Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Upaya Pengobatan Kanker Paru – Paru Berdasarkan Jenisnya

Upaya Pengobatan Kanker Paru – Paru Berdasarkan Jenisnya

Upaya Pengobatan Kanker Paru – Paru Berdasarkan Jenisnya

Upaya Pengobatan Kanker Paru - Paru Berdasarkan Jenisnya

Upaya Pengobatan Kanker Paru – Paru Berdasarkan Jenisnya

Upaya Pengobatan Kanker Paru – Paru Berdasarkan Jenisnya – Kanker merupakan jenis penyakit yang paling ditakuti sebab penyakit kanker ini akan mengancam keselamatan pada penderitanya. Terdapat banyak jenis penyakit kanker salah satunya kanker paru- paru. Terdapat dua jenis kanker paru – paru yakni non small cell lung cancer dan samll cell lung cancer dengan gejala yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangaannya. Dengan demikian diperlukan pengobatan yang sesuai untuk pertumbuhan sel kanker yang mengalami penyebaran.
Berikut merupakan upaya pengobatan kanker berdasarkan jenisnya :1. Small cell cancer (menyebar dalam kelenjar getah bening di bagian dada)
a. Kemoterapi
Kemoterapi dapat berupa penggunaan obat agar dapat membunuh serta dapat menghentikan pertumbuhan sel- sel kanker.  Kemoterapi berguna dalam menghambat pertumbuhan sel – sel kanker yang sedang tumbuh dan berkembang. Penderita yang mengalami kanker paru – paru kecil ini bisa di obati dengan melakukan kemoterapi tunggal, yakni dengan menggabungan 2 obat kemoterapi yang dapat diberikan secara bersamaan.  Hal tersebut dapat membantu untuk mengurangi ukuran tumor serta bisa memperpanjang masa hidup penderitanya.

b. Terapi Radiasi
Terapi radiasi dapat dianjurkam untuk penderita yang melaksanakan kemoterapi dengan tahap yang terbatas.  Terapi radiasi yang berupa sinar – x dengan mempunyai energi yang sangat tinggi, serta difokuskan terhadap keberadaan penyakit agar dapat membunuh sel – sel kanker.
Radiasi adalah pengobatan lokal serta mempunyai efek samping yang ringan. Dengan melakukan radiasi bisa mengurangi serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

c. Operasi
Kanker paru – paru kecil bersifat cepat menyebar, maka dengan melakukan operasi untuk mengangkat tumor paru – paru, tidak menjamin untuk kelangsungan hidup penderitanya.  Akan tetapi, dengan lebih awal dalam mendiagnosa kanker paru – paru kecil ini mempunyai kelangsungan hidup sampai 35% – 40%.   Operasi pembedahan dilakukan dengan menggunakan tabung tipis yang kemudian dimasukkan ke dalam tulang dada serta ke bagian dalam tengah dada yakni antara paru – paru kanan dan paru -paru kiri.

2. Non small cell lung cancer (kanker paru- paru sel non kecil )
Pada kanker paru – paru sel non kecil akan terlihat pada tahap awal.  Berikut merupakan tahapan -tahapan untuk pengobatannya diantaranya:

a. Stadium awal
Kanker paru – paru sel non kecil tidak akan menyerang serta tidak dapat menyebar lebih dalam di jaringan paru – paru.  Dengan demikian bisa disembuhkan dengan melakukan operasi pembedahan.

b. Stadium 1
Pada tahap satu, operasi adalah jalan keluar untuk pengobatan dengan menghilangkan serta dengan memeriksanya keberadaan sel – sel kanker.  Pada tahap stadium satu, kanker ini mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk muncul kembali.  Dengan melakukan pengobatan kemoterapi adjuvan, maka bisa menurunkan resiko kanker untuk kembali. Apabila kanker yang dialami lebih parah, maka dapat dilakukan terapi radiasi konvensional atau terapi radiasi stereotatic.

c. Stadium 2
Pada tahap stadium 2 dibutuhkan pengobatan yang dilakukan dengan operasi, yakni dengan mengangkat sel – sel kanker pada kelenjar getah bening.

d. Stadium 3A
Dalam tahap stadium 3A dapat dilakukan dengan melakukan pengobatan terapi radiasi, operasi atau kemoterapi.

e. Stadium 3B
Dalam tahapan stadium 3B dimana sel kanker sudah menyebar ke bagian kelenjar getah bening yang akan sangat dekat pada paru-paru serta di bagian leher. Kondisi kanker yang sudah di tingkat stadium 3B tidak dapat di lakukan dengan melakukan pembedahan.  Kemoterapi serta dengan radiasi adalah salah satu cara agar mempertahankan sel kanker supaya tidak menyebar.

f. Stadium 4
Pada tingkat stadium empat dimana perkembangan sel kanker sudah menyebar luas di dalam tubuh.  Apabila dalam kondisi yang tidak sehat, maka semua upaya pengobatan seperti dengan kemoterapi, pembedahan, serta radiasi sangat sulit dapat di obati.  Namun apabila dalam kondisi sehat maka semua pengobatan bisa membantu agar dapat bertahan hidup yang lebih lama.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates