Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala dan Dampak Akibat Kelebihan Minum Air Putih

Gejala dan Dampak Akibat Kelebihan Minum Air Putih

Gejala dan Dampak Akibat Kelebihan Minum Air Putih

Gejala dan Dampak Akibat Kelebihan Minum Air Putih

Gejala dan Dampak Akibat Kelebihan Minum Air Putih

Gejala dan Dampak Akibat Kelebihan Minum Air Putih – Sebagian besar dalam tubuh manusia dapat terdiri dari cairan yang berguna untuk membantu kinerja terhadap sel – sel, pada organ, ataupun terhadap jaringan tubuh supaya tetap optimal. Dengan demikian dibutuhkan asupan cairan misalnya air putih dengan jumlah yang cukup agar dapat menunjang kelancaran untuk proses tersebut, sehingga nantinya kondisi kesehatan serta vitalitas tubuh akan selalu terjaga. Idealnya mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam setiap harinya.Pada dasarnya asupan cairan untuk setiap orang akan berbeda – beda. Hal tersebut akan tergantung pada beberapa hal misalnya tergantung dari jenis aktivitas yang di jalani, tergantung dari jenis kelamin, keadaan cuaca, keadaan kesehatan, ataupun berat badan. Sama halnya seperti ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, dengan kelebihan asupan cairan di dalam tubuh juga bisa menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan. Berikut merupakan beberapa gejala yang dapat dialami akibat memiliki cairan di dalam tubuh yang berlebihan adalah:

1. Tangan serta kaki akan terasa dingin
2. Sering buang air kecil
3. Suhu tubuh menjadi rendah
4. Mengalami migrain atau sakit kepala
5. Timbulnya rasa panik dan cemas
6. Kulit terasa kering
7. Irama jantung yang tidak beraturan, seperti jantung berdebar-debar
8. Gangguan mood
9. Penglihatan menjadi kabur
10. Tekanan darah rendah

Berikut efek negatif yang akan terjadi akibat cairan di dalam tubuh berlebihan, diantaranya:
1. Meningkatkan Volume Darah
Ketika mengkonsumsi air putih dengan berlebihan, maka hal ini dapat meningkatkan resiko peningkatan pada volume darah yang dampaknya bisa meningkatkan beban terhadap pembuluh darah dan juga jantung. Sehingga kedua organ tubuh ini harus bekerja secara ekstra keras di dalam uatu proses sirkulasi darah.

2. Mengganggu fungsi ginjal
Ketika kadar air di dalam tubuh mengalami peningkatan, maka hal tersebut dapat membuat organ ginjal akan bekerja lebih keras dalam menyaring kelebihan air yang ada. Artinya bahwa beban ginjal dapat semakin meningkat sebab semakin banyak air yang akan disaring oleh suatu glomerulus. Sehingga glomerulus bisa mengalami kerusakan akibat kadar air yang berlebih.

3. Pembengkakan sel-sel darah
Mengkonsumsi air putih dengan volume yang berlebihan bisa membuat darah akan menjadi lebih encer. Hal tersebut berarti bahwa konsentrasi elektrolit di dalam sel – sel tubuh akan mengalami penurunan serta bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan terhadap sel – sel pada tubuh. Apabila pembengkakan yang terjadi pada sel – sel otak, dengan demikian kemungkinan besar dapat meningkatkan tekanan intrakranial. Dampaknya akan mengalami sakit kepala yang ringan serta menyebabkan gangguan pernafasan.

4. Gizi buruk
Kebiasaan untuk mengkonsumsi air putih yang berlebihan bisa menyebabkan ketidaknyamanan terhadap seluruh organ di bagian perut, misalnya akan terasa begah serta perut akan terasa penuh. Hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan. Nafsu makan yang menurun dapat mengalami malnutrisi di dalam tubuh sehingga menyebabkan gizi buruk. Jika sudah mengalami gizi buruk, dengan demikian dapat menyebabkan kerusakan terhadap semua organ tubuh, serta bisa mempengaruhi permeabilitas sel, dan juga energi otak.5. Menguras kandungan kalium dalam tubuh
Mengkonsumsi air yang berlebihan akan mengakibatkan kandungan kalium di dalam tubuh menjadi terkuras. Hal tersebut bisa menyebabkan dada mengalami sakit, rasa nyeri pada bagian kaki, akan mengalami gangguan mental misalnya mudah tersinggung, dan menyebabkan tubuh menjadi gemetar.

6. Gangguan Hiponatremia
Hiponatremia merupakan suatu gangguan kesehatan yang diakibatkan berkurangnya kadar natrium di dalam darah, dimana kandungan natrium yang kurang di dalam darah akan menyebabkan intoksikasi air dengan gejala sebagai berikut :
a. mual
b. muntah
c. kelelahan
d. disorientasi mental
e. penyebab sering mengantuk
f. kelemahan pada otot
g. kram
h. penyebab sakit kepala
i. kehilangan nafsu makan
j. merasa kebingungan
k. gelisah
l. kepala sering pusing

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates