Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyakit Lemah Jantung

Penyakit Lemah Jantung

Penyakit Lemah Jantung

Penyakit Lemah Jantung

Penyakit Lemah Jantung


Penyakit Lemah Jantung – Lemah jantung ialah salah satu penyakit jantung dimana kondisi jantung tidak cukup sehat dalam memompa dan mengedarkan darah keseluruh jaringan tubuh. Lemah jantung terjadi pada saat terjadi penyumbatan di pembuluh darah. Timbunan lemah yang menumpuk pada saluran pembuluh darah menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Bukan hanya karena penyumbatan pada pembuluh darah saja yang menyebabkan jantung menjadi lemah, akan tetapi banyak faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab lemah jantung. Beberapa penyebab lemah jantung diantaranya:

Faktor keturunan
Bayi yang dilahirkan akan menjadi agen dari induk (orang tua). Setiap orang tua pasti menurunkan sifat-sifat gen-nya terhadap darah dagingnya. Tanpa terkecuali riwayat penyakit, semua bisa diturunkan kepada anaknya. Begitu juga halnya dengan lemah jantung, bila seorang anak yang menderita lemah jantung karena riwayat orang tuanya, maka penyakit ini tidak bisa lagi dicegah karena sejak dilahirkan bayi tersebut sudah memiliki penyakit lemah jantung.

Keadaan jantung yang tak prima
Konidisi jantung memang harus selalu dijaga kesehatannya. Menjaga kesehatan jantung ada hubungannya dengan pola makan sehat yang diterapkan dalam keseharaian. Menjaga kesehatan jantung juga dapat dilakukan dengan cara berolahraga secara teratur. Olahraga dengan teratur bisa menjaga kelenturan otot jantung dan memperlancar peredaran darah karena olahraga teratur dapat membakar lemak yang menumpuk pada pembuluh darah secara perlahan.

Keadaan jantung yang tidak prima bisa disebabkan oleh berkurangnya oksigen yang disebabkan penyempitan pembuluh darah. Kekurangan oksigen ini apabila berlangsung lama dapat menyebabkan tidak berfungsinya jaringan pada otot jantung sehingga otot jantung tidak mengalami degenerasi otot seperti otot-otot yang lainnya. Hal ini membuat proses pemompaan darah yang dilakukan juga menurun. Degupan jantung juga dapat menyebabkan terjadinya jantung lemah. Jantung seirng merasakan berdebar-debar juga menjadi salah satu pertanda bahwa jantung dalam keadaan yang tidak sehat sehingga mengakibatkan terjadinya jantung lemah.

Keadaan darah
Keadaan darah juga sangat memberikan pengaruhnya kepada kualitas dari kerja jantung. Apabila seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau pun kurang darah, kondisi ini akan mempengaruhi aliran darah yang dihasilkan.

Ada juga beberapa sumber yang menyebutkan bahwa, penyakit lemah jantung disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini :
1. Kerusakan fungsi jantung dikarenakan darah tinggi atau serangan jantung
2. Kelebihan tekanan pada jantung
3. Terdapat penyekatan aliran darah dari jantung seperti aortic stenosis
4. Gangguan degupan jantung
5. Penyakit lain yang bisa membuat aliran darah melemah, misalnya anemia

Gaya hidup sehat juga memiliki andil besar bagi penderita. Setiap orang yang tidak dapat menerapkan gaya hidup sehat, pastilah akan mudah sekali orang tersebut terkena lemah jantung. Orang yang tidak bisa menerapkan gaya hidup sehat akan cenderung memiliki sifat malas, dan biasanya orang tersebut lebih gemar untuk tidur.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates