Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Paparan Arsen

Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Paparan Arsen

Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Paparan Arsen

Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Paparan Arsen

Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Paparan Arsen

Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Paparan Arsen – Keracunan arsenik bisa terjadi dengan akut sebagai akibat konsumsi arsen yang berlebih atau kronis karena akibat terpapar secara terus – menerus meskipun dalam kadar yang rendah (seperti akibat minum air yang sudah terkontaminasi arsen yang melebihi batas ambang aman yang tertinggi).Masuknya arsenik dengan jumlah yang besar ke dalam bagian tubuh secara mendadak akan mengakibatkan serangan akut yang berupa rasa sangat sakit pada perut karena sistem pencernaan yang rusak, diare, muntah, rasa haus yang hebat, kram perut, serta akhirnya syok, koma, serta menyebabkan kematian. Paparan dengan jangka waktu yang lama, misalnya meminum air yang terkontaminasi arsen, bisa mengakibatkan nafas berbau, keringat yang berlebih, otot terasa lunglai, perubahan pada warna kulit (menjadi lebih gelap), penyakit pada pembuluh tepi, parestesia pada tangan dan kaki atau gangguan saraf, blackfoot disease serta menyebabkan penyakit kanker kulit.
Banyak arsenik yang dimanfaatkan dalam dunia medis atau kesehatan, serta dapat dimanfaatkan secara luas untuk perawatan penyakit sifilis sebelum dijumpai obat golongan penisilin; kemudian diganti dengan jenis pengobatan yang lain misalnya obat sulfa serta lalu golongan obat antibiotik.
Setelah mengetahui bahaya – bahaya yang akan ditimbulkan akibat paparan arsen yang sudah dijelaskan diatas, berikut merupakan upaya pencegahan dan penanggulangan paparan arsen, diantaranya:

A. Pencegahan dan penanggulangan toksisitas arsenik
Untuk mengurangi risiko paparan As, dapat dilakukan beberapa cara antara lain :
1.  Apabila peralatan di rumah di awetkan dengan menggunakan CCA, alangkah lebih baiknya pekerja menggunakan masker, sarung tangan, baju pelindung guna mengurangi paparan As.

2.  Apabila tinggal di daerah pemukiman, baik dengan kondisi tanah maupun dengan kondisi air yang sudah tercemar  Arsen, alangkah baiknya digunakan air dan tanah yang bebas dari kandungan Arsen dan hindari kontak dengan Arsen.

Pada tahap awal apabila diketahui air minum sudah terkontaminasi logam Arsen, maka harus dilakukan upaya atau tindakan sebagai berikut  :

1. Air minum yang terkontaminasi As harus berhenti dikonsumsi.

2. Apabila tidak terdapat alternatif untuk memperoleh air minum, maka air ditampung dan dibiarkan selama 12-24 jam. Kemudian, ¾ bagian air dituangkan perlahan ke tempat lain dan disaring 4 – 5 kali dengan menggunakan filter.

3. Menkonsumsi makanan bergizi, khususnya makanan yang kaya vitamin A, B dan C. Konsumsi buah dan sayur segar (5 serving day ) mampu mengurangi 50% risiko terkena kanker karena paparan As.

Untuk menanggulangi pencemaran As dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
1. Bioremoval, yaitu penggunaan material biologi, antara lain mikroorganisme yang disebut biosorben guna mengabsorpsi polutan logam.  Jenis mikroorganisme yang dapat mengabsorpsi As, antara lain Chlorella vulgaris.

2. Fitoremediasi, yaitu menggunakan tanaman yang memiliki kemampuan tinggi mengangkut berbagai pecemaran yang ada (multiple uptake hyperaccumulator plant) ataupun tanaman yang memiliki kemampuan mengangkut pencemaran yang bersifat tunggal ( spesifik uptake hyperaccumulator plant). Jenis tanaman yang mampu menyerap kadar As adalah Pteris vittata dan pityrogramma calomelanos mampu menyerap lebih dari 10.000 ppm As di bagian pucuk tanaman.

Beberapa langkah untuk mengurangi kadar As dalam air minum adalah :
1. Water treatment
2. Pencampuran air berkadar As tinggi dan air berkadar As rendah
3. Mengganti atau memodifikasi system penggalian sumur
Untuk mengurangi pencemaran As pada air minum, dapat dilakukan filtrasi dari campuran 3,8 g Fe – sulfat dan sejumlah kecil Ca-hipoklorit, yang dilanjutkan dengan filtrasi menggunakan pasir.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates