Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Tips Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Tips Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Tips Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Tips Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Tips Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari – Rasa kantuk yang terjadi di pagi hari, menyebabkan malas untuk melakukan aktivitas. Mengantuk merupakan sesuatu hal yang wajar, apalagi jika tubuh terasa letih serta lelah. Namun hal tersebut dapat berbahaya apalagi jika kondisi ngantuk sedang dalam membawa kendaraan. Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan rasa ngantuk di waktu pagi hari. Agar tidak dapat merugikan diri sendiri, maka harus menyiasati keadaan ngantuk di waktu pagi hari, apalagi jika sudah sangat sering merasakan kantuk. Berikut merupakan beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk di pagi hari, diantaranya:1. Mematikan Lampu sebelum Tidur
Usahakan setiap sebelum tidur, tidak ada salahnya membiasakan diri untuk mematikan lampu sebab cahaya lampu dengan sangat terang dapat mengganggu kualitas tidur. Tidak hanya itu, cahaya dari lampu yang terlalu terang juga akan membuat kinerja mata bisa lebih keras dengan demikian bisa lebih susah untuk tidur. Untuk intensitasi dari cahaya dengan lebih rendah, maka dapat menggunakan lampu tidur.

2. Menjauhkan Diri dari Alat Elektronik sebelum Tidur
Sebelum tidur malam, alangkah baiknya untuk menghindari alat – alat elektronik, khususnya ponsel serta komputer. Bahkan Televisi serta jenis alat yang lainnya yang memiliki radiasi tinggi alangkah baiknya dihindari. Sebab alat – alat elektronik ini dapat memicu rasa cepat lelah terhadap tubuh kita.

3. Mengatur Kualitas Tidur Malam
Pastikanlah untuk memperoleh tidur cukup di waktu malam hari supaya di pagi hari tidak terasa ngantuk. Tidur yang berkualitas yakni selama 7 sampai 9 jam dalam satu harinya, sehingga apabila terlalu sering kurang tidur dengan demikian di waktu pagi pada saat bangun dapat merasa lebih mudah ngantuk.

4. Menghindari Tidur Siang
Agar dapat memperoleh kualitas tidur dengan baik serta waktu pagi tidak terasa ngantuk, maka usahakan hindari tidur siang.

5. Minum Air Putih setiap Bangun Tidur
Agar dapat menghilangkan ngantuk di waktu pagi hari, maka harus membiasakan untuk minum air putih dua gelas pada saat bangun tidur. Di waktu tidur malam, maka cairan tubuh akan serta agar dapat mengembalikan kadarnya kembali, dengan demikian membutuhkan minum air putih. Air putih yang dingin lebih dianjurkan karena memang jauh lebih menyegarkan tubuh dibandingkan minum yang air hangat.

6. Menahan Napas
Supaya tidak mudah mengantuk di waktu pagi hari, dapat dilakukan dengan mencoba untuk menarik nafas secara dalam – dalam dari hidung, dengan menahan selama beberapa detik yang sesuai dengan kemampuan pernafasannya, kemudian hembuskan dengan melalui mulut. Pada saat mengeluarkan nafas dari mulut, maka lakukan dengan perlahan serta jangan langsung untuk dikeluarkan dengan seluruhnya.

7. Meregangkan Tubuh
Pada saat rasa ngantuk dialami di waktu pagi hari, lakukanlah peregangan tubuh setiap pagi. Peregangan tubuh akan sangat berguna untuk meningkatkan hormon endorfin yang sekaligus dapat membuat aliran darah akan menjadi lebih lancar. Hal tersebut dapat membuat tubuh akan lebih bertenaga serta dapat menghilangkan rasa ngantuk dengan efektif.

8. Selalu Sarapan
Sarapn di waktu pagi hari sanatlah penting, sebab dengan sarapan maka secara otomatis tubuh dapat lebih bertenaga untuk menjalankan aktivitas. Namun hindari sarapan yang berlebihan atau terlalu banyak,  terutama makan nasi ataupun makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sebab dapat membuat mata semakin ngantuk. Mengkonsumsi sereal, susu, roti gandum, dan juga buah – buahan misalnya pisang serta pepaya lebih dianjurkan.

9. Berjemur
Berjemur merupakan cara yang alami serta tepat untuk mendapatkan asupan lebih berupa vitamin D. Akan tetapi selain bisa memperoleh vitamin D yang tinggi juga dapat menghilangkan rasa ngantuk di waktu pagi hari. Sinar matahari waktu pagi merupakan sinar yang terbaik agar aliran darah menjadi semakin lancar juga supaya tulang lebih kuat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates