Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » 6 Program Pemasaran Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

6 Program Pemasaran Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

6 Program Pemasaran Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

6 Program Pemasaran Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

6 Program Pemasaran Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

6 Program Pemasaran Meningkatkan Loyalitas Pelanggan – Mengapa Anda perlu untuk membuat sebuah program loyalitas pelanggan? telah menjadi suatu rahasia umum bahwa biaya untuk mencoba mendatangkan para calon pembeli dan juga mengubahnya menjadi pembeli biayanya dapat mencapai 5 sampai dengan 7x lipat dibandingkan dengan menjual kepada orang yang sudah pernah membeli produk Anda.

Artinya selain tetap mencoba berusaha untuk memperluas pasar dengan cara mendatangkan banyak calon pembeli yang baru. Anda juga perlu memberikan perhatian yang lebih kepada orang yang memang sudah pernah membeli produk Anda sebelumnya atau juga biasa disebut dengan seorang pelanggan. Sebuah program loyalitas atau kesetiaan pelanggan sangat benar – benar diperlukan untuk bisa menjaga pelanggan supaya tetap engage dan juga loyal terhadap produk Anda dan juga bahkan dapat menjadi brand advocate bisnis Anda.

Ada banyak sekali cara atau juga ide program loyalitas pelanggan. Namun di dalam kesempatan ini saya akan mencoba untuk berikan setidaknya 6 Ide mengenai Program Loyalitas Pelanggan :

1. Membership
Mengikat para pelanggan dengan program ini benar – benar terbukti efektif di dalam berbagai perusahaan. Biasanya dengan cara menjadi member seorang pelanggan akan mampu mendapatkan beberapa macam keuntungan atau juga penawaran yang menarik lainnya. Program ini juga akan cocok untuk setiap perusahaan jenis B2B yang bisnisnya memang bergantung pada pembelian yang berulang dan juga berjangka pendek.

2. Sistem point
Program loyalitas atau kesetiaan ini banyak digunakan oleh par perusahaan ritel dimana frekuensi dari pembeliannya juga cukup sering namun nilainya terbilang kecil. Pelanggan nanti akan diberikan point setiap kali mereka membeli dan juga berkesempatan mendapatkan hadiah atau juga reward yang menarik bila mereka sudah mencapai jumlah dari point tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Program ini memang biasanya Anda temui di sebuah supermarket, di restoran, di tempat pencucian kendaraan dan lain sebagainya.

3. Tier system
Program ini merupakan kombinasi antara sistem point serta membership. Hanya saja di dalam program ini member akan diklasifikasikan kembali berdasarkan tingkat dari lotalitas mereka dengan apa yang bisa perusahaan berikan dan juga biasanya akan diperuntukan untuk melakukan pembelian dengan nilai dan juga komitmen yang tinggi. Misalkan adalah kartu pelanggan silver, kemudian kartu gold serta platinum di dalam sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penerbangan.

4. Cross selling dan juga kolaborasi dengan perusahaan lain
Selain bisa meningkatkan jumlah penjualan dan juga memperluas pasar. Cross selling juga bisa meningkatkan loyalitas atau kesetiaan pelanggan terhadap sebuah bisnis. Bila perusahaan Anda tidak mempunyai banyak variasi atau macam produk, maka Anda juga dapat berkolaborasi dengan pihak perusahaan lain. Hal ini akan mampu menanamkan positioning yang begitu kuat di dalam benak konsumen Anda bahwa yang namanya brand Anda akan memberikan apapun yang benar – benear mereka butuhkan.

5. Menambahkan sosial value atau nilai sosial
Salah satu keuntungan bila Anda telah mengenal betul siapa pelanggan Anda, dari sana Anda bisa memahami betul apa mengenai nilai yang dianggap begitu penting oleh mereka. Rasa kemanusiaan, keinginan untuk bisa berkontribusi dan juga kehidupan sosial adalah hal-hal yang bisa Anda maksimalkan untuk bisa meningkatkan loyalitas atau kesetiaan pelanggan. Misalkan saja ialah perusahaan yang bernama Aqua yang mana pada saat ini sedang gencar dengan melakukan kampanye sosial yang bisa di temukan di negara Indonesia. Mereka akan mengajak pelanggannya untuk bisa lebih mencintai negara Indonesia.

6. Komunitas
Menciptakan serta merawat komunitas atau kelompok pelanggan yang telah ada adalah merupakan sebuah cara yang tegolong paling jitu yang ada saat ini untuk bisa atau mampu menjaga hubungan dan juga bisa meningkatkan suatu loyalitas atau kesetiaan dari pelanggan. Misalkan saja adalah komunitas mobil Honda Jazz, lalu Paguyuban Moge, atau juga yang saat ini sedang booming ialah komunitas atau kumpulan My Trip My Adventure. Semakin kuat komunitas tersebut maka akan semakin kuat loyalitas atau kesetiaan mereka terhadap sebuah produk perusahaan.

 

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates