Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

 

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami – Mata merupakah salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada kita sebagai hamba-Nya. Mata merupakan organ tubuh yang tak bernilai harganya. Tidak ada seorangpun didunia ini yang ingin kehilangan matanya. Tanpa mata, dunia akan berasa gelap dan tak berwarna. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita harus terus menjaga kesehatan mata kita.

Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk kita lakukan. Menjaga kesehatan mata tidak boleh asal dilakukan. Kita harus mengetahui betul bagaimana cara menjaga kesehatan mata supaya selalu sehat sepanjang masa.

Sedikit informasi yang dapat ditulis mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan mata dari hal-hal kecil memungkinkan dapat mengganggu kesehatan mata. Beberapa cara merawat kesehatan mata dibawah ini seharusnya bisa anda lakukan dengan mudah di rumah.

Menjaga kesehatan mata tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. Hanya dengan beberapa cara sederhana, kesehatan mata dapat tetap terjaga. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mata kita yang harus diketahui.

Pencahayaan Yang Cukup
Penerangan sangat penting bagi kesehatan mata, jadi diusahakan semaksimal mungkin memberikan penerangan saat suasana gelap. Ketika membaca buku dibutuhkan pencahayaan yang terang dan cukup. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata kita dari kemungkinan terjadinya gangguan pada mata. Apabila tak memperhatikan hal tersebut dapat memberikan peluang besar mata mudah mengalami masalah kesehatan.

Menghindari Membaca Sambil Tiduran
Terkadang setiap orang tidak memperhatikan hal ini, sekalipun setiap hari sering membaca dengan posisi sambil tiduran. Kita belum menyadari bahwa membaca dengan posisi sambil tiduran mampu mengakibatkan kelainan pada mata. Sebaiknya mulai sekarang diusahakan mengindari kebisaan buruk seperti membaca dengan posisi tiduran agar mata kita terhindar dari gangguan penyakit Miopi.

Memperhatikan Jarak Pandang Saat Membaca Buku
Menjaga jarak pandang ketika membaca buku menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Jarak pandang saat membaca buku juga ada batas-batasnya agar kesehatan mata tetap normal. Jarak pandang yang ideal ketika membaca buku ialah 25 cm sampai dengan 30 cm. Hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan rabun dekat.

Mengistirahatkan Mata Yang cukup
Saat ini komputer, laptop atau handphone memang tidak bisa terlepas dari kegiatan kita. Bahkan setiap pekerja kantoran atapun pelajar sangat membutuhkan media elektronik tersebut. Namun saat bekerja menggunakan dengan komputer sesegera mungkin mengistirahatkan mata kita dari layar komputer atau laptop. Caranya adalah memejamkan mata atau memandang benda-benda lainnya selain layar komputer. Kita tidak boleh memaksakan mata kita untuk bekerja terus-menerus jika mata mulai kecapaian. Hal tersebut bertujuan guna menjaga kesehatan mata dari gangguan rabun jauh maupun rabun dekat.

Segera Kedipkan Mata
Mengedipkan mata merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan mata. Berkedip dapat memberikan perlindungan mata dari kekeringan serta masalah mata lainnya. Saat mata kita fokus melihat sesuatu dalam jangka waktu lama sebaiknya ditambah intensitas frekuensi waktu berkedip agar mata kita selau sehat dan terhindar gangguan masalah mata.

Tidak Mengusap Mata Sembarangan
Mengusap mata sembarangan dengan kondisi tangan kotor dapat membuat kuman bibit penyakit berkembang. Sehingga mata akan mudah terserang berbagai macam penyakit pada mata. Sebaiknya bersihkan dahulu tangan anda dari kotoran-kotoran yang menempel pada tangan sebelum mengusap mata. Agar mata tetap sehat steril dari bakteri atau kuman penyebab penyakit mata.

Mengkonsumsi Vitamin Mata
Setiap organ tubuh memerlukan vitamin sesuai dengan kandungan dan kegunaannya. Vitamin mata berbeda dengan vitamin untuk ginjal atau organ lainnya. Begitu banyak ahli kesehatan yang menyarankan guna selalu mengkonsumsi vitamin A supaya kesehatan mata tetap terjaga.

Vitamin A memang memberikan peran utama dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat kita temukan pada sayuran seperti wortel dan jenis syuran lainnya serta buah-buahan. Selain jenis Vitamin A, Vitamin C juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata.

Peran Vitamin C ialah berguna sebagai meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Vitamin C ini dapat kita temukan pada buah jeruk, dan buah naga. Khasiat buah naga dan khasiat buah jeruk memang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Demikian Cara Menjaga Kesehatan Mata semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates