Sunday , 23 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Waspada terhadap Gejala Kanker Lambung

Waspada terhadap Gejala Kanker Lambung

Waspada terhadap Gejala Kanker Lambung

Waspada terhadap Gejala Kanker Lambung

Waspada terhadap Gejala Kanker Lambung

Waspada terhadap Gejala Kanker Lambung – Lambung adalah salah satu sistem perncernaan pada manusia. Organ lambung mempunyai bentuk yang mirip dnegan huruf J, letak lambung di diantara bagian akhir pada esofagus serta di bagian awal pada usus halus. Lambung di dalam tubuh dapat menjalankan fungsinya pada saat ada makanan yang masuk ke dalam perut. Adapun beberapa fungsi dari organ lambung yaitu sebagai media untuk menyalurkan hasil pengolahan makanan dengan bentuk cair ke bagian usus dua belas jari, untuk tempat menampung makanan yang masuk sampai beberapa lama, untuk tempat dalam mengubah protein yang ada di dalam makanan dengan bentuk pepton, dan masih banyak fungsi yang lainnya.Mengingat perannya sangat penting, dengan demikian organ pencernaan ini akan rentan mengalami gangguan yang bisa menghambat fungsinya. Gangguan yang dapat terjadi salah satunya kanker lambung, berikut merupakan gejala kanker lambung, diantaranya:

1. Perut Terasa Mulas atau Sakit
Sakit perut maupun rasa mulas akan dialami pada penderita kanker lambung dimana gejala ini akan terjadi secara berkepanjangan tanpa adanya sebab yang jelas. Terlebih apabila nyeri perut yang dirasakan di sebelah kiri. Hal tersebut bisa terjadi akibat adanya pertumbuhan yang abnormal di lambung dengan demikian bisa mengakibatkan rasa sakit pada perut.

2. Kehilangan Nafsu Makan
Nafsu makan akan menurun bahkan menghilang secara tiba – tiba yang bisa mengindikasikan terdapat sel kanker sedang tumbuh dalam organ lambung. Oleh sebab itu, jangan sampai diabaikan apabila mengalami gejala ini secara berkepanjangan. Menurunya nafsu makan bisa disebabkan karena rasa nyeri dalam perut di bagian atas sehingga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di bagian perut. Rasa tidak nyaman tersebut dapat dirasakan sudah makan.

3. Pendarahan Gastrointestinal
Pendarahan saluran cerna atau gastrointestinal merupakan suatu pendarahan yang bisa terjadi di sepanjang saluran pencernaan yang di mulai dari mulut sampai bagian anus. Pendarahan gastrointestinal dapat diawali dengan mengalami peradangan di bagian lambung pada waktu yang cukup lama serta tidak diobati. Hematemesis atau muntah darah dan tinja berwarna hitam serta akan bercampur dengan darah merupakan salah satu gejala pendarahan gastrointestinal.

4. Perut Kembung dan Sering Bersendawa
Rasa kembung dalam lambung merupakan gejala yang dapat terjadi pada penderita penyakit maag. Akan tetapi rasa kembung juga akan dialami  pada penderita kanker lambung dimana lambung penderitanya sedang digerogoti oleh adanya sel kanker. Selain timbulnya perut yang kembung, frekuensi bersendawa juga akan semakin meningkat yang merupakan indikasi penyakit kanker lambung.

5. Cepat Kenyang Saat Makan
Sel kanker yang akan tumbuh di bagian organ lambung yang dapat membuat lambung akan terasa penuh dengan demikian penderitanya dapat merasa cepat kenyang, terlebih pada saat ditambah bersama masuknya asupan makanan.

6. Mual dan Muntah
Rasa mual bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Akan tetapi rasa mual tersebut juga dapat menjadi tanda awal penyakit kanker lambung. Rasa mual yang akan terjadi bisa diakibatkan karena lambung dalam keadaan yang tidak baik serta tidak bisa berfungsi dengan optimal sebagai akibat sel – sel kanker yang ada di dalamnya. Dampaknya makanan yang masuk ke dalam lambung tidak bisa diterima secara baik sehingga bisa mengakibatkan perut akan terasa mual bahkan sampai muntah.

7. Sulit Menelan Makanan
Gejala penderita kanker lambung pada stadium awal akan mengalami rasa sulit pada saat menelan makanan. Hal tersebut bisa terjadi akibat penderita merasakan kondisi lambungnya yang seolah -olah sudah penuh, dengan demikian akan sulit makanan untuk masuk.

8.  Nafas yang Kurang Sedap
Nafas dengan aroma kurang sedap berkaitan dengan kesehatan mulut. Hasil penelitian menjelaskan bahwa bau mulut juga adalah salah satu gejala penyakit kanker lambung.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates