Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala dan Diagnosa Carpal tunnel syndrome

Ketahui Gejala dan Diagnosa Carpal tunnel syndrome

Ketahui Gejala dan Diagnosa Carpal tunnel syndrome

Ketahui Gejala dan Diagnosa Carpal tunnel syndrome

Ketahui Gejala dan Diagnosa Carpal tunnel syndrome

Ketahui Gejala dan Diagnosa Carpal tunnel syndrome – Carpal tunnel syndrome atau di singkat sebagai CTS merupakan keadan yang mengakibatkan jari tangan akan mengalami sensasi mati rasa, kesemutan, atau nyeri. Adapun bagian tangan yang paling sering terpengaruh yaitu ibu jari, jari tengah, serta jari telunjuk. Gejala yang akan terjadi biasanya dapat berkembang dengan perlahan serta dapat bertambah parah di malam hari.Carpal tunnel ataupun lorong – lorong sempit di pergelangan tangan yang ujungnya terbuka pada telapak tangan. Lorong tersebut akan dikelilingi oleh adanya tulang – tulang pada pergelangan tangan pada bagian bawah serta jaringan ikat atau ligamen yang melintangi di atasnya. Saraf median akan berjalan dengan melewati lorong ini agar dapat memberikan sensasi perasa ataupun sentuhan di telapakjari tengah, ibu jari, jari telunjuk, serta setengah dari jari manis. Pada saraf median juga akan memberikan tenaga di bagian otot tangan agar dapat menjepit ataupun mencubit benda oleh jempol serta ujung jari – jari yang lain.

Gejala Klinis Carpal tunnel syndrome
Pada tahap pertama gejala pada umumnya akan berupa terjadinya gangguan sensorik. Gangguan motorik hanya akan terjadi dalam kondisi yang berat. Biasanya gejala awal akan berupa parestesia, kurang merasa atau numbness, rasa seperti halnya terkena suatu aliran listrik di bagain jari serta setengah sisi radial jari meskipun kadang – kadang akan dirasakan mengenai seluruh bagian jari – jari. Keluhan kondisi parestesia biasanya terjadi di malam hari.

Adapun gejala lainnya yaitu nyeri di bagian tangan yang akan dirasakan lebih berat di malam hari dengan demikian akan sering membangunkan penderitanya. Rasa nyeri tersebut pada umumnya akan berkurang jika penderitnyaa memijat ataupun dengan menggerak – gerakkan tangannya ataupun penderita dengan meletakkan tangannya di posisi yang lebih tinggi. Nyeri tersebut juga dapat berkurang jika penderita mengistirahatkan tangannya dengan lebih lama. Jika penyakitnya berlanjut, rasa nyeri bisa bertambah berat dimana frekuensi serangannya akan semakin sering bahkan bisa menetap. Kadang – kadang rasa nyeri bisa terasa hingga ke bagian lengan atas serta bagian leher.

Gejala Carpal tunnel syndrome ini dijumpai juga terjadi pembengkakan serta kekakuan di bagian jari – jari, tangan serta pada pergelangan tangan khususnya di pagi hari. Gejala tersebut dapat berkurang sesudah penderita mulai menggunakan tangannya. Jika tahap yang lebih lanjut dimana penderitanya akan mengeluhkan bagian jari – jarinya dapat menjadi kurang trampil seperti pada saat menyulam ataupun saat memungut benda – benda kecil.

Diagnosa kondisi Carpal Tunnel Syndrome dapat ditegakkan selain berdasarkan timbulnya gejala -gejala tersebut juga didukung oleh beberapa pemeriksaan diantaranya :

1. Pemeriksaan fisik
Penderitanya harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan perhatian secara khusus terhadap fungsi, sensorik, motorik, serta otonom tangan.

2. Pemeriksaan neurofisiologi (elektrodiagnostik).
a. Pemeriksaan EMG bisa menunjukkan etrdapat polifasik, fibrilasi, gelombang positif serta berkurangnya jumlah motor unit di otot – otot thenar.

b. Kecepatan Hantar Saraf atau KHS. Pada kasus 15 sampai 25%, KHS dapat normal. Pada yang lainnya KHS dapat menurun dengan masa laten distal (distal latency) yang memanjang, dapat menunjukkan terdapat gangguan di konduksi safar pada pergelangan tangan.

3. Pemeriksaan radiologis.
Pemeriksaan dengan sinar X pada pergelangan tangan bisa membantu untuk melihat apakah terdapat penyebab lain misalnya fraktur ataupun artritis.

4. Pemeriksaan laboratorium
Jika etiologi Carpal Tunnel Syndrome belum dapat dipastikan, seperti pada penderita dengan usia muda tanpa ditemukan gerakan tangan yang repetitif, maka bisa dilakukan beberapa upaya pemeriksaan misalnya kadar hormon tiroid, kadar gula darah, atau darah lengkap.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates