Tuesday , 23 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mempertajam Organ Pendengaran Secara Alami

Cara Mempertajam Organ Pendengaran Secara Alami

Cara Mempertajam Organ Pendengaran Secara Alami

Cara Mempertajam Organ Pendengaran Secara Alami

Cara Mempertajam Organ Pendengaran Secara Alami

 

Cara Mempertajam Organ Pendengaran Secara Alami – Cara Alami Mempertajam Pendengaran. Organ pendengaran salah satu alat keseimbangan yang mempunyai peran penting yang harus selalu diperhatikan kesehatannya. Banyak cara mempertajam sistem pendengaran secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita.

Tetapi tidak semua orang memanfaatkan dan memperhatikan dengan cara alami tersebut. Mempertajam sistem pendengaran bukanlah suatu perkara yang gampang. Maka dari itu, mulai saat ini perhatikan kesehatnnya dengan baik dan benar.

Terkadang yang terjadi pada pendengaran bisa terjadi karena pengaruholeh faktor-faktor tertentu. Beberapa faktor tersebut meliputi faktor genetik, gaya hidup yang tidak sehat dan faktor-faktor lainnya.

Mengkonsumsi obat-obatan kimiawi dalam jangka panjang juga menjadi faktor utama timbulnya daya tangkap pendengaran yang semakin melemah. Untuk mengatasi hal tersebut, mengggunakan bahan-bahan alami dapat berperan untuk meningkatkan ketajaman sistem pendengaran.

Bahan-bahan alami  dilingkungan kita yang bermanfaat guna mempertajam sistem pendengaran ialah sebagai berikut :

Vitamin B12
Vitamin B12 ini memiliki fungsi yang baik untuk meningkatkan sistem pendengaran dengan cara mengendalikan produksi sel darah merah, dan mencegah timbulnya tinnitus serta mampu menurunkan produksi homosistein berlebih yang menjadi penyebab gangguan pendengaran. Sumber vitamin B12 yang baik dapat ditemukan dari bahan-bahan alami yaitu susu, telur, daging sapi tanpa lemak dan kerang.

Vitamin D
Vitamin D ini biasa dikenal untuk penyerapan kalsium pada tulang. Kesehatan ulang ada kaitannya dengan sistem pendengaran. Kurangnya mengkonsumsi vitamin D itu mengakibatkan terjadinya penyakit osteopenia. Osteopenia merupakan proses terjadinya pengerasan dan timbulnya pori-pori pada tulang dalam telinga sehinga menyebabkan hilangnya pendengaran.

Sumber vitamin D yang terbaik dapat ditemukan pada sinar matahari pagi, minyak ikan salmon, makarel, ikan tuna, minyak ikan cod, hati, dan kuning telur.

Folat
Peran dari Asam folatini merupakan untuk membantu menghasilkan sel-sel baru serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Peredarah darah yang baik dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan telinga.
Sumber-sumber asam folat yang baik dapat ditemukan pada hati, bayam, sereal, brokoli, asparagus, kacang hijau, buah alpukat, selada, kacang, buah pepaya, jus tomat, telur, buah stroberi, buah pisang, dan buah melon.

Kalium
Kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan jumlah kadar cairan dalam darah. Sehingga kadar cairan bagian dalam telinga dapat terkontrol.

Sumber penghasil kalium yang baik dapat ditemukan pada umbi kentang, bayam, buah tomat, kismis, aprikot, buah pisang, buah melon, buah jeruk, yogurt dan jenis susu rendah lemak.

Magnesium
Magnesium ini diperlukan telinga untuk melindungi telinga dari ganguan radikal bebas dan  melindungi dari paparan suara keras sehingga gangguan pendengaran dapat terminimalisir. menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa rendahnya tingkat magnesium mampu mengakibatkan penyusutan pembuluh darah di dalam telinga sehingga merampas oksigen dalam jumlah banyak dan mengakibatkan telinga mudah tuli.

Bahan-bahan yang banyak mengadung sumber magnesium adalah buah pisang, kentang, bayam dan brokoli.

Mangan
Mangan termasuk jenis mineral makro yang dapat berperan untuk meningkatkan ketajaman sistem pendengaran. Magnesium memiliki kinerja untuk memastikan fungsi otak dan saraf berjalan dengan baik       .
Sumber mineral mangan dapat ditemukan pada buah apel, buah nanas, aprikot, buah alpukat, kacang-kacangan, kismis, seledri, dan kuning

Omega-3
Omega 3 termasuk jenis asam lemak yang memiliki peran penting pada telinga yakni untuk menigkatkan jalinan komunikasi antara otak dan telinga. Sehingga mencegah hilangnya kemampuan pendengaran. Selain itu,. kandungan omega 3 juga dapat mencegah terjadinya peradangan dan memastikan bahwa pesan-pesan antara otak dan telinga dikirim secara efektif.

Beberapa sumber  omega 3 yang baik dapat ditemukan ikan, tahu, udang, kenari, daging sapi, kedelai, biji rami, dan kembang kol.
Seng

Mineral jenis seng atau Zinc bisa berperan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat membantu untuk mencegah terjadinya infeksi pada telinga.

Beberapa sumber makanan yang banyak mengandung zinc dapat ditemukan pada kacang polong, kacang tanah, cokelat hitam,  kacang mete, kacang almond, lentil, tiram, daging sapi dan ayam.

Beberapa bahan alami tersebut diatas merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya baik bagi sistem pendengaran juga tetapi dapat berperan untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates