Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Menggigil tanpa Disertai Demam

Ketahui Penyebab Menggigil tanpa Disertai Demam

Ketahui Penyebab Menggigil tanpa Disertai Demam

Ketahui Penyebab Menggigil tanpa Disertai Demam

Ketahui Penyebab Menggigil tanpa Disertai Demam

Ketahui Penyebab Menggigil tanpa Disertai Demam -Tubuh bisa menggigil pada saat sedang sakit ataupun pada saat tubuh dalam keadaan demam. Menggigil atau dengan istilah medisnya yaitu upaya tubuh dalam meningkatkan suhu tubuh. Maka tubuh mengalami menggigil dengan demikian suhu tubuh ada di bawah suhu normal.  Pada saat suhu tubuh yang rendah, hipotalamus dapat mengirimkan sinyal agar dapat meningkatkan suhu tubuh. Sinyal yang akan dikirimkan oleh bagian hipotalamus dapat direspon oleh tubuh yang berupa menggigil serta dapat meningkatkan metabolisme secara basal. Pada saat menggigil, dimana otot – otot rangka dapat berkontraksi agar bisa menghasilkan panas tubuh.Sehingga penyebab umum badan mengalami menggigil yakni tubuh yang tidak sehat serta tubuh yang mengalami demam. Namun selain itu terdapat kasus dimana kondisi mengigil juga akan disertai tanpa adanya demam. Berikut merupakan faktor penyebab tubuh yang menggigil akan tetapi tidak disertai dengan demam, diantaranya:

1. Pola Makan Tidak Teratur
Pola makan merupakan salah satu faktor yang akan sangat berpengaruh pada mekanisme tubuh untuk bekerja. Pola makan yang kurang dapat membuat tubuh akan menjadi tidak sehat, bahkan dapat menjadi faktor utama terjadinya berbagai jenis penyakit. Tubuh yang menggigil tanpa diikuti dengan kondisi demam dapat diakibatkan oleh faktor pola makan yang tidak teratur. Dengan pola makan yang tidak teratur dapat mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan berbagai macam nutrisi dalam membantu kinerja tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas.

2. Memasuki Masa Menopause atau Sedang Hamil
Wanita hamil ataupun memasuki masa menopause dapat menyebabkan tubuh menggigil. Dimana pada saat hamil ataupun memasuki masa menopause, maka tubuh dapat mengalami kondisi produksi hormon yang tidak seimbang. Pada saat kadar estrogen yang terlalu tinggi maka tubuh bisa menimbulkan gejala yang bisa menurunkan suhu tubuh. Dampaknya, bisa lebih sering untuk mengalami kedinginan serta tubuh akan mengalami menggigil supaya suhu tubuh bisa mengalami peningkatan. Dengan demikian ketidakseimbangan pada hormon estrogen adalah sala satu penyebab menurunnya suhu tubuh pada wanita yang akan memasuki masa menopause atau sedang hamil.

3. Tekanan Darah Terlalu Rendah atau Terlalu Tinggi
Tubuh yang menggigil tanpa disertai demam dapat diakibatkan hipertensi atau tekanan darah yang tinggi dan juga hipotensi atau terlalu rendah. Pada saat tekanan darah yang terlalu tinggi, maka penyebaran darah yang terjadi ke seluruh bagian tubuh khususnya ke daerah ekstrimitas misalnya pada tangan serta kaki bisa mengalami kesulitan. Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi akan mengalami penyumbatan terhadap pembuluh darah dengan demikian penyebaran terhadap darah tidak dapat dilakukan secara optimal.

4. Konsumsi Obat-obatan
Akibat konsumsi obat dapat menimbulkan beberapa efek samping yakni salah satunya tubuh akan mengalami menggigil. Apabila sering menggigil namun tidak disertai dengan kondisi demam, sehingga harus memperhatikan kebiasaan dalam mengkonsumsi obat – obatan.

5. Gangguan Kelenjar Tiroid
Apabila sering mengalami menggigil kemudian disertai dengan berat badan yang naik, kemungkinan besar terjadi gangguan pada hormon tiroid. Terutama apabila sudah olahraga serta melakukan diet dengan tepat akan tetapi keadaan tubuh tidak membaik. Ketidakseimbangan pada hormon tiroid dapat mengakibatkan metabolisme pada tubuh menjadi menurun dengan demikian suhu tubuh secara otomatis dapat menurun. Kondisi tersebut dapat megakibatkan tubuh menggigil.6. Sistem Kekebalan Tubuh Menurun
Adapun penyebab lain yang dapat memicu tubuh menjadi menggigil yakni imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang rendah. Pada saat tubuh terasa kedinginan kemungkinan terdapat toksin yang masuk ke dalam bagian tubuh serta imunitas atau sistem kekebalan tubuh tidak dapat menangani secara optimal. Dampaknya tubuh akan merasa lebih dingin serta akan mengalami menggigil.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates