Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » 3 Alasan Mematenkan Merek Bisnis

3 Alasan Mematenkan Merek Bisnis

3 Alasan Mematenkan Merek Bisnis

3 Alasan Mematenkan Merek Bisnis

3 Alasan Mematenkan Merek Bisnis

3 Alasan Mematenkan Merek Bisnis – Sebagian dari banyak masyarakat pelaku usaha Anda masih belum terlalu aware mengenai masalah merk. Mulai dari karena masih belum terlalu paham mengenai pentingnya sebuah merek, malas dalam mengurus, dan juga berbagai macam penyebab lainnya. Padahal tidak sedikit dari kasus atau juga sengketa bisnis yang terjadi karena adanya masalah mengenai merek bisnis. Dari banyaknya pengertian mengenai merek, bisa disimpulkan bahwa Merek ialah segala tanda yang baik itu adalah berupa gambar, kemudian nama, lalu kata, angka – angka, huruf, susunan atau juga kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang melekat di dalam sebuah bisnis dan atau juga produk, serta mempunyai daya pembeda dan juga digunakan di dalam kegiatan perdagangan berupa barang dan juga jasa. Di zaman digital pada saat ini, apalagi jika di tengah menjamurnya sebuah bisnis baru. Maka pentingnya mengenai sebuah merek akan benar – benar sangat terasa. Seperti beberapa macam alasan yang perlu untuk Anda coba pertimbangkan di bawah ini :

1. Banyaknya kompetitor dengan berbagai ciri yang memang hampir mirip
Salah satu dari fungsi utama dari sebuah merek ialah supaya konsumen bisa mencirikan suatu produk sehingga bisa dibedakan dari produk lain yang serupa atau juga yang mirip. Bila toko Anda tidak mempunyai merek yang begitu kuat, bukan tidak mungkin jika pelanggan Anda akan mampir ke dalam toko lain yang memang mungkin mereka pikir itu ialah toko Anda. Dengan cara membuat merek yang mempunyai ciri khusus dan juga berbeda dari yang lain, maka untuk sebuah produk akan bisa semakin mudah untuk dapat dikenali.

2. Reputasi mengenai sebuah merek dapat meningkatkan dari harga jual produk
Merek memang termasuk ke dalam Aset yang Intangible di dalam sebuah bisnis. Bila sebuah merek telah mempunyai reputasi yang begitu bagus maka ia akan mempunyai sebuah harga yang memnag disebut di dalam brand value, misalkan saja adalah saat ini merek Coca-cola mempunyai brand value atau nilai senilai lebih dari angka 56 milyar, Aplle mempunya nilai lebih tinggi lagi yaitu sekitar angka 124 milyar. Bahkan di dalam kasus yang sederhana saja bisa Anda cermati mengenai kekuatan dari sebuah merek di dalam mempengaruhi suatu harga. Misalkan saja adalah kaos A dan juga kaos B terbuat dari bahan yang tergolong sama, namun tentu akan beda harga jualnya saat kaos A ditambahi dengan sablon dengan logo Nike dan juga kaos B dengan logo yang masih terlihat asing. Maka dengan mempunyai merek dan juga membangun reputasi dari merek Anda, maka itu akan bisa atau mampu menjadi aset yang sangat berharga untuk kelangsungan bisnis Anda.

3. Sistem pendaftaran merk yang fisrt to file
Pada saat ini peraturan mengenai pendafatraan, penggunaan dan juga perlindungan merek di negara Indonesia dikelola oleh Ditjen HAKI. Prosedur mengenai pendaftaran merek pada saat ini memberlakukan yang namanya sistem First To File, yaitu sebuah merek akan bisa diberikan haknya kepada pihak yang memang pertama kali melakukan kegiatan pendaftaran mereknya ke Ditjen HAKI. Meskipun mungkin saja untuk merek tersebut telah dipakai sejak lama oleh para pihak lain yang memang kurang aware dan juga tidak segera untuk mendaftarkan mereknya.

Jadi untuk Anda yang pada saat ini sudah memiliki yang namanya merek bisnis dan juga bahkan telah mulai mempunyai reputasi mengenai merek yang baik. Segera Anda coba cara untuk daftarkan merek dari bisnis usaha Anda tersebut, sebelum ada dari pihak lain yang baik itu disengaja atau juga tidak menggunakan sebuah merek yang telah Anda gunakan pada saat ini oleh karena itu alangkah baiknya Anda patenkan merek dari produk atau bisnis Anda supaya bisa menjaga eksistensi bisnis Anda.

Mungkin sekian mengenai informasi 3 alasan mematenkan merek bisnis yang bisa kami sampaikan di atas, semoga apa yang menjadi isi dari artikel di atas dapat memberikan pemahaman dan manfaat bagi para pembaca sekalian serta kami ucapkan terimakasih banyak karena sudah mau menyempatkan waktunya untuk membaca artikel 3 alasan mematenkan merek bisnis. Salam sukses bagi kita semua…

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates