serviks yang dapat dilakukan, diantaranya:
1. Vaksinasi
Untuk mencegah terkena penyakit kanker serviks terdapat cara yakni dengan melakukan vaksinasi. Minimnya vaksinasi merupakan alasan kenapa banyak kasus kanker serviks di negara Indonesia  Vaksinasi HPV adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah diri dari penyakit kanker serviks. Vaksin tersebut dapat berguna agar meningkatkan performa dari imunitas atau sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan virus human papiloma virus (HPV) pada saat mulai masuk ke dalam tubuh.2. Menjaga Perilaku Seks
Cara pencegahan lain yang bisa dilakukan yaitu dengan membiasakan perilaku seksual pada standar yang sehat. Lebih baik apabila melakukan metode untuk deteksi dini dengan teratur pada beberapa waktu sekali dengan demikian dapat menjaga diri dari adanya kanker serviks.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates