Tuesday , 23 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Belingbing Untuk Penyakit Anemia

Manfaat Buah Belingbing Untuk Penyakit Anemia

Manfaat Buah Belingbing Untuk Penyakit Anemia

Manfaat Buah Belingbing Untuk Penyakit Anemia

Manfaat Buah Belingbing Untuk Penyakit Anemia

Manfaat Buah Belingbing Untuk Penyakit Anemia – Anemia Ialah kurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam membawa oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh.

2. Penyebab Anemia
Penyebab umum dari anemia antara lain;
a. Kekurangan zat besi
b. Kekurangan vitamin B12
c. Kekuarangan asam folat
d. Gangangguan sunsum tulang
e. Obat Tertentu
f. Diet Ketat
g. Pendarahan
h. Donor darah
i. Umur Eritrosit Pendek
j. Kelainan Antibodi

3. Gejala Anemia
a. cepat lelah
b. pucat
c. gelisah
d. sesak
e. Kuku pucat
f. Telapak tangan pucat
g. Lemas
h. Pusing
i. Mual
j. Rontok Rambut ( Bagi sebagian Orang )

4. Buah Belimbing
Buah belimbing adalah salah satu buah yang sangat banyak di gemari oleh orang indonesia, buah belimbing juga banyak di olah menjadi makanan – makanan olahan ataupun bisa di makan langsung. Rasanya yang manis adalah salah satu alternatif sebagian orang memilih buah ini menjadi salah satu buah yang di sukai oleh banyak orang. Disini saya akan mejelaskan manfaat buah belimbing bagi kesehatan salah satunya penjelasan tentang Zat Besi yang ada dalam buah belimbing ini yang bisa mencegah penyakit Anemia.

5. Manfaat zat besi untuk pencegahan penyakit anemia
Di dalam belimbing terdapat Zat besi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan zat besi juga sangatlah penting dalam mencegah timbulnya gejala anemia. Zat besi berperan penting dalam memberi warna merah pada hemoglobin eritrosit ataupun sel darah merah.
Dengan demikian peredaran darah dan penyebaran nutrisi ataupun oksigen menjadi optimal serta resiko anemia seperti pusing, lemas, gampang lelah serta lemah dapat dicegah dengan cukupnya suplai kebutuhan tubuh.
Salah satu fungsi zat besi mampu meringankan serta mengoptimalkan fungsi dua organ penting yakni paru – paru dan jantung yang memiliki fungsi dalam mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.
Jika eritrosit atau sel darah merah kandungan zat besinya dalam kadar normal maka proses tranportasi berjalan dengan lancar tanpa harus jantung dan paru bekerja dengan beban berat yang bisa berujung pada sesak nafas dan jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah keseluruh tubuh dalam memenuhi kebutuhan oksigen. Suplai oksigen yang cukup juga akan berdampak baik bagi sistem syaraf pusat sehingga gejala seperti pusing, lemas, gampang lemah tidak akan terjadi.

6. Cara Pengolahan Buah belimbing
Ada beberapa olahan yang bisa anda gunakan untuk mengolah buah belimbing tetapi disini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara mengolah buah belimbing menjadi olahan special yang akan di sukai dan menyehatkan untuk keluarga anda. Berikut adalah cara mengolah belimbing menjadi kripik
a. Bahan:
1. kilo gram buah belimbing
2. 1 kilo gram minyak goreng
3. Gula halus secukupnya (sesuai selera)

b. Cara membuat dari buah belimbing
1. Buang bagian pinggir buah belimbing
2. Lalu potong sesuai selera
3. Panaskan minyak pada penggornegan vakum dengan suhu 70 C,
4. Goreng belimbing sampai bewarna kecoklatan
5. Tiriskan kripik belimbing dan sajikan

About endang hulaepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates