Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Amenorea Sekunder

Ketahui Penyebab Amenorea Sekunder

Ketahui Penyebab Amenorea Sekunder

Ketahui Penyebab Amenorea Sekunder

Ketahui Penyebab Amenorea Sekunder

Ketahui Penyebab Amenorea Sekunder – Amenorea merupakan dampak yang akan terjadi akibat seseorang sedang mengalami masa pubertas, sedang hamil, sedang dalam masa menyusui serta kondisi menopause. Amenorea sekunder adalah keadaan umum dimana sebagian besar akibatnya karena kebiasaan serta gaya hidup yang buruk, yang pada awalnya sepele akan tetapi akan mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Berikut merupakan bebrapa faktor penyebab amenorea sekunder, diantaranya;

1. Karena sedang hamil
Pola makan yang tidak teratur termasuk akibat kebiasaan konsumsi junk food dengan berlebihan serta dalam jangka waktu yang panjang dan akibat kebiasaan merokok serta kebiasaan minum alkohol bisa merusak seluruh nutrisi yang terdapat dalam makanan yang sudah dikonsumsi ibu kemudian masuk ke dalam plasenta. Keadaan tersbeut bisa mengakibatkan janin di dalam kandungan akan mengalami kerusakan pada jaringan reproduksinya di kemudian hari.

2. Dampak psikologis yang tidak stabil atau stress
Keadaan psikologis yang tidak dapat menentu bisa menjadi penyebab kondisi amenorea sebab keadaan jaringan pada otak yang sedang terganggu akan mengakibatkan ketidakseimbangan pada tubuh yang akan berpengaruh terhadap kesuburan seseorang serta akan menurunkan tingkat libido. Psikologis yang dimaksud yaitu kondisi stres ringan hingga berat sampai depresi yang berkepanjangan.

3. Penurunan bobot badan yang signifikan
Berat badan yang terlalu rendah dari berat badan ideal bisa mempengaruhi kesuburan serta kesehatan organ vital termasuk pada jaringan organ reproduksi pada wanita ataupun pria. Amenorea akan mudah terjadi penyebabnya akibat penurunan berat badan yang berlebihan serta yang terlalu cepat.

4. Olahraga terlalu berat
Kegiatan olahraga yang tidak disesuaikan dengan kondisi kekuatan maupun kemampuan tubuh bisa mengakibatkan tubuh akan terserang kelelahan serta menyebabkan dehidrasi sampai mengakibatkan timbulnya gangguan reproduksi serta gangguan keseimbanagn tubuh.

5. Minimnya lemak dalam tubuh
Lemak di dalam tubuh berguna dalam mengelola energi, suhu tubuh serta dapat menjaga stamina tubuh supaya tetap prima. Akan tetapi apabila ketersediaan lemak jauh dari kebutuhannya sehingga tubuh dapat kehilangan kemampuannya untuk melindungi sel – sel tubuh. Keadaan tersebut dapat menjadi penyebab amenorea.

6. Mengkonsumsi cairan hormon tertentu
Banyak pria yang mempunyai kebiasaan untuk mengkonsumsi cairan hormon tertentu agar dapat meningkatkan massa otot ataupun agar dapat menambah berat badan atau pada seorang wanita dengan menggunakan suntik hormon  gar dapat meningkatkan kecantikan pada kulit ataupun kualitas kolagen terhadap kulit. Cairan hormon dengan jumlah yang berlebihan serta digunakan dengan komposisi yang tidak tepat bisa menjadi faktor penyebab terjadinya amenorea.

7. Kegemukan
Tubuh dengan berat badan berlebihan bisa menjadi faktor penyebab amenorea yang dapat menyerang pria ataupun wanita. Kondisi obesitas dapat meningkatkan resiko dua kali lebih besar untuk mengacaukan fungsi hormon tubuh yakni hormon yang mempunyai tanggung jawab untuk mengelola kesuburan pada rahim, untuk matangnya sel telur ataupun untuk urusan libido dengan individual yang menjadi terganggu.

8. Kelainan dan rusaknya fungsi endokrin
Kelainan endokrin akan terjadi akibat ketidakseimbanagn dari fungsi sistem endokrin yang mempunyai tugas pokok untuk mengelola, mengatur serta untuk mengontrol semua hormon di dalam tubuh yang diperlukan untuk seluruh jaringan. Kondisi ini dapat diakibatkan karena tubuh mengalami dehidrasi dengan jangka panjang serta terus – menerus atau akibat infeksi kronis yang menyerang salah satu bagian organ tubuh seperti ginjal.

9. Penggunaan obat obatan
Jenis obat – obatan yang dimaksud yaitu penggunaan alat kontrasepsi yang berupa pil KB ataupun suntik KB yang menyebabkan amenorea pada wanita. Penggunaan Pil ataupun suntik KB dengan jangka waktu yang panjang dapat menyusutkan dinding rahim, dapat mengentalkan sel telur sehingga sperma akan sulit untuk bisa menemenbusnya yangdapat mengagalkan pembuahan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates