Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Negatif Penggunaan Komputer

Dampak Negatif Penggunaan Komputer

Dampak Negatif Penggunaan Komputer

Dampak Negatif Penggunaan Komputer

Dampak Negatif Penggunaan Komputer

Dampak Negatif Penggunaan Komputer – Perlu diketahui bahwa penggunaan komputer tidak selamanya dapat memberikan efek yang positif. Penggunaan komputer juga dapat memberikan efek terutama pada kesehatan. Efesiensi yang akan diperoleh dari penggunaan komputer harus mengorbankan faktor ergonomic yang akan berperan pada menjamin kenyamanan serta kesehatan pada pemakainya. Akibat penggunaan komputer seperti dalam kebiasaan sehari – harinya menggunakan komputer sehingga ia mengalami gangguan pada tulang belakang. Berikut merupaan dampak negatif lain dari penggunaan komputer terhadap kesehatan, diataranya:1. Mata rabun jauh, pada saat mengoperasikan unit komputer, mata akan terbiasa untuk melihat dekat. Selain itu juga, dalam komputer akan menghasilkan radiasi ultraviolet, radiasi sinar x, gelombang mikro serta radiasi elektromagnetik dengan frekuensi rendah yang dipaparkan pada komputer akan secara terus menerus dipaparkan terhadap mata, dimana kondisi tersebut bisa menyebabkan mata merah serta bergetar.

2. Postur tubuh akan menjadi melengkung atau menyebabkan bungkuk, serta badan tidak akan lentur. Sebab posisi duduk saat melihat layar monitor, kursi serta meja yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dalam kondisi yang tidak ergonomis.

3. Nafsu makan berkurang, menyebabkan kurang gizi serta gangguan pada pencernaan. Seseorang yang mengoperasiokan komputer biasanya akan lupa waktu terutama bagi ia yang bermain game, sehingga akan sering menunda hingga lupa makan.

4. Kecanduan game dapat mengakibatkan kelelahan dengan demikian dapat menggangu konsentrasi untuk melakukan aktivitas lain.

5. Tulisan tangan yang menjadi jelek, sebab dapat mengurangi waktu untuk mematangkan keterampilan.

6. Gangguan keterampilan dalam komunikasi, kurang gaul serta akan canggung. Terutama terjadi pada anak membutuhkan 10 pertama dalam hidup anak agar dapat membangun suatu keterampilan sosial. Termasuk di dalamnya adalah komunikasi secara verbal. Keberhasilan seseorang untuk bergaul akan ditentukan oleh keterampilan dalam mengkomunikasikan ide, mengkomunikasikan pikiran, serta minatnya pada segala sesuatu serta akan menjalin relasi yang sehat bersama orang lain. Anak yang meluangkan sebagian besar waktunya dalam berhadapan dengan komputer, akan melewatkan masa tersebut.

7. Radiasi ke tubuh, menyebabkan gangguan otot serta darah. Sebuah komponen yang ada di dalam komputer yang disebut dengan cathode-ray tube atau CRT dalam layar monitor akan menghasilkan suatu radiasi yang tinggi sampai jarak 30 cm. Adapun tingkat radiasi sebesar tiga miligaus (mG) akan memancar dengan jarak 30 cm dari arah depan komputer, serta empat mG dari arah samping komputer, dalam kondisi jarak yang sama. Paparan yang terlalu lama akan menyebabkan pengguna komputer menjadi lebih mudah untuk sakit.

8. Obesitas, akibat memanfaatkan sebagian besar waktu di depan layar komputer untuk bermain serta belajar, sama halnya  dapat menghambat aktifitas fisik yang penting agar dapat mengubah kalori yang menjadi energi.

9. Keterampilan motorik halus menjadi terhambat, dimana sekitar 69 persen pada anak dapat menggunakan mouse komputer akan tetapi hanya 11 persen yang dapat mengikat tali sepatunya. Artinya bahwa sebagian besar pada anak dengan melewatkan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan motoriknya yang penting dalam menolong dirinya sendiri.

10. Carpal tunnel syndrome (CTS) atau gangguan yang terjadi di saluran antara telapak tangan serta antara pergelangan tangan yang kerap akan dialami pada orang yang sering melakukan aktivitasnya dengan  komputer dengan waktu yang lama.

Perlu diketahui bahwa daya tahan mata pada balita untuk menghadapi layar komputer sekitar satu jam. Batas konsentrasi pada anak untuk bermain dengan komputer game hanya selama lima belas menit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates