Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Mandi Fajar

Manfaat Mandi Fajar

Manfaat Mandi Fajar

Manfaat Mandi Fajar

Manfaat Mandi Fajar

Manfaat Mandi Fajar – Fajar ialah waktu yang mendahului matahari terbit, pengertian dari waktu fajar ini ialah adanya cahaya matahari yang lemah karena matahari masih berada dibawah horizon.

Tetapi mungkin ada juga sebagian orang yang jarang melakukannya atau bahkan tidak pernah sama sekali, aktivitas tersebut adalah mandi fajar / mandi pagi sekitar jam 4 pagi sebelum waktu subuh. Mengapa kita harus untuk membahasnya, karena ternyata mandi pagi sebelum fajar sangat banyak manfaat dan khasiatnya. Berikut ini adalah beberapa definisi teknis  dari waktu fajar :

Fajar Astronomi
Fajar astronomi ialah periode waktu dimana langit sudah tidak gelap secara total, atau secara format ilmu astronomi diartikan sebagai waktu dimana matahari berada 18 derajat dibawah horizon.

Fajar Nautikal
Fajar nautical ialah waktu dimana ada cukup cahaya matahari untuk membedakan antara horizon dan objek-objek yang berada di horizon, dan secara ilmu astronomi disebutan sebagai waktu dimana matahari  berada 12 derajat dibawah horizon.

Fajar Sipil
Fajar sipil adalah waktu dimana terdapat cukup cahaya matahari untuk membedakan objek – objek dan cukup cahaya dimana manusia dapat beraktivitas diluar rumah dengan baik. Sedangkan secara formal diartikan sebagai waktu dimana matahari berada 6 derajat dibawah horizon dipagi hari. Perbedaan fajar dan matahari terbit adalah matahari terbit dimana sisi matahari sudah mulai terlihat diatas horizon.

Dr. Abdul Hamid Dayyat, dan Universitas Kairo Mesir menjelaskan manfaat kesehatan yang didapat seseorang dari aktivitas bangun pagi ( fajar ) dan mandi pada waktu fajar, yaitu adalah gas O3. Di saat fajar kandungan gas O3 begitu berlimpah dan selanjutnya berkurang sedikit demi sedikit hingga saatnya matahari terbenam pada sore hari.

Gas O3 memiliki pengaruh yang positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Di saat seseorang menghirup udara fajar orang tersebut akan merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada tara .

Beberapa penelitian didapat kesimpulan bahwa seseorang disarankan untuk membiasakan mandi pagi dengan air dingin, karena mandi pagi dengan air dingin memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah :

Mampu melancarkan peredaran darah
Sesuai dengan hasil penelitian lembaga riset trombosit yang berlokasi di negara Inggris, jika seseorang sudah biasa mandi pagi dengan air dingin dapat membuat peredaran darahnya menjadi lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar.

Mampu meningkatkan sel darah putih
Mandi dengan air dingin ketika pagi hari dapat meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh yang mengakibatkan meningkatnya daya tahan tubuh dalam melawan virus yang masuk kedalam tubuh. Tubuhpun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Mampu menurunkan resiko darah tinggi
Mandi dengan air dingin juga mampu menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah, hal ini terjadi karena air dingin akan melancarkan sirkulasi darah keseluruh organ – organ tubuh.

Mampu meningkatkan kesuburan
Mandi dengan air dingin pun mempunyai efek positf untuk kesehatan reproduksi, karena mandi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
Kebiasaan mandi dengan air dingin pada pagi hari juga berdampak positif bagi jaringan tubuh manusia, jaringan kulit akan membaik tidak kering dan menjadi lebih kenyal / lembab. Mandi dengan air dingin dapat mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah.

Membuat rambut lebih sehat
Apasih yang terjadi dengan rambut bila dibilas dengan air dingin ? air dingin ternyata mampu menutupi kutikula yang mampu mengurangi kerontokan ada rambut. Air dingin juga dapat  melindungi rambut dari kotoran–kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala, dengan demikian rambut akan lebih sehat dan kuat.

Meredakan Depresi
Mandi dengan air dingin juga berpengaruh pada jiwa, menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan bersemangat menjalankan aktivitas sehari – hari.

Kondisi di atas merupakan beberapa manfaat mandi fajar dengan air dingin, yang ternyata memberikan dampak baik bagi kesehatan. Untuk itu mari kita membiasakan diri untuk mandi dipagi hari / fajar dengan air dingin. Semoga yang sedikit ini memberi manfaat sekian dan terimakasih.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates