Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Meredakan Pusing bagi Wanita Hamil

Tips Meredakan Pusing bagi Wanita Hamil

Tips Meredakan Pusing bagi Wanita Hamil

Tips Meredakan Pusing bagi Wanita Hamil

Tips Meredakan Pusing bagi Wanita Hamil

Tips Meredakan Pusing bagi Wanita Hamil – Sakit kepala atau pusing pada saat masa kehamilan adalah hal yang wajar. Hal ini biasanya dapat terjadi pada usia kehamilan trimester pertama sampai ke tiga. Pada masa kehamilan terdapat beberapa wanita dapat mengalami sakit kepala di waktu tertentu. Pada masa kehamilan sakit kepala biasanya diakibatkan karena tekanan darah yang rendah. Tekanan darah yang rendah disebabkan oleh aktivitas suatu hormon progesteron yang sedang bekerja serta mengakibatkan pelebaran pada pembuluh darah dengan demikian akan menyebabkan rasa sakit di kepala. Berikut merupakan tips sederhana untuk meredakan pusing yang dialami pada wanita hamil, diantaranya:1. Perbanyak Minum Air Putih
Wanita hamil alangkah baiknya banyak minum air putih supaya tidak mudah terasa pusing. Kekurangan cairan pada saat masa kehamilan dapat menjadi faktor penyebab utama sakit kepala. Minum air putih dengan teratur dapat membantu untuk mencukupi cairan di dalam tubuh, khususnya pada ibu hamil. Akan tetapi tetapi yang harus diperhatikan pada Ibu hamil yakni hindari terlalu banyak minum teh ataupun minuman dengan kandungan kafein sebab hal ini dapat menyebabkan sering buang air kecil.

2. Hindari Terlambat Makan
Ibu hamil alangkah baiknya harus sering untuk memperhatikan pola makan sebab bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatannya. Salah satu faktor penyebab pusing yang terjadi pada Ibu hamil yakni akibat telat makan. Dengan demikian alangkah baiknya apabila Ibu hamil untuk menerapkan pola makan yang porsinya sedikit akan tetapi sering. Namun harus diperhatikan bahwa Ibu hamil alangkah baiknya menghindari jenis makanan manis sebab bisa menaikknan kadar gula yang lebih cepat.

3. Perbanyak Bergerak atau Beraktifitas
Dengan banyak bergerak pada wanita hamil sangat bagus agar tubuh menjadi terasa lebih sehat serta tidak kaku. Seringkali wanita hamil mengeluhkan sakit pada kepala akibat kurang bergerak. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk banyak bergerak sebab dapat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah dengan demikian tubuh akan menjadi lebih bugar.

4. Hindari Terlalu Lama Berbaring
Berbaring yang dilakukan pada ibu hamil akan membuatnya menjadi terasa nyaman dengan demikian seringkali dilakukan dengan jangka waktu yang lama. Akan tetapi dengan telentang dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi tertekan. Selain dapat menjadi penyebab sakit pada kepala, dengan terlalu lama berbaring dapat membuat suplai oksigen pada janin menjadi berkurang. Hindari langsung berdiri pada saat sudah terlalu lama berbaring. Alangkah baiknya duduk sebentar supaya sirkulasi darah dapat kembali normal sesudah berbaring.

5. Mencukupi Kebutuhan Zat Besi
Ibu hamil sangat membutuhkan asupan zat besi sebab bisa memberikan kekuatan supaya terhindar dari rasa lelah pada tubuh. Ibu hamil yang mengalami kekurangan zat besi dapat lebih mudah untuk mengalami pusing. Sehingga, pada masa kehamilan alangkah baiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan zat besi misalnya kacang – kacangan, daging dan kubis. Makanan dengan kandungan zat besi bisa mencegah anemia dengan demikian sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada Ibu hamil.

6. Usahakan Agar Tidur Tepat Waktu
Wanita hamil harus mempunyai kualitas tidur yang baik serta tepat waktu untuk menjaga kesehatannya. Dengan mengatur pola tidur yang baik pada Ibu hamil maka bisa mencegah sakit kepala. Meskipun pusing yang dialami pada Ibu hamil merupakan sangat wajar, namun harus berusaha supaya sakit kepala tidak dapat mengganggu. Dengan demikian usahakan supaya tidur tepat waktu sebab sangat baik untuk perkembangan pada janin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates