Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Sumber Vitamin B9

Ketahui Sumber Vitamin B9

Ketahui Sumber Vitamin B9

Ketahui Sumber Vitamin B9

Ketahui Sumber Vitamin B9

Ketahui Sumber Vitamin B9 – Vitamin B9 atau disebut dengan  Asam Folat adalah salah satu jenis vitamin yang sangat penting khususnya untuk wanita hamil. Pada wanita hamil, asam folat ini berguna untuk membantu perkembangan pada otak janin, dengan demikia dapat mencegah terjadinya bayi lahir cacat. Wanita hamil memerlukan setidaknya 400 mcg sampai 600 mcg asam folat dalam setiap harinya.Akibat kekurangan vitamin B9 bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan misalnya anemia, diare, sariawan sampai meningkatkan resiko bayi lahir cacat. Berikut ini merupakan jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber vitamin B9, diantaranya:

1. Alpukat
Alpukat di dalamnya memiliki kandungan asam folat yakni sebanyak 90 mcg per cangkirnya atau yang setara dengan 22% untuk kebutuhan tubuh. Bahkan buah alpukat memiliki kandungan serat yang diperlukan oleh tubuh, vitamin K serta asam lemak.

2. Pepaya
Pepaya memiliki kandungan vitamin B9 akan tetapi kandungannya tidak sebanyak dalam jeruk. Asam folat dalam satu buah pepaya memiliki kandungan asam folat yakni sebanyak 115 mcg.

3. Jeruk
Jeruk banyak orang mengetahuinya kaya dengan kandungan vitamin C -nya. Namun tidak hanya kandungan vitamin c saja, buah jeruk juga memiliki kandungan asam folat, dan ternyata dalam buah jeruk juga memiliki kandungan asam folat paling banyak yakni 1 buah jeruk dapat mengandung 50 mcg asam folat.

4. Jeruk Bali
Berbeda dengan jeruk dengan jenis yang biasa, jeruk bali memiliki kandungan asam folat yakni sebanyak 30 mcg dengan takaran 1 buahnya.

5. Stroberi
Buah stroberi dengan rasanya yang kecut, Dalam 1 cangkirnya memiliki kandungan sebanyak 25 mcg asam folat.

6. Raspberi
Dalam 1 cangkir rasberi memiliki kandungan 14 mcg asam folat. Meskipun kadar asam folatnya yang rendah, rasberi apat dijadikan sebagai buah alternative untuk pemenuhan vitamin B9.

7. Kentang
Kentang untuk komoditi perdagangan dapat dibedakan menjadi beberapa tingkataan atau kelas, misalnya A, kelas B untuk kelas terbaik, kelas C, kelas D untuk kualitas yang buruk. Kentang sesuai ukuran yang sedang memiliki kandungan asam folat yakni sebanyak 30 mcg.

8. Jagung
Dalam satu cangkir jagung masak atau jagung dengan rebus bisa memiliki kandungan sebanyak 76 mcg asam folat. Dengand demikian dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B9 sampai 20%.

9. Bayam
Bayam merupakan jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam meu makanan sehari – hari. Selain dapat memperolehnya dengan mudah serta harganya murah, pengolahanyya pun tidak harus memerlukan keahlian khusus. Dalam 1 cangkir sayur bayam memiliki kandngan asam folat yakni sebanyak 263 mcg.

10. Asparagus
Konsumsi asparagus dapat memenuhi kebutuhan asam folat. Dimana dalam 1 cangkir asparagus memiliki kandungan 262 mcg asam folat. Dengan demikian sudah dapat memenuhi setengah kebutuhan harian. Selain itu sebagai asam folat, asparagus juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, dan A.11. Brokoli
Mengkonsumsi brokoli artinya sudah mengusahakan supaya racun – racun dalam tubuh keluar dari tubuh. Sebab brokoli dapat berguna sebagai anti detoks yang sangat bagus. Dengan mengkonsumsi 1 cangkir brokoli maka sudah mencukupi kebutuhan setidaknya 24% asam folat.

12. Kembang Kol
Kol kembang merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan vitamin C namun terdapat juga kandungan asam folat. Dengan mengkonsumsi kol kembang dalam satu cangkir maka bisa memenuhi asam folat sebanyak 55 mcg yang setara dengan keperluan tubuh yakni sebanyak 14%.

13. Seledri
Seledri merupakan jenis sayuran yang berguna untuk membantu penyakit batu ginjal. Seledri mempunyai banyak kandungan asam folat. Dimana dalam 1 cangkir seledri, memiliki kandungan asam folat yakni sebanyak 34 mcg atau yang setara dengan 8% untuk kebutuhan seledri harian.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates