Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Fakta Manfaat Tempe Rebus Bagi Kesehatan

Fakta Manfaat Tempe Rebus Bagi Kesehatan

Fakta Manfaat Tempe Rebus Bagi Kesehatan

Fakta Manfaat Tempe Rebus Bagi Kesehatan

Fakta Manfaat Tempe Rebus Bagi Kesehatan

Fakta Manfaat Tempe Rebus Bagi Kesehatan – Tempe rebus adalah salah satu jenis makanan yang khas asli dari Indonesia. Tempe memiliki rasa yang nikmat serta memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan jenis makanan yang lain. Tempe merupakan makanan hasil dari fermentasi yang berbahan dasar kacang kedelai. Hasil proses fermentasi ini, maka tempe mempunyai senyawa probiotik atau bakteri yang baik untuk kesehatan tubuh. Dari kandung yang terdapat di dalamnya jenis makanan ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Jenis makanan ini dengan berbahan dasar kedelai sehingga di dalamnya tinggi akan kandungan protein.Berikut merupakan manfaat tempe rebus untuk kesehatan, diantaranya:
1. Menurunkan kolesterol
Manfaat tempe rebus yakni dapat membantu untuk menurunkan kolesterol. Tempe ini mempunyai kandungan protein yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Dengan demikian dapat mencegah terjadinya penyumbantan dalam pembuluh darah yang dapat berakhir pada penyakit jantung.

2. Sumber energy
Tempe rebus adalah salah satu jenis makanan yang tepat untuk menjalankan program diet, sebab di dalam tempe memiliki kandungan senyawa yakni vitamin B2 yang berguna untuk membantu proses metabolisme energi. Sehingga tempe bisa menjadi sumber energi yang baik.

3. Mencegah hipertensi
Kandungan yang terdapat dalam tempe dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal Sebab senyawa magnesium yang ada di dalam tempe ini dapat mencegah terjadinya hipertensi dan dapat mencegah terjadinya pembekuan dalam darah.

4. Mencegah kanker
Tempe rebus mempunyai segudang senyawa salah satunya yakni antioksidan, dengan jenis isoflavon yang akan membuat tempe mempunyai khasiat bisa mencegah radikal bebas sebagai akibat polusi yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker yang terjadi di dalam tubuh. Dengan demikian senyawa isoflavon ini bisa berguna sebagai pencegah beberapa jenis penyakit kanker yang lainnya.

5. Mencegah gejala menopause
Selain dapat mencegah penyakit kanker, dalam tempe rebus mempunyai beberapa manfaat lain yakni dapat mencegah gejala menopause. Senyawa isoflavon dan zat antioksidan yang ada di dalam tempe dapat mencegah gejala menopause. Dengan adanya kedua kandungan tersebut bisa bermanfaat untuk mengatur estrogen.

6. Melancarkan pencernaan
Tempe rebus di dalamnya mempunyai senyawa serat yang cukup tinggi, dengan adanya serat tersebut berguna dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga, senyawa ini dapat mengikat lemak yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian akan membuat berat badan dapat tetap terjaga serta sangat tepat untuk program diet.

7. Menurukan tekanan darah
Tempe rebus dengan bahan dasar kedelai mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Protein yang terkandung dalam tempe memiliki manfaat tambahan yakni untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, dan dapat meningkatakan kadar kolesterol yang baik.

8. Menjaga sistem pencernaan
Kandungan yang terdapat dalam tempe mempunyai kandungan serat yang sangat baik untuk tubuh. Sebab senyawa serat di dalam tempe dapat berperan untuk mengikat kolesterol dan lemak. Dengan demikian tempe memiliki potensi untuk menurunkan serta mengontrol berat badan.

9. Sebagai sumber protein
Tempe rebus mempunyai protein yang berkualitas tinggi dan mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Dimana kandungan tersebut mempunyai peranan untuk membantu mempertahankan jaringan otot serta akan membuat enzim yang bermanfaat untuk kebutuhan sel di dalam tubuh.

10. Dapat membantu dalam proses metabolisme tubuh
Tempe rebus mempunyai kandungan vitamin misalnya vitamin B3, vitamin B2, dan niacin yang dapat berperan penting untuk proses metabolisme tubuh. Niacin bermanfaat untuk membantu mengontrol nafsu makan, sedangkan untuk riblavon bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kesehatan kulit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates