Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Amenorea Primer

Ketahui Penyebab Amenorea Primer

Ketahui Penyebab Amenorea Primer

Ketahui Penyebab Amenorea Primer

Ketahui Penyebab Amenorea Primer

Ketahui Penyebab Amenorea Primer – Amenorea merupakan bentuk keluhan terhadap kondisi kesehatan yang berhubungan dengan berhentinya siklus haid terhadap wanita serta kelainan testis terhadap pria yang dapat terjadi di usia produktif ataupun di lanjut usia. Amenorea terdiri dari dua jenis yaitu amenorea primer serta amenorea sekunder dimana sama – sama mempunyai dampak buruk terhadap pria ataupun wanita yaknni kelainan terhadap sistem reproduksi serta kesuburan. Amenorea primer merupakan seorang wanita yang tidak dapat mengalami masa menstruasi pada pertama kalinya ataupun tidak dapat haid sama sekali dimana yang menjadi penyebab terjadinya amenorea primer, akan tetapi pada pria juga dapat mengalaminya akibat kondisi kesuburannya mengalami abnormal. Berikut merupakan penyebab amenorea primer, diantaranya:1. Tidak memiliki Rahim
Pada wanita dengan tidak mempunyai rahim atau mempunyai vagina yang sangat sempit ataupun yang terlahir dengan terdapat lubang selaput dengan menghalangi bagian organ vagina, sehingga wanita tersebut tidak dapat mengalami haid pada sepanjang hidupnya. Keadaan tersebut adalah bentuk dari kondisi kelainan pada sistem reproduksi yang sudah terbentuk pada saat masih di dalam kandungan yang bisa terjadi sebagai akibat ibu hamil mempunyai kebiasaan serta gaya hidup yang sangat buruk, seperti mengkonsumsi obat – obatan untuk pereda rasa sakit yang berkepanjangan.

2. Terlalu kurus
Berat badan yang terlalu kurus sebagai akibat keadaan tertentu seperti akibat kurang gizi dengan betahun tahun, akibat melakukan program diet dengan salah dalam jangka waktu yang panjang, akibat mengalami penyakit bulimia dan lain sebagainya dimana keadaan tersebut merupakan penyebab amenorea yang sangat sering dialami pada wanita dengan usia produktif.

3. Kelainan sejak lahir
Kelainan lain sebagai faktor penyebab amenorea yang paling klasik yaitu akibat di dalam tubuh sudah mengalami kelainan pada sistem kesuburan serta pada reproduksi yang sudah terbentuk pada saat bayi seperti kelainan hormon serta tersumbatnya bagian tempat indung telur.

4. Kromosom yang tidak sempurna
Penyebab amenorea yang sangat sering terjadi yaitu akibat seorang wanita ataupun pria yang terlahir hanya mempunyai sel tubuh dalam kondisi kromosom yang tidak sempurna. Seperti hanya mempunyai salah satu kromosom dimana keadaan tersebut akan sering menyerang bagian kelamin wanita yang akan mengakibatkan timbulnya kasus sindrome turner.

5. Penyakit obesitas
Obesitas yang terjadi pada anak serta balita merupakan gerbang utama sebagai faktor penyebab amenorea yang dapat terlihat di usia dewasa setidaknya di usia 18 tahun. Misalnya tidak akan mengalami haid, lambatnya pertumbuhan tubuh serta payudara.

6. Mengalami hipoglikemia
Hipoglikemia merupakan suatu kondisi dengan kadar gula di dalam darah sangat sedikit serta ada dibawah batas normal akan tetapi tidak segera dilakukan suatu tindak pengobatan secara intensif pada usia dini dengan demikian akan menjadi faktor penyebab amenorea terhadap pria taupun pada wanita.

7. Disgenesis gonad
Disgenesis gonad merupakan faktor penyebba amenorea yang dapat menyerang pada wanita yakni suatu keadaan dimana seorang wanita hanya mempunyai satu komosom yakni X yang mendominasi dengan demikian akan mengakibatkan pertumbuhan tubuh menjadi lambat, Tidak akan menstruasi serta kehilangan kecerdasan .

8. Hipogonadisme Hipogonadotropik
Hipogonadisme hipogonadotropik adalah suatu kondisi dimana pada hormon seksual (pria ataupun wanita) yang diproduksi langsung pada kelenjar testis pria serta ovarium pada wanita sehingga akan mengalami ketidaknormalan fungsi.

9. Sindrome feminisasi testis
Sindrome feminisasi testis merupakan suatu kelainan genotipe yang dapat terjadi pada pria dan wanita yang akan mengakibatkan seseorang sulit untuk mendapatkan keturunan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates