Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 6 Gejala Penyakit Jantung Yang Selalu Muncul Selama Satu Bulan

6 Gejala Penyakit Jantung Yang Selalu Muncul Selama Satu Bulan

6 Gejala Penyakit Jantung Yang Selalu Muncul Selama Satu Bulan

6 Gejala Penyakit Jantung Yang Selalu Muncul Selama Satu Bulan

6 Gejala Penyakit Jantung Yang Selalu Muncul Selama Satu Bulan

6 Gejala Penyakit Jantung Yang Selalu Muncul Selama Satu BulanĀ  – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit nomer satu yang menyebabkan kematian di Indonesia. Seperti halnya penyakit lain, penyakit jantung juga memiliki tanda-tanda spesifik serta sinyal yang pada umumnya akan tampak sebelum serangan berbahaya berlangsung terhadap penderita. Suatu penelitian mengatakan bahwa sebagian besar orang yang meninggal dunia karena serangan jantung tidak pernah mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit tersebut. Setelah serangan berlangsung, barulah beberapa orang di sekitarnya mengetahui penyebab kematiannya dikarenakan penyakit jantung.

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh gaya hidup tak sehat, tingkat stres yang tinggi, kurang istirahat, konsumsi makanan tak sehat serta terlalu banyak merokok. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendata bahwa setiap 6 detik ada satu orang yang wafat dikarenakan penyakit jantung.

Tanda-tanda penyakit jantung memang terkadang tidak terdeteksi mulai sejak dini, karena tanda-tanda yang dialami oleh penderita berbentuk umum serta tidak khusus. Pada umumnya para penderita berasumsi dia hanya menderita sakit magh atau sakit flu saja sehingga tidak mau memeriksakan diri ke dokter.
Di bawah ini adalah gejala-gejala penyakit jantung yang perlu diketahui oleh orang sejak dini terutama bagi penderita penyakit jantung:

1. Kelelahan
Penyabab utama dari kelelahan dikarenakan pola makan yang tak sehat, merokok serta olahraga yang kurang. Hal ini akan mengakibatkan pembuluh darah arteri menyempit disebabkan adanya plak di dinding pembuluh darah sehingga peredaran darah jadi terhalang. Keadaan ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh dan kemudian akan meyebabkan penderita terasa capek serta mengantuk. Kondisi seperti ini harus di waspadai terjadinya serangan jantung yang mendadak.

2. Sesak Nafas
Sesak nafas adalah satu diantara tanda-tanda serangan jantung. Jika Anda mengalami kesusahan dalam bernafas sebaiknya memeriksakan diri ke dokter karena kemungkinan dapat merembet ke organ jantung.

3. Lemas
Lemas serta lemah merupakan tanda-tanda awal penyakit jantung coroner yang umum dirasakan oleh penderita dan harus segera dilakukan antisipasi.

4. Kepala pusing serta keringat dingin
Aliran darah yang tidak lancar disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit sehingga sisi badan seperti otak akan kekurangan oksigen. Hal ini akan menyebabkan penderita menjadi pusing dan sakit kepala serta mengeluarkan keringat dingin.

5. Dada samping kiri sakit
Tanda-tanda serangan jantung yang paling sering dialami oleh pasien adalah perasaan tidak nyaman pada dada samping kiri seperti ditekan, terbakar atau terasa sakit. Pada umumnya, rasa sakit tersebut akan merambat hingga ke lengan kiri.

6. Flu
Sebagian penderita akan mengalami masuk angin beberapa hari sebelum serangan penyakit jantung datang. Flu yang disertai dengan keringat dingin dan dada terasa nyeri merupakan tanda-tanda penyakit jantung. Jika mengalami tanda-tanda seperti itu, segeralah hubungi keluarga atau orang paling dekat untuk menolong anda.
Penyakit jantung dapat dihindari dengan memahami dan memerhatikan gejalanya mulai sejak dini. Walaupun gejala-gejala yang dirasa penderita tidak khusus akan tetapi dengan melakukan kontrol sedini mungkin maka resiko terjadinya penyakit jantung akan kecil. Selain itu, perlu adanya satu pola hidup yang lebih sehat dari sebelumnya seperti mengkonsumsi makanan sehat, berhenti merokok serta olahraga yang cukup. Pola hidup seperti itu dapat menolong jantung dalam melakukan tugasnya memompa darah ke seluruh organ badan.

About eka kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates