Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » 16 Manfaat Iklim Bagi Kehidupan

16 Manfaat Iklim Bagi Kehidupan

16 Manfaat Iklim Bagi Kehidupan

16 Manfaat Iklim Bagi Kehidupan

16 Manfaat Iklim Bagi Kehidupan

16 Manfaat Iklim Bagi Kehidupan – Apa saja manfaat iklim untuk kehidupan kita sebagai manusia? Iklim/Cuaca ialah suatu keadaan udara yang ada pada suatu wilayah. Disetiap masing-masing wilayah terdapat keadaan cucaca yang berbeda dan berubah-rubah disetiap waktunya.

Pengamat iklim atau cuaca di Indonesia sendiri dilakukan oleh Geofisika dan Observatorium Meteorologi yang bertempatan di Ibu kota Jakarta. Para pengamat ini ditugaskan untuk mencatat dan menyelidiki keadaan udara yang meliputi curah hujan, perawanan, dan udara.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan mengulas beberapa manfaat Iklim atau Cuaca untuk kehidupan sehari-hari, dan dibawah ini telah saya ringkas dengan poin-poinnya antara lain sebagai berikut :
Manfaat Iklim dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Hidup manusia di bumi ini pastinya mengharapkan bisa tinggal dengan iklim yang cukup baik untuk kehidupan sehari-hari. Selan membutuhkan makan juga udara yang baik dan nyaman tentunya menjadi piliha utama bagi kelangsungan hidupnya.

2.Usaha dibidang perhutanan, pertanian, dan perikanan tentunya membutuhkan pengetahuan yang berhubungan dengan unsur-unsur cuaca atau iklim.

3. Iklim yang berubah-rubah disetiap tahunnya dapat mempengaruhi perbedaan dalam hal kegiatan atau aktivitas, terutama makanan, pakaian, dan juga perumahan.

4. Suatu daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia dengan cuaca panasnya dapat melemahkan aktivitas dan energi.

5. Disuatu daerah yang beriklim salju atau dingin jarang sekali terdapat kehidupan manusia maupun hewan.

6. Pemusatan penduduk ini faktanya lebih pada daerah yang dimana iklim tersebut memiliki daerah sejuk dengan alam yang melimpah. Terlalu dingin atau panas di daerah tersebut membuat manusia tidak bisa tinggal lebih lama.

7. Usaha perhubungan rekreasi laut, darat, udara ataupun telekomunikasi sangat ditentukan oleh cuaca. Oleh karenaya, penting sekali pengetahuan tentang iklim atau cuaca.

8. Unsur-unsur cuaca atau iklim dapat mempengaruhi produksi peternakan, pertanian, maupun perikanan. Seperti halnya, tumbuhan atau tanaman sangat memerlukan air begitupun dengan usaha lainnya.

9. Suatu wilayah atau Negara yang beriklim panas, namun musim hujannya lebih panjang disetiap tahunnya, hal ini sangat bagus sekali bagi petani untuk menanam karet, cengkeh, kelapa sawit, pala, dan sebagainya.

10. Udara atau angin sangat dibutuhkan selain untuk pernapasan, yaitu dapat mengurangi kegerahan didalam ruang.

11. Udara juga bermanfaat untuk media transportasi seperti halnya kendaraan bermotor, dimana kipas angin pada kendaraan tersebut membutuhkan angin untuk mendinginkan mesin dan juga air yang dialirkan melalui radiator.

12. Para nelayan membutuhkan angin untuk dalam berperahu untuk mencari nafkah.

13. Manfaat angin lainnya dalam kehidupan dan keperluan aktiitas dalam sehari-hari lainnya yaitu sebagai penggerak kincir yang bermanfaat untuk berbagai macam keperluan seperti menjalankan mesin pabrik dengan mengandalkan kipas angin, memompa air dalam tanah, dan masih banyak lagi.

14. Dibidang penerbangan, angin juga berperan penting dalam mengatur kecepatan. Saat pesawat terbang, angin membantu mendorong beban agar pesawat bisa terbang, begitupun saat pesawat hendak lepas landas atau turun angin berperan penting dalam mendorong rem agar berhenti.

15. Saat musim kemarau juga sering dimanfaatkan orang-orang khususnya anak-anak untuk bermain laying-layang.

16. Konstruksi bangunan bertingkat tinggi serta dalam menentukan bentuk, kecepatan angin juga berperan penting. Guna mengetahui besar kecilnya angin di daerah tersebut dapat dibangun kontruksi bangunan yang sesuai dengan daerah tersebut.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates