Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahayanya Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan

Bahayanya Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan

Bahayanya Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan

Bahayanya Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan

Bahayanya Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan

Bahayanya Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan – Gaya Hidup Sehat. Khasiat dari mandi air hangat sangat terasa jika tubuh dalam keadaan yang lelah. Mandi air hangat sangat cocok sekali dilakukan disore hari selepas pulang kerja. Rasa penat dan lelah akan perlahan menghilang ketika kita mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat memang tidak boleh terlalu lama, apalagi sampai berendam di dalam bak mandi dengan air hangat yang terlalu lama. Terbiasa berendam di dalam air hangat akan membuat sistem reproduksi anda terganggu karena keadaan suhu yang bahkan terlalu hangat bisa merusak kualitas sperma.

Bahaya Mandi Menggunakan Air Hangat
Banyak yang perlu diketahui beberapa bahaya mandi menggunakan air hangat secara berlebihan. Beberapa bahaya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Dapat Menurunkan Kualitas Sperma
Mandi atau berendam dengan air hangat dengan suhu diatas 37° C dalam waktu lama sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena dapat merusak kualitas sel sperma. Seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah penelitian oleh ilmuwan pada tahun 2007 silam. Hasil menunjukkan bahwa berendam dengan menggunakan air hangat selama +/- 30 menit dapat menyebabkan penurunan kualitas sel sperma. Hal ini akan menghambat proses pembuahan.

Dapat Membahayakan Janin
Bagi wanita yang sedang hamil ketika hendak berendam dengan air hangat harus lebih berhati-hati. Suhu air hangat perlu diperhatikan dengan benar dan tidak melebihi suhu yang telah disarankan oleh dokter kandungan. Karena berendam atau mandi air hangat denagn suhu yang tinggi dapat membahayakan perkembangan janin.

Dapat Menimbulkan Jerawat
Mandi dengan air hangat dengan suhu tinggi dan tidak teratur dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Hal ini karena pori-pori kulit terbuka lebar sulit untuk kembali sehingga mudah tertempel oleh kotoran-kotoran. Kotoran tersebut yang semakin menumpuk akan menjadi sarang perkembangabiakan bakteri. Untuk mengatasi hal ini, setelah mandi air hangat  harus dibilas menggunakan air dingin  agar pori-pori tertutup kembali.

Dapat Menyebabkan Kulit Kering

Dalam jangka panjang  mandi dengan air hangat secara tidak teratur dapat membuat kulit kering. Hal ini terjadi karena kandungan kelenjar minyak tidak bekerja dengan sempurna.

Tips Aman Mandi Air Hangat
Melakukan sesuatu yang berlebihan dan tidak teratur memang dapat menimbulkan resiko yang tidak diinginkan bagi kesehatan. Berikut ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan mandi air hangat agar tetap aman terkendali.
Mandi air hangat dengan suhu yang baik seperti yang telah direkomendasikan sekitar 37 hingga 40°C dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Menyiram tubuh dengan menggunakan air hangat sedikit demi sedikit, baru kemudian disiran dengan keseluruhan. Hal ini, agar tubuh mampu beradaptasi dengan suhu air yang ada.
Tidak melakukan kegiatan mandi air hangat setiap hari agar kulit tetap terjaga kelembabannya.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates