Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Sumber Biotin dari Hewani dan Nabati

Sumber Biotin dari Hewani dan Nabati

Sumber Biotin dari Hewani dan Nabati

Sumber Biotin dari Hewani dan Nabati

Sumber Biotin dari Hewani dan Nabati

Sumber Biotin dari Hewani dan Nabati – Vitamin B7 atau disebut dengan biotin merupakan bagian dari vitamin B komplok. Biotin mempunyai fungsi utama yakni untuk membantu proses dalam metabolisme karbohidrat, lemak serta protein yang menjadi energy, vitamin B7 juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Gejala susah tidur atau disebut dengan insomnia merupakan salah satu gejala akibat kekurangan Vitamin b7. Gejala yang lainnya dapat diidentifikasi misalnya rambut rontok yang semakin banyak, menurunya nafsu makan, terdapat luka pada sudut – sudut mulut, bahkan dapat mempengaruhi kejiwaan (sebagai akibat insomnia).Agar dapat mengatasi kekurangan Vitamin B7, dengan demikian harus banyak mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B7 atau biotin. Berikut merupakan jenis makanan sebagai sumber vitamin B7 diantaranya:

1. Sumber Vitamin B7 Nabati
a. Swiss Chard
Swiss Chard adalah jenis tanaman hijau yang kaya dengan kandungan biotin. Tanaman hijau Swiss Chard ini dpat digunakan sebagai salad. Selain itu, sayur selada, sayur bayam juga banyak memiliki kandungan vitamin B7. Dalam swiss chard tentunya tidak hanya mengandung B7 atau biotin saja , akan tetapi juga mengadung vitamin C serta vitamin A.

b. Wortel
Pada umumnya, wortel memiliki kandungan beta karoten yang dapat menyehatkan mata. Akan tetapi dalam wortel juga memiliki kandungan biotin sebanyak 50 mcg biotin per 5 buah wortel.

c. Kedelai
Kacang kedelai banyak diolah sebagai tempe. Kacang kedelag per 100 gram atau setengah cangkir memiliki kandungan biotin yakni sebanyak 60 mcg.

d. Kacang – kacangan
Berbagai jenis kacang misalnya kacang almond serta kenari adalah sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin B7. Dimana jenis kacang ini cocok untuk menjaga perawatan kulit kepala serta untuk perawatan kesehatan rambut dan juga kuku.

e. Buah – buahan
Beberapa jenis berry misalnya strawberry, buah pisang, serta jenis buah yang lainnya memiliki kandungan vitamin B7. Selain dalam buah – buahan tersebut memiliki kandungan vitamin B7, juga sebagai antioksidan.

f. Sayuran Hijau
Adapun jenis Sayuran hijau yang memiliki kandungan biotin yaitu mentimun, bawang, kembang kol.

g. Roti Gandum
Dalam 1 irisan roti gandum memiliki kandungan biotin yakni sebanyak 0,2 hingga 6 mcg. Tentu akan dipengaruhi oleh kandungan roti, tebal irisan, serta juga kandungan gandum di dalam roti tersebut. Biotin yang terdapat dalam roti gandum lebih banyak jika dibandingkan dalam roti tepung terigu.

2. Sumber Vitamin B7 Hewani
a. Telur Ayam
Telur sangat bagus untuk dikonsumsi sebab telur memiliki kandungan biotin terutama dalam kuning telurnya, akan tetapi dalam putih telur pada saat masuk ke dalam tubuh bisa membuat tubuh akan kehilangan biotin (jika di konsumsi telur berlebih). Dengan demikian agar memperoleh biotin yang tepat, pisahkan bagian putih telur dari bagian kuning telurnya. Sebab dalam putih telur memiliki kandungan protein avidin yang dapat mengikat biotin dalam tubuh dan akan mengeluarkannya.

b. Susu Sapi dan Susu Kambing
Selain memiliki kandungan kalsium serta zat lain yang dapat memberikan manfaat, susu sapi serta susu kambing juga memiliki kandungan biotin yang cukup banyak. Dengan demikian mengkonsumsi susu sangat bagus untuk kesehatan.

c. Ikan Salmon dan Ikan Halibut
Ikan salmon serta ikan halibut memiliki kandungan banyak biotin. Dalam takaran 3 ons, ikan salmon memiliki kandungan vitamin B7 yakni sebanyak 4 hingga 5 mcg.

d. Hati
Daging hati memiliki kandungan vitamin B7, dimana dengan mengkonsumsi daging hati tiga ons sudah memenuhi seluruh keperluan biotin dalam harian.

e. Keju
Keju memiliki kandungan biotin dimana  dalam 1 ons keju cheddar memiliki kandungan vitamin B7 yakni sebanyak 0,4 hingga 2 mcg biotin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates