Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Calingcing sebagai Obat Herbal

Manfaat Calingcing sebagai Obat Herbal

Manfaat Calingcing sebagai Obat Herbal

Manfaat Calingcing sebagai Obat Herbal

Manfaat Calingcing sebagai Obat Herbal

Manfaat Calingcing sebagai Obat Herbal – Calingcing merupakan jenis sayuran yang sebetulnya tergolong ke dalam tanaman obat. Selain dapat diolah sebagai obat, jenis tanaman ini juga dapat diolah secara khusus yang menjadi sayur. Calingcing merupakan tanaman liar, yang saat ini mulai banyak dibudidayakan. Semakin banyak yang mengetahui manfaat Calingcing untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi air rebusan sayur Calingcing sudah dipercaya bisa meringankan batuk, bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri atau virus. Berikut merupakan manfaat calingcing untuk kesehatan diantaranya:

1. Analgetik dan Antipiretik
Manfaat Calingcing dapat mengatasi pusing kepala. Sayuran Calingcing  ini memang sangat ampuh untuk analgesik serta sebagai anti piretik yang dengan perlahan akan menghilangkan rasa pusing dan meredakan demam.

2. Mengobati Sakit Perut akibat Magh
Cara kerja dari daun Calingcing dapat sebagai antasida yang bisa meredakan produksi terhadap asam lambung yang sedang aktif.

3. Mengatasi Stress
Manfaat calingcing juga dapat mengatasi stress. Khasiat dari sayuran ini sangat ampuh untuk mengatasi stress di dalam tubuh.

4. Anti Depresan
Kandungan yang terdapat dalam calingcing juga dapat mengobati sakit mental atau sebagai anti depresan. Anti depresan dalam daun Calingcing ampuh dalam mengobati sakit depresi.

5. Mood Stabulizer
Kandungan gizi yang ada dalam daun Calingcing dapat di gunakan sebagai obat mood swing. Sayur Calingcing ini dapat menjadi mood stabilizer yang sangat ampuh untuk mengobati sakit mental sebagai akibat perubahan suasana dalam hati yang terlampau cepat. Biasanya akan dirasakan pada para penderita dengan kondisi bipolar disorder.

6. Menambah Massa Otot
Sayur Calingcing sudah dipercaya memiliki kandungan yang dapat menambah massa otot. Sayuran Calingcing ini sangat baik sekali dalam membuat otot akan menjadi kuat serta tidak lagi klemer – klemer lemah. Calingcing cocok dikonsumsi oleh kaum adam yang biasanya bekerja dengan banyak yang menggunakan otot.

7. Makanan Diet
Manfaat Calingcing dapat sebagai makanan untuk program diet. Sayuran Calingcing ini sangat baik untuk makanan pada seseorang yang menjalankan diet. Dengan konsumsi sayuran Calingcing ini, dengan demikian membuat tubuh tidak akan mengalami obesitas atau kegemukan yang dapat mengancam nyawa.

8. Menjaga Stabilitas Cairan dalam Tubuh
Manfaat daun Calingcing juga bagus untuk menjaga stabilitas cairan yang ada di dalam tubuh. Dengan sayur Calingcing ini maka dapat terhindar dari adanya gangguan keseimbangan serta mencegah pembengkakan dalam tubuh. Berbagai jenis penyakit yang diakibatkan karena ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh dapat sembuh.

9. Menyeimbangkan Asam dan Basa di dalam Tubuh
Kandungan asam serta kandungan basa di dalam tubuh dapat disembuhkan dengan sayur calingcing. Sayur Calingcing ini angat ampuh untuk mengatur PH atau alkalinitas dalam tubuh. Baik sekali dalam membuat tubuh menjadi bugar serta segar selalu.

10. Menambah Kalori
Manfaat sayur calingcing juga sudah diyakini dapat menambah kalori. Perlu ketahui bahwa kalori merupakan jumlah energi yang diperlukan oleh tubuh manusia agar dapat menjalankan fungsi pembakaran. Dalam sehari kira – kira manusia memerlukan kalori dari 2000  sampai 3000 kilo kalori, yang disesuaikan dengan tingkat kepapadatan aktivitas serta berat badannya.

Berikut merupakan kandungan serta manfaat lain dari daun Calingcing, diantaranya:
1. Mengandung Potassium
2. Sumber Makanan Kaya Magnesium
3. Terdapat Kandungan Thiamin yang Melimpah
4. Kandungan Asam Folat
5. Melancarkan Urin
6. Mengaktifkan Hormon dan Enzim
7. Membantu Kerja Sel Darah Merah dan Sel Darah Putih
8. Mencegah Kanker Limfoma dan Kelenjar Getah Bening
9. Kandungan Niacin yang Melimpah
10. Kaya dengan Mineral dan Vitamin
11. Sumber Protein Tinggi
12. Kandungan Riboflavin
13. Terdapat Senyawa yang Melimpah
14. Efek Anti Stress
15. Sifatnya Anti Alergi

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates