Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan – Sekarang ini, gandum merupakan salah satu bahan pangan yang sangat populer di mata masyarakat. Beberapa pakar dan ahli gizi juga menyarankan untuk mengkonsumsi gandum pada saat hamil, menyusui, ataupun saat sedang menjalankan program diet.

Pada awalnya, gandum merupakan bahan pokok makanan yang sering dikonsumsi oleh orang di negara-negara eropa maupun amerekia. Berbeda dengan Indonesia yang gemar mengkonsumsi nasi. Sampai-sampai ada pepatah “belum sarapan atau makan bila belum memakan nasi”. Bukan hal aneh memang bila mendengar perkataan seperti itu. Perut yang terbiasa mengkonsumsi nasi saat sarapan, makan siang ataupun makan malam, sehingga perut akan terasa masih lapar jika hanya makan sepotong roti.

Bagi orang yang sudah biasa mengkonsumsi roti saat sarapan mungkin tidak akan bermasalah, namun berbeda bagi orang yang terbiasa mengkonsumsi nasi.

Meskipun nasi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun kadar glukosa yang terdapat di dalam nasi seringkali menjadi kambing hitam penyebab seseorang menderita diabetes melitus. Oleh karena itulah beberapa pakar menyarankan untuk mengganti atau beralih dengan mengkonsumsi gandum.

Bagi anda yang sedang mencoba merubah pola makan atau beralih ke gandum, berikut ini beberapa manfaat yang akan anda peroleh apabila mengkonsumsi gandum setiap hari.

Manfaat gandum bagi kesehatan tubuh

Supaya tidak salah dalam mengetahui manfaat dan khasiat dari gandum, kami beritahu rincian penjelasan tentang beberapa fungsi biji ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Mencegah penyakit diabetes
Khasiat gandum yang pertama yaitu sebagai biji yang dapat mencegah penyakit diabetes. Kandungan gula yang terdapat pada biji ini cenderung lebih alami daripada gula biasa yang sering Anda konsumsi. Gejala diabetes akan dengan mudah dicegah dan kadar gula dalam darah Anda tidak akan naik dengan drastis.

2. Mengatasi radang kronis
Manfaat gandum juga berguna untuk mengatasi peradangan, terutama peradangan yang sudah parah menjadi tingkat kronis. Kandungan alami dalam biji sehat yang satu ini bermanfaat menjadi sumber anti inflamasi sehingga berbagai macam peradangan di tubuh bisa dicegah dengan mudah.

3. Mencegah penyakit batu empedu
Khasiat gandum bagi organ empedu Anda ialah bisa mencegah penyakit batu empedu. Biji sehat berwarna coklat terang yang satu ini akan meningkatkan kesehatan empedu di tubuh.

4. Menjaga metabolisme tubuh
Manfaat gandum mampu menjaga metabolisme tubuh supaya tetap berjalan baik dan seimbang. Metabolisme yang terganggu juga akan mengganggu kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Disarankan Anda mengonsumsi biji ini setiap pagi ketika sarapan supaya metabolisme Anda saat beraktivitas bisa terjaga.

5. Mencegah penyakit asma
Khasiat gandum ternyata juga ampuh dalam mencegah penyakit pernapasan seperti asma. Biji unik yang satu ini bisa membuat sistem dan organ pernapasan Anda lebih sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit. Anda pun dapat dengan mudah mengontrol nafas dengan baik saat asma kambuh.

6. Anti kanker payudara
Salah satu penyakit yang bisa dicegah jika mengonsumsi gandum setiap hari yaitu penyakit kanker, terutama kanker yang menyerang pada organ kewanitaan yaitu kanker payudara. Kanker jenis ini tidak dapat dengan mudah diatasi. Itulah mengapa Anda perlu mencegahnya mulai dari sekarang.

7. Menyehatkan jantung
Gandum juga dipercaya untuk membuat jantung Anda menjadi lebih sehat. Biji ini mempunyai cukup banyak khasiat kesehatan untuk jantung, mulai dari menyehatkan organ jantung sampai dengan mencegah beberapa penyakit jantung seperti serangan jantung dan penyakit lainnya.

8. Manfaat gandum untuk program diet
Gandum juga sangat bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Gandum sangat cocok untuk menjaga kalori agar tidak berlebih ketika anda sedang malakukan program diet.

9. Mencegah obesitas
Obesitas adalah gejala kegemukan yang sudah berlebihan. Gejala yang satu ini dapat membuat tubuh Anda mudah diserang penyakit obesitas. Untuk mengatasinya, mulailah mengonsumsi gandum dengan rutin.

10. Menu diet sehat
Menu makanan untuk diet salah satunya adalah gandum. Biji ini dapat menjadi pengganti konsumsi nasi karena biji ini mengandung karbohidrat. Selain vitamin dan mineral, Anda tetap akan mendapatkan energy yang cukup dengan mengonsumsi biji sehat ini tanpa merasa kelaparan setiap hari.

11. Melancarkan pencernaan
Jangan ragu untuk mengonsumsi gandum jika Anda memiliki masalah pencernaan. Manfaat biji sehat ini sangat baik dipakai untuk membuat pencernaan Anda menjadi lancar. Pencernaan yang sehat dan lancar membuat tubuh kita terhindar dari penyakit pencernaan.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates